×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Museum bertema wanita ini tersebar di berbagai belahan dunia

0

Jalan-Jalan

9 Museum bertema wanita ini tersebar di berbagai belahan dunia

Para wanita wajib ke sini nih!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nuraina Fika Lubis

16 / 09 / 2019 12:56

Salah satu aktivitas saat berwisata ke suatu daerah adalah mengunjungi museum. Umumnya, museum memamerkan benda dan dokumen yang berkaitan dengan budaya dan seni dari suatu daerah. Namun, pernahkah kamu berpikir bahwa ada museum yang seluruh koleksinya berkaitan dengan wanita? Jika tidak, kamu harus cek list di bawah ini yang menjelaskan museum bertema wanita yang berada di seluruh dunia. Yuk, simak!

1. Vietnamese Women's Museum, Hanoi (Vietnam).

9 Museum bertema wanita ini tersebar di berbagai belahan dunia

Source: http://www.vietnam-guide.com

Museum yang didirikan pada tahun 1987 ini merupakan satu-satunya museum wanita di Kawasan ASEAN. Museum ini memiliki sekitar 25 ribu koleksi yang mencakup benda dan dokumentasi tentang wanita Vietnam. Melalui koleksi-koleksi tersebut, kamu dapat mengetahui bagaimana kontribusi wanita Vietnam terhadap seni, budaya, dan pemerintahan. Koleksi paling menarik dari museum ini adalah pakaian tradisional wanita Vietnam yang berwarna-warni. Nilai tambahnya, museum ini pernah dianugerahi “Destinasi Paling Atraktif” oleh situs wisata terkemuka di dunia, Trip Advisor.

Loading...

2. National Museum for Women in The Arts, Washington D.C. (Amerika Serikat).

9 Museum bertema wanita ini tersebar di berbagai belahan dunia

Source: https://www.smithsonianmag.com

Museum ini merupakan satu-satunya museum di dunia yang hanya berfokus pada karya seni yang dibuat oleh wanita. Sejak dibuka pada tahun 1987, museum ini telah memiliki 4500 koleksi yang mencakup lukisan, patung, karya tulis, dan karya seni dekoratif. Koleksi paling teranyar adalah lukisan karya pelukis wanita legendaris Meksiko, Frida Kahlo. Selain untuk memamerkan koleksi museum, museum ini aktif mengadakan event yang berkaitan dengan seniman wanita.

3. International Women's Air & Space Museum, Cleveland (Amerika Serikat).

9 Museum bertema wanita ini tersebar di berbagai belahan dunia

Source: https://www.cleveland.com

Jika kamu penasaran tentang kontribusi wanita terhadap dunia penerbangan dan luar angkasa, silakan kunjungi International Women's Air & Space Museum. Museum ini diprakarsai oleh organisasi pilot wanita Amerika Serikat (Ninety Nines) dan dibuka pada tahun 1998. Tujuan awal pendirian tempat tersebut adalah untuk mengoleksi benda bersejarah dan artefak seputar pilot wanita. Di museum ini, kamu dapat menemukan patung pilot wanita pertama yang melintasi Samudera Atlantik, Amelia Earhart.

4. Kvinde Museet, Aarhus (Denmark).

9 Museum bertema wanita ini tersebar di berbagai belahan dunia

Source: https://www.visitaarhus.dk

Ketika peran para wanita tidak diapresiasi sama sekali, maka cara mengapresiasinya adalah dengan mendirikan museum tentang wanita. Melalui gagasan tersebut, berdirilah Kvindee Museet atau Women’s Museum pada tahun 1982. Museum ini menampilkan benda dan dokumentasi sejarah tentang peran wanita Denmark dalam budaya, seni, dan pemerintahan. Selain itu, museum ini menjadi tempat edukasi tentang pentingnya peran setiap gender dalam aspek kehidupan.

5. Bait Al-Banat Women's Museum, Dubai (Uni Emirat Arab).

9 Museum bertema wanita ini tersebar di berbagai belahan dunia

Source: http://ttnotes.com

Satu-satunya museum wanita di Kawasan Timur Tengah ini didirikan pada tahun 1950. Di tempat ini, kamu bisa mengetahui bagaimana kehidupan wanita Uni Emirat Arab. Kamu bisa pun menemukan puisi karya Ousha Binti Khalifa, penyair wanita Uni Emirat Arab yang dijuluki Girl of The Arabs. Lokasi museum ini terbilang sangat strategis karena terletak di jantung bisnis Kota Dubai, Deira.

6. Anna Akhmatova Museum, St. Petersburg (Rusia).

9 Museum bertema wanita ini tersebar di berbagai belahan dunia

Source: http://www.saint-petersburg.com

Museum ini berbeda dengan museum wanita pada umumnya karena didedikasikan untuk seorang penyair wanita terkenal Rusia, Anna Akhmatova. Pendirian tempat ini bermula dari apartemen yang telah ditempatinya. Beliau telah menghasilkan karya literatur yang semuanya dipamerkan di museum ini. Karya teranyarnya berupa kumpulan puisi Requiem, yang berisi tentang penderitaannya saat terjadi teror Stalin.

7. Frauenmuseum, Bonn (Jerman).

9 Museum bertema wanita ini tersebar di berbagai belahan dunia

Source: https://museums.eu

Salah satu museum wanita lainnya yang harus kamu kunjungi adalah Frauenmuseum yang berlokasi di Kota Bonn, Jerman. Museum ini didirikan pada tahun 1981 oleh Marianne Pitzen yang menjadi direktur terkini, serta organisasi pekerja wanita indisipliner di Jerman. Tujuan utama pendirian museum ini pun untuk memberdayakan seniman wanita. Salah satu karya teranyar museum ini adalah karya seni oleh Yoko Ono (istri mendiang personel The Beatles, John Lennon).

8. Florence Nightingale Museum, London (Inggris).

9 Museum bertema wanita ini tersebar di berbagai belahan dunia

Source: https://www.groupon.co.uk

Museum lainnya yang didedikasi untuk wanita adalah Florence Nightingale Museum. Florence Nightingale adalah seorang perawat wanita Inggris yang berjasa menyelamatkan nyawa para serdadu saat terjadi Perang Krimea. Ia merupakan pelopor dunia keperawatan modern yang mengutamakan higienitas saat melakukan tindakan perawatan. Di museum ini kamu bisa menemukan foto, patung, memorabilia, dan karya tulis beliau. Lokasi museum ini sangat strategis karena berseberangan dengan Gedung Parlemen Inggris.

9. Henriette-Bathily Women's Museum, Dakar (Senegal).

9 Museum bertema wanita ini tersebar di berbagai belahan dunia

Source: https://iawm.international

Didirikan tahun 1994, museum ini merupakan museum wanita pertama di benua Afrika. Nama museum ini diambil dari nama seorang tokoh pejuang wanita Senegal, Henriette Bathily. Museum ini memfokuskan diri untuk meningkatkan perhatian terhadap peran wanita di Senegal dalam hal seni, budaya dan kemasyarakatan. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengizinkan para wanita untuk mendemonstrasikan pengetahuannya kepada pengunjung museum.

Bagaimana, sudah berniat menjadikan list museum di atas untuk kamu kunjungi? Pastinya, di sana kamu akan mendapatkan pengetahuan lebih tentang wanita yang tak kamu dapatkan di tempat lain.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red