Di tengah beragam aktivitas sehari-hari dengan segala polemik dan tuntutannya, terkadang membuat beberapa orang mengalami tekanan tersendiri dalam hidupnya. Tekanan yang berulang bisa menjadi stress yang awalnya sesekali, lalu menjadi berkepanjangan. Siapapun bisa mengalami stress, baik tua maupun muda.

Stress pada tiap orang tentu saja berbeda-beda faktor penyebabnya. Ada yang karena pekerjaan di kantor, beragam tugas di sekolah/ kampus, hingga ibu rumah tangga dengan kegiatan rutin harian pun bisa mengalami stress. Sayangnya, terkadang kita tak sadar bahwa sebenarnya sedang mengalami stress dan mengaitkannya dengan hal lain.Lalu, bagaimana cara mengenali bahwa diri kita ternyata sedang stress?

1. Gangguan tidur.

Ketika ada masalah tertentu, terkadang atau seringkali kita memikirkannya terus menerus, dan hal ini otomatis bisa mengganggu kualitas tidur. Hampir setiap kali tidur, terutama di malam hari kamu jadi sering terbangun ataupun malah sama sekali susah untuk tidur meski mencoba memejamkan mata. Hal ini bisa menjadi salah satu gejala yang bisa kamu kenali ketika sedang stress.

2. Gangguan makan.

Nafsu makan meningkat dan pengen makan terus dengan porsi besar hingga tanpa sadar berat badan naik? Atau malah sebaliknya, mendadak tak punya nafsu makan sama sekali dan berat badan makin turun? Wah ini juga salah satu gejala stress loh!

3. Sering sakit kepala.

Gejala stress juga bisa terlihat secara fisik, terutama ketika kepala sering nyut-nyutan, tengkuk leher dan pundak terasa tegang, dan hal ini sering berulang hampir tiap hari? Artinya memang kamu sedang memikirkan sesuatu atau beberapa hal dengan terlalu intens.

4. Emosi tak terkendali.

Gejala stress paling cepat terlihat pada kondisi emosi. Kamu menjadi cepat sewot, marah dan uring-uringan? Atau di hari yang lain, kamu mendadak menangis tak jelas, selalu cemas dan tidak tenang, bahkan merasa menjadi orang paling tak bahagia di dunia? Hati-hati karena ini juga salah satu tanda-tanda kamu sedang mengalami stress.

5. Cepat lelah.

Puncak dari semua gejala ini adalah ketika kamu merasa cepat lelah. Kewalahan secara fisik dengan apapun tugas yang kamu kerjakan, meski hanya melakukan aktivitas kecil dan sederhana menjadi gejala yang paling terlihat jika kamu sedang mengalami stress.

Jadi gimana? Dari 5 gejala di atas, berapa hal yang kamu alami? Yuk cek lagi ke diri kamu sendiri. Jika kamu mengalami beberapa gejala stress di atas, artinya kamu harus segeramendapatkan penanganan dari profesional agar tidak berkepanjangan.