×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 10 tips agar shalatmu lancar dan tidak malas

0

N/A

Begini 10 tips agar shalatmu lancar dan tidak malas

Shalat merupakan salah satu ibadah wajib bagi orang muslim.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Odhi Rizaldi

20 / 03 / 2019 12:48

Shalat merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam setiap harinya. Shalat terdiri dari shalat wajib, yaitu shalat Shubuh, Dhuhur, Ashar, Magrhrib, dan Isya, serta shalat sunnah seperti shalat Dhuha, Tahajud, dan sebagainya.

Namun sering kali banyak orang yang tidak mengerjakan shalat, mulai dari kelelahan, tidak mempunyai waktu, dan yang paling parah lagi yaitu malas untuk mengerjakannya. Oleh karena itu, 10 tips ini sangat berguna bagi kamu yang masih meninggalkan shalat agar shalatmu bisa lancar kembali dan tidak malas.

1. Jadikan shalat sebagai aktivitas penting.

Shalat aktivitas penting

Sering kita menjadikan shalat sebagai urusan yang sepele, padahal shalat merupakan salah satu ibadah yang sangat penting bagi semua umat Islam. Maka, mulai sekarang jadikanlah shalat sebagai aktivitas yang penting. Sebagai contoh anggap saja kebutuhan shalat seperti kebutuhan makan kita setiap harinya. Maka kita akan sadar bahwa shalat sangat penting dalam kehidupan.

Loading...

 

2. Pahami manfaat shalat.

Pahami manfaat shalat

Banyak dari kita yang masih belum memahami bagaimana manfaat shalat karena menganggap bahwa shalat hanya membuang-buang waktu saja. Padahal shalat mempunyai banyak manfaat, baik dari segi psikologis maupun segi kesehatan.

Dari segi psikologis, manfaat shalat yaitu dapat membuat hati menjadi tenteram, terhindar dari pemikiran keji dan munkar, dan pikiran selalu ingat kepada Tuhan. Sedangkan dari segi kesehatan, shalat dapat membuat tubuh lebih sehat dan bersemangat, serta wajah yang lebih cerah.

 

3. Lakukan shalat secara bertahap agar menjadi kebiasaan.

Shalat teratur

Sangat susah bagi orang yang dari awal sudah malas menjalankan shalat lalu dipaksa untuk langsung melakukan shalat rutin secara tiba-tiba. Maka dari itu jangan dipaksakan karena seperti pepatah, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Selain itu, rajinnya seseorang dalam melakukan shalat tergantung dari keimanan dan kebiasaan.

Oleh karena itu, lakukan shalat secara bertahap terlebih dahulu. Misal hari ini melaksanakan shalat Maghrib dan Isya, besok mengerjakan shalat Dhuhur, Maghrib, dan Isya, dan seterusnya bertambah hingga akhirnya melakukan shalat rutin setiap hari.

 

4. Jangan menunda-nunda shalat.

Jangan menunda shalat

Sering dijumpai orang-orang yang sering menunda-nunda shalat, padahal perbuatan tersebut tidak baik untuk dilakukan karena menunda shalat hanya akan membuat kita semakin lupa dan lama kelamaan menjadi malas untuk shalat.

Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengantisipasi kegiatan setelah shalat, seperti ketika hendak berpergian tetapi telah memasuki waktu shalat maka tunda terlebih dahulu dan baru pergi saat setelah shalat dan mengatur jadwal pertemuan agar tidak berbenturan dengan kegiatan shalat.

 

5. Kehidupan dunia hanya sementara.

Shalat

Banyak orang yang meninggalkan shalat hanya untuk mengejar urusan dunia saja. Padahal, urusan dunia hanya sementara sedangkan urusan akhirat adalah kekal atau abadi. Ingat, semua manusia akan mati dan mempertanggungjawabkan amalannya selama di dunia.Oleh karena itu, segera dan perbanyaklah shalat untuk menambah amalanmu di akhirat.

 

6. Berteman dengan orang yang rajin shalat.

Shalat berjamaah

Lingkungan dan pergaulan akan memengaruhi dirimu. Itulah kalimat yang mengungkapkan bahwa pengaruh lingkungan dan keberadaan teman akan memengaruhi dirimu.

Agar kamu menjadi orang yang rajin shalat, maka kamu harus banyak berteman dengan orang yang rajin shalat karena dengan keberadaan mereka dapat memengaruhi kita untuk rajin shalat. Contohnya yaitu ketika waktu shalat telah tiba, maka mereka akan menginatkan dan mengajakmu untuk menjalankan shalat.

 

7. Pasang alarm pengingat shalat di gadgetmu.

Aplikasi pengingat shalat

Banyak dijumpai orang yang sering meninggalkan shalat salah satu alasannya yaitu ketiduran. Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang sudah banyak aplikasi gadget atau smartphone yang berisi tentang pengingat jadwal shalat.

Cara menggunakannya yaitu tinggal kamu atur lokasi daerah kamu berada. Otomatis aplikasi tersebut akan menampilkan jadwal shalat di daerah tersebut dan menyalakan pengingat shalat ketika waktunya sudah tiba.

 

8. Niat shalat yang tulus.

Shalat yang tulus

Orang-orang yang malas shalat dan sekalinya melakukan shalat, mereka langsung sombong. Hal yang disombongkan bisa bermacam-macam, seperti agar disayang mertua, ingin disayang atasan, ingin terlihat seperti orang yang bertaqwa, dan sebagainya. Oleh karena itu, agar kita rajin shalat rutin maka niat yang kita lakukan harus tulus kepada Allah SWT.

 

9. Percaya bahwa siksaan neraka adalah ada.

Siksa neraka ada

Sebagai umat muslim, kita harus mempercayai bahwa neraka itu benar-benar ada dan siksaannya sangat kejam bagi orang yang meninggalkan shalat. Dunia ini hanya tipuan belakan dan jangan sampai kita menyesali setelah kita tidak ada di dunia.

Oleh karena itu, sebagai muslim kita harus mempercayai bahwa siksa neraka akan menghampiri bagi orang yang meninggalkan shalat sehingga kita tidak akan meninggalkan lagi shalat rutin.

 

10. Baca buku-buku tentang Islam.

Baca buku islam

Tips terakhir adalah membaca buku-buku tentang Islam di waktu senggang. Sebagai contoh, kamu melakukannya saat hendak tidur malam. Hal ini lebih baik daripada kamu melihat status teman di media sosial. Selain itu dengan membaca buku-buku tentang Islam, pemahaman dan wawasanmu tentang akhirat akan bertambah sehingga semakin rajin untuk melakukan shalat rutin.

 

Nah, itu tadi 10 tips yang dapat kamu terapkan agar tidak malas shalat. Gampang dan tidak ribet untuk dilakukan, kan? Semoga dengan adanya tips ini dapat membantu kita semua agar dapat melaksanakan shalat rutin dan tepat waktu. Selamat mencoba.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red