Anton Krotov, bacpacker muslim ini punya cara yang extrem dalam mengelilingi dunia. Bayangkan ia mengelilingi dunia tanpa uang sama sekali dari tahun 1991. Ia hanya bermodal tekad yang kuat untuk menjelajahi 86 negara.

Pengalaman pertamanya saat mengelilingi Rusia yang notabene sembilan kali lebih luas dari Indonesia hanya bermodalkan uang 60 sen. Ia menyelesaikannya dalam waktu 2 bulan dan usianya saat itu baru menginjak 15 tahun.

Kenalin Anton Krotov, bacpacker  yang keliling dunia tanpa modal

Mulai dari menumpang mobil, truk, motor pernah ia cicipi. Meski Anton tidak banyak menguasai bahasa asing tetapi ada satu kalimat yang selalu ia pakai yaitu, "Saya tidak punya uang".

Yang khas dari Anton yaitu ia gemar menjelajahi negara-negara yang terdapat konflik. Alasannya karena ia ingin melihat langsung bahwa yang diberitakan oleh media-media asing salah. Hasilnya ia disambut ramah oleh penduduk setempat dan tidak ada tindak kekerasan atau pelecehan.

Kenalin Anton Krotov, bacpacker  yang keliling dunia tanpa modal

Anton membuat tips mengelilingi dunia tanpa modal dan diajarkan ke setiap negara yang dikunjunginya. Ia menilai banyak kesalahan-kesalahan yang terdapat di peta. Contohnya perbatsan Afrika dengan Timur Tengah.

Anton juga pernah mengunjungi Indonesia. Dalam kunjungannya ia meninggalkan jejak berupa sebuah rumah yang dikhususkan untuk para backpacker tanpa dipungut biaya yang letaknya ada di Yogyakarta.

"Hidup adalah tentang memilih. Tiap pilihan memiliki resiko masing-masing. Namun mereka yang berani dan mengambil resiko tersebutlah yang mampu mengubah hidupnya," ujar Anton.