Perkembangan teknologi tidak dipungkiri sangat cepat. Adakalanya sebuah teknologi yang baru muncul tidak bertahan lama disebabkan dalam waktu singkat muncul teknologi baru lainnya di bidang yang sama. Hal ini juga berlaku pada media sosial yang telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari awal muncul sampai sekarang ini.

Media sosial membuat batasan-batasan yang dulu ada ketika kita hendak menjalin komunikasi dengan teman, keluarga, maupun kerabat hilang dan ditambah fitur-fitur masa kini yang lebih memanjakan para penggunanya.

Siapa yang tidak mengenal Facebook, Whatsapp, Twitter, Line, dan sebagainya yang kehadirannya tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Dengan selalu terhubung melalui media-media sosial tersebut kita dapat selalu terhubung dengan orang-orang yang kita kenal tanpa memandang jarak dan waktu, atau sekadar mendapatkan info-info terkini yang sedang terjadi di sekitar dengan melihat ponsel maupun komputer masing-masing.

Tetapi tahukah kamu jauh sebelum aplikasi-aplikasi masa kini muncul, telah ada beberapa aplikasi-aplikasi yang mempunyai fungsi mirip walaupun fitur yang mereka miliki lebih sederhana dan sebagian hanya dapat diakses melalui komputer, disebabkan ponsel zaman mereka belum secanggih sekarang.

Aplikasi-aplikasi ini boleh dikatakan menjadi cikal bakal dan menginspirasi aplikasi-aplikasi masa kini untuk berlomba-lomba menyesuaikan diri dengan gaya hidup masyarakat yang seolah tiada habisnya. Berikut beberapa aplikasi-aplikasi tersebut.

1. MIRC

6 Media sosial jadul ini pernah ngehits di zamannya

MIRC berguna untuk berbincang (chatting) antar sesama penggunanya di seluruh dunia. Disini juga kita bisa ikutan permainan quiz, acak kata, uno, dan lain-lain karena tersedia scrip yang membuat kita dapat mengatur cara kerjanya sebebas-bebasnya.

2. Friendster

6 Media sosial jadul ini pernah ngehits di zamannya

Friendster merupakan situs jejaring sosial yang mempunyai fungsi mirip dengan Facebook, dimana pengguna dapat melakukan komunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media daring antar anggota.

3. My Space

6 Media sosial jadul ini pernah ngehits di zamannya

Pada zamannya, MySpace merupakan situs jejaring sosial paling tenar pada kala itu, dan sempat menjadi situs yang paling sering dikunjungi di Amerika. Situs ini memungkinkan kita dapat berinteraksi sesama anggota, membuat blog, berbagi foto, musik, dan video. Sayang sejak diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2008, lambat laun situs ini ditinggalkan oleh penggunanya.

4. ICQ

6 Media sosial jadul ini pernah ngehits di zamannya

ICQ adalah aplikasi percakapan instan pertama yang menawarkan kemampuan komunikasi antar anggota secara cepat (chatting), dan para pengguna juga dapat membagi nomor telepon mereka agar dapat dihubungi. Aplikasi ini sangat berpengaruh kepada aplikasi-aplikasi pesan instan sekarang ini.

5. Yahoo Messenger

6 Media sosial jadul ini pernah ngehits di zamannya

Aplikasi besutan Yahoo! ini menawarkan kemampuan komunikasi instan ke sesama penggunanya. Tersedia secara gratis, dengan menggunakan id Yahoo! yang terkoneksi ke Yahoo! mail, aplikasi ini mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi secara PC ke PC, Ponsel ke PC dan sebaliknya, transfer file, berbagi webcam, percakapan text, dan ruang chatting.

6. AOL Messenger

6 Media sosial jadul ini pernah ngehits di zamannya

AOL adalah singkatan dari American Online. Layanan ini memungkinkan kita untuk mengakses web portal, email, percakapan instan, dan kemudian browser website setelah diakuisisi oleh Netscape.