×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Apa itu karbohidrat kompleks? Ini 5 hal yang perlu kamu tahu

0

Kesehatan

Apa itu karbohidrat kompleks? Ini 5 hal yang perlu kamu tahu

Sekilas tentang karbohidrat kompleks, sumber karbohidrat yang disebut menyehatkan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Gusti Nur Aida Fasha, S.Si.

28 / 05 / 2020 12:18

Sering kali kita mendengar anjuran untuk mengganti karbohidrat simpleks dengan karbohidrat kompleks. Rakyat Indonesia sebagian besar sudah sangat terbiasa dengan konsumsi nasi putih sebagai makanan pokok. Nasi putih sendiri merupakan salah satu sumber karbohidrat simpleks. Akan sangat sulit tentunya untuk mengganti makanan pokok ini dengan makanan lain sumber karbohidrat kompleks.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk mengganti makanan pokokmu, yuk, cari tahu fakta-fakta mengenai karbohidrat kompleks. Berikut 5 hal yang perlu kamu tahu tentang karbohidrat kompleks.

1. Apa perbedaan karbohidrat kompleks dan simpleks?

Pastinya sebelum mengetahui lebih jauh tentang karbohidrat kompleks ini, kamu harus tahu perbedaannya dengan karbohidrat simpleks. Ada 4 perbedaaan karbohidrat kompleks dan simpleks, antara lain:

• Karbohidrat kompleks tersusun dari polisakarida, sedangkan karbohidrat simpleks tersusun dari monosakarida

Loading...

• Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu untuk dicerna, sedangkan karbohidrat simpleks sangat cepat dicerna tubuh

• Karbohidrat kompleks biasanya tidak begitu manis, sedangkan karbohidrat simpleks rasanya lebih manis

• Karbohidrat kompleks tidak menyebabkan lonjakan gula darah, sedangkan karbohidrat simpleks membuat gula darah melonjak dengan cepat.

2. Mana yang lebih sehat?

Katherine Marengo LDN, R.D., nutrisionis tersertifikat di New Orleans mengatakan, ”Melihat dari kandungan nutrisi keseluruhan, sangat sulit untuk menentukan mana yang lebih sehat di antara keduanya. Karbohidrat simpleks juga terdapat dalam makanan sehat, seperti susu dan buah-buahan.”

Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah karbohidrat simpleks dapat memberikan tubuh energi dengan lebih cepat karena penyerapannya ke dalam darah lebih cepat daripada karbohidrat kompleks. Meskipun demikian, apabila mempertimbangkan dampak kesehatan yang ditimbulkan akibat konsumsi berlebih karbohidrat simpleks, dapat dikatakan bahwa makanan karbohidrat kompleks merupakan pilihan yang lebih baik untuk konsumsi jangka panjang.

3. Apa saja makanan sumber karbohidrat kompleks?

Contoh makanan sumber karbohidrat kompleks antara lain: jagung, ubi, sayuran hijau, oatmeal, nasi merah, dan biji-bijian. Lalu, mengapa nasi putih bukan merupakan makanan sumber karbohidrat kompleks padahal nasi putih juga termasuk ke dalam golongan biji-bijian? Ini karena nasi putih telah mengalami proses pengeringan dan bagian penting yang mengandung serat telah disisihkan.

Proses pengeringan dilakukan untuk memperbaiki tekstur dan lama waktu penyimpanannya. Akan tetapi, akibatnya banyak nutrisi yang juga ikut hilang, termasuk serat pangan. Serat pangan inilah sumber karbohidrat kompleks yang meskipun masih ada terkandung dalam nasi putih, tapi jumlahnya lebih sedikit.

4. Bagaimana karbohidrat kompleks diproses tubuh?

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, karbohidrat kompleks dicerna secara perlahan oleh tubuh. Pertama-tama harus dipecah terlebih dahulu menjadi gula-gula sederhana, sehingga untuk penyerapannya melalui dinding lambung akan lebih lambat. Akibatnya, gula masuk ke dalam darah juga sedikit demi sedikit, sehingga kadar gula darah lebih terkontrol. Hal ini tentunya akan berhubungan dengan manfaat kesehatan dari konsumsi karbohidrat kompleks yang akan dijabarkan selanjutnya.

5. Apa manfaat konsumsi karbohidrat kompleks bagi kesehatan?

Dikutip dari Nutrition Reviews: Simple and Complex Carbohydrates oleh Jenkins et. al. (1986), makanan sumber karbohidrat kompleks adalah makanan yang memiliki low glycemic index. Artinya, makanan ini berpotensi kecil menyebabkan lonjakan gula darah dalam satu waktu. Gula darah yang stabil akan mengurangi risiko penyakit diabetes, lebih spesifiknya diabetes tipe II.

Penyakit diabetes tipe II disebabkan oleh hormon insulin yang tidak responsif terhadap adanya gula di dalam darah (insulin resistance), sehingga gula yang berada di dalam darah tidak dapat diubah menjadi energi. Salah satu penyebabnya adalah adanya lonjakan gula darah yang terus-menerus karena konsumsi gula berlebih. Dengan demikian, konsumsi karbohidrat kompleks sangat baik sebagai langkah pencegahan maupun pengobatan penyakit diabetes.

Itu tadi beberapa fakta mengenai karbohidrat kompleks yang perlu kamu tahu sebelum mengganti sumber karbohidratmu. Pada dasarnya, setiap makanan dan minuman pasti akan memberikan manfaat bagi tubuh, asalkan dikonsumsi sesuai kebutuhan dan tidak berlebih. Jadi, silakan kamu sendiri yang tentukan pilihan sehatmu.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red