Siapa yang tidak mengenal Sherlock Holmes? Pasti semuanya udah kenal dengan detektif dunia fiksi yang satu ini. Detektif ternama ini ada di novel karya Arthur Doyle. Bagaimana dengan komik Conan? Pasti sudah tahu juga, kan.

Sejak dulu, peran detektif selalu dikagumi oleh banyak orang dan tidak sedikit orang ingin menjadi detektif karena mengaguminya. Tetapi untuk menjadi detektif bukanlah hal yang mudah, maka dari itu banyak orang lebih memilih untuk memendam cita-citanya menjadi detektif.

Nah, buat yang ingin menjadi detektif tapi tidak tercapai, ada rahasia menarik agar bisa menjadi seperti detektif asli. Bukan hanya dengan gaya-gayaan tetapi kemampuan berpikir kamu juga sangat diuji dalam hal ini.

Selama pandemi ini kamu pasti merasa jenuh karena di rumah saja, tetapi banyak generasi muda yang kreatif karena kejenuhan ini. Salah satu contohnya adalah lahirnya permainan Unsolved Case. Permainan ini bertemakan kasus-kasus yang dibuat untuk dipecahkan oleh detektif, dan yang menjadi detektif adalah kamu sendiri. Sebelum lanjut ke dalam penjelasan permainannya, ada dua rekomendasi film yang wajib kamu tonton supaya jiwa detektif kamu makin berkobar!

1. Murder on the Orient Express (2017).

Asyiknya jadi detektif selama pandemi dengan memainkan game ini

Film ini diangkat dari novel karya Agatha Christie dan difilmkan oleh Kenneth Branagh. Menceritakan tentang perjalanan detektif terhebat di dunia asal Belgia Hercule Poirot, yang penuh dengan misteri dan kejutan.

Perjalanan mewah kereta api Orient Express yang ditumpangi Poirot untuk bertugas secara tiba-tiba berubah menjadi tempat kejadian perkara pembunuhan. Poirot memutuskan untuk menyelidiki dan menemukan pelakunya di antara para penumpang Orient Express. Dalam penyelidikannya, banyak fakta-fakta menarik yang membuat Poirot hampir menyerah untuk menemukan pembunuh tersebut. Dari awal hingga akhir film, kamu akan menemukan banyak sekali plot twist.

Selain alur cerita yang menarik, film ini juga dibintangi oleh artis-artis ternama seperti Johnny Depp, Willem Dafoe, hingga Penlope Cruz. Pastikan kamu menonton film ini ya, benar-benar wajib!

2. Zodiac (2007).

Asyiknya jadi detektif selama pandemi dengan memainkan game ini

Film karya David Fincher ini berdasarkan kisah nyata pembunuh berantai yang dikenal dengan Zodiac Killer dan mengaku telah membunuh 37 orang di San Fransisco. Film ini mengangkat tema waktu tahun 1960-1970 sesuai dengan tahun kejadian, menceritakan bagaimana warga San Fransisco diteror oleh pembunuh berantai.

Penyidik Dave Toschi (Mark Ruffalo) dan asistennya (Anthony Edwards) beserta kartunis Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) dan reporter Paul Avery (Robert Downey, Jr.) sangat terobsesi dengan kasus ini dan mau menuntaskan kasus ini. Masing-masing dari mereka menggali lebih dari jejak-jejak yang ditinggalkan oleh si pembunuh.

Film ini sangat membuat tegang dan penasaran karena keahlian sutradara Fincher yang mampu memberikan detail dan perhatian sangat intens pada tiap adegan film. Seperti menggambarkan tiap pemeran film; si pembunuh, penyelidik, dan bahkan suasana tahun 70-an yang sangat nyata. Sinematografi karya Fincher sangat dinilai hebat ditambah dengan pemain-pemain ternama, maka dari itu kamu wajib juga untuk nonton film ini.

Setelah menonton dua film bertemakan detektif di atas, dijamin jiwa detektif kamu akan semakin menggebu-gebu untuk segera memulai permainan Unsolved Case karena ini bukan sembarang permainan. Untuk bisa menikmati permainan ini, kamu harus bisa membayangkan dirimu sebagai detektif profesional sungguhan yang sedang didesak untuk menyelesaikan kasus-kasus yang mengerikan.

Dalam permainan ini, kamu akan diberikan beberapa dokumen beserta foto, identitas, keterangan dan profil saksi mata, hasil autopsi, potongan surat kabar hingga barang bukti suatu kasus. Sudah kebayang belum serunya permainan ini? Kemudian ada juga panduan cara main dan petunjuk-petunjuk umum agar kasus ini bisa dipecahkan. Semua kasus permainan bertemakan pembunuhan dan ada dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Nah, bagaimana cara mendapatkan permainan ini? Kamu bisa membeli permainan ini melalui Instagram @xofcase, @turnbackcrime.co, dan @unsolved_official. Kamu bisa memilih kasus apa yang mau diselidiki sesuai dengan minat masing-masing. Kisaran harga permainan ini dimulai dari Rp 125 ribu hingga Rp 190 ribu untuk per kasusnya. Jangan khawatir jika kamu tidak bisa memecahkan kasus-kasusnya karena tiap kasus memiliki kunci jawaban yang bisa dimintakan kepada admin penjual jika kamu benar-benar sudah menyerah. Tapi, jangan menyontek atau menyerah terlampau cepat karena permainan ini memang dibuat untuk merasakan sensasi menjadi detektif sungguhan dan sudah pasti tidak akan mudah.

Jadi, tertarik untuk langsung mencoba permainan ala-ala detektif ini? Bisa banget untuk mengisi waktu luang kamu di masa pandemi yang menyulitkan ini ataupun buat kamu yang gabut di rumah aja. Dengan cara ini, siapa pun bisa merasakan betapa seru, asyik, dan menegangkannya menjadi seorang detektif sungguhan, benar-benar serasa jadi Sherlock Holmes deh intinya. Selamat mencoba!