×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bagaimana cara membangun persahabatan agar bertahan lama?

0

Life

Bagaimana cara membangun persahabatan agar bertahan lama?

Ketahui cara-caranya yuk!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yunita Fitriani

02 / 07 / 2019 14:02

Persahabatan adalah hubungan erat yang melibatkan keintiman, kepercayaan, penerimaan, saling menyukai, dan pengertian (Santrock, 2006). Persahabatan adalah hubungan yang teruji oleh waktu dan jarak. Teman baik tidak hanya mengenal kita, tetapi juga tetap saling percaya. Bahkan, ketika jarak dan waktu tidak selalu berdekatan, hubungan yang terjalin tetap terasa hangat. Sekalipun tidak bertemu berbulan atau bertahun-tahun, sahabat yang baik akan selalu ada dan tidak terasa canggung.

Ralie (2018) mengatakan dalam tulisannya bahwa Aristoteles pernah berkata jika sahabat adalah satu jiwa yang tinggal di dua tubuh. Untuk menemukannya, butuh tahapan mendalam serta waktu yang lama. Kini filosofi kuno itu terbukti ada benarnya. Kita butuh waktu sekitar 50 jam untuk mengubah kenalan menjadi teman. Perlu 80-100 jam agar teman biasa bisa jadi teman baik, dan 200 jam atau lebih untuk membangun persahabatan. Sementara mereka yang sebatas kenalan tak akan pernah menjadi teman karena hanya menghabiskan waktu tak lebih dari 30 jam bersama.

Bagaimana cara membangun persahabatan agar bertahan lama?

Keuntungan dalam menjalin hubungan persahabatan adalah mengurangi kesepian, menjadi sumber harga diri, dan memberikan dukungan emosional terutama saat sedang stres. Menurut Purba (2019) ada beberapa cara untuk membangun persabatan agar bertahan lama, yaitu:

1. Saling mendukung, percaya, dan jujur

Loading...

2. Mendengar teman dan jangan egois

3. Jangan menghakimi

4. Jangan bicarakan teman di belakang

5. Saling menghargai dan jangan menaruh ekspektasi

6. Meminta maaf dan memaafkan

Bila kamu ingin berteman dengan seseorang, maka orang itu juga harus menginginkannya. kamu pun bisa memberi sinyal ketertarikan untuk menjadi teman, seperti mengajaknya menghabiskan waktu bersama, dan lebih melibatkan diri dalam berbagai aktivitas di luar rutinitas. Jika kamu menaruh ekspektasi terhadap seseorang, kamu pasti akan menuntut mereka untuk melakukan apa yang kamu inginkan. Jangan mengharapkan sahabat dapat memberikan semua yang kamu mau. Oleh karena itu, miliki teman yang sebanyak-banyaknya agar mereka dapat membahagiakanmu dengan cara yang berbeda-beda.

Bagaimana cara membangun persahabatan agar bertahan lama?

“Making beautiful memories with each other”

Dengan kalimat tersebut mungkin dapat membuat kalian termotivasi untuk sering-sering menghabiskan waktu dengan sahabat kalian dan membuat kenangan-kenangan yang indah bersama agar dapat dikenang bersama. Jika menurutmu ada yang salah, maka bicarakan dengan segera agar semuanya dapat diatasi dan tidak terjadi ketidaknyamanan di antara kalian. Pertahankanlah hubungan persahabatan kalian karena “FRIENDS” adalah Fight for you, Respect you, Include you, Encourage you, Need you, Deserve you, dan Stand by you.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red