×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Apa itu bisnis afiliasi? Ini pengertian, panduan, dan keuntungannya

0

Ekonomi

Apa itu bisnis afiliasi? Ini pengertian, panduan, dan keuntungannya

Bisnis afiliasi ini memungkinkan kamu bekerja dari rumah, lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

NURTIYANA RAMADHANI

01 / 09 / 2021 10:11

Sebagian orang beranggapan bahwa mendapatkan uang dengan cara bekerja dari rumah dirasa cukup sulit, apalagi pada masa pandemi seperti saat ini. Namun, seiring berkembangnya teknologi, mendapatkan uang bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Beberapa pekerjaan seperti menjadi blogger, copy writer, YouTuber, desainer grafis dapat dilakukan di rumah.

Selain pekerjaan-pekerjaan tersebut, adalagi pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah namun, sepertinya belum banyak diketahui orang. Kira-kira apa ya? Pekerjaan tersebut adalah bisnis afiliasi. Apa sih bisnis afiliasi?

Melansir dari sekawanmedia.co.id, afiliasi adalah program bisnis yang akan memberikan keuntungan berupa komisi jika kamu berhasil menjual produk kepada konsumen menggunakan link atau kode referal tertentu yang diberikan oleh perusahaan. Jadi, ada tiga pihak yang terlibat dalam program afiliasi ini, yaitu perusahaan penyedia program afiliasi, afiliator atau orang yang mengikuti program afiliasi, dan konsumen.

Bagi orang-orang yang masih asing dengan bisnis afiliasi, mungkin akan bertanya-tanya, bagaimana cara untuk mengikuti program ini. Caranya cukup mudah. Pertama, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai afiliator di perusahaan yang menyediakan program tersebut. Namun, sebelum mendaftar, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan yang akan kamu pilih mengenai besaran komisi dan reputasi perusahaan.

Kemudian, setelah mendaftar sebagai afiliator, selanjutnya kamu perlu memromosikan produk menggunakan media tertentu dengan menyertakan link atau kode referal yang tersedia. Setelah melakukan promosi, konsumen yang tertarik akan melakukan pembelian menggunakan link atau kode referal yang tertera di media promosi. Dengan proses pembelian tersebut, maka komisi pun akan kamu dapatkan. Mudah, bukan?

Loading...

Selain mendapatkan keuntungan berupa komisi, bisnis afiliasi juga menawarkan beberapa kelebihan seperti berikut ini.

1. Waktu bekerja yang fleksibel.

Sebagai afiliator, kamu bisa bebas memilih waktu untuk memromosikan produk sesuai keinginan tanpa terpatok oleh jam kerja perusahaan. Jadi, sangat fleksibel, bukan?

2. Bekerja dari rumah.

Pada masa pandemi seperti saat ini, kita diimbau untuk tetap berada di rumah guna meminimalisisr penyebaran Covid-19. Nah, bisnis afiliasi ini sangat tepat untuk dijalankan karena memungkinkanmu bekerja dari rumah (work from home).

3. Modal relatif kecil.

Tak perlu khawatir dengan modal yang besar untuk memulai bisnis ini. Kamu hanya perlu menyiapkan strategi promosi yang optimal agar produkmu dapat menarik konsumen. Namun, beberapa perusahaan ada yang mewajibkan calon afiliator untuk membeli terlebih dahulu produk mereka. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan perusahaan penyedia program afiliasi yang tepat untukmu.

Kira-kira, perusahaan apa saja yang menyediakan program afiliasi? Beberapa perusahaan yang menyediakan program afiliasi antara lain Amazon, Google Suite, Bukalapak dan masih banyak lagi.

Gimana? Tertarik dengan bisnis afiliasi?

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red