×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Topping ala rumahan untuk mi instan, bikin lebih enak dan sehat

0

N/A

8 Topping ala rumahan untuk mi instan, bikin lebih enak dan sehat

Foto: thestudentfoodproject.com

Mi instan memang lezat, namun kurang baik jika dikonsumsi terlalu sering. Nah, topping rumahan ini bisa bikin mi instan lebih enak dan sehat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

07 / 07 / 2021 15:15

Mi instan memang digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang lezat, harga murah dan cara membuatnya pun sangat fleksibel. Tak jarang banyak orang kecanduan mengonsumsinya.

Makan mi instan bukanlah dosa, namun juga tak baik jika dikonsumsi sebagai makanan harian. Mi instan baiknya dikonsumsi jika memang terdesak saat di rumah tidak ada makanan sama sekali atau karena memang keuangan tidak baik.

Nah, ada baiknya kamu memberikan topping tambahan agar mi instan lebih sehat dan punya nilai gizi plus. Entah dengan ditambah sayur maupun daging.

Topping mi instan yang sehat bukan berarti harus mahal. Bahan di rumah ini bisa kamu jadikan topping mi instan yang menyehatkan. Berikut bahan-bahan yang bisa kamu gunakan.

1. Wortel, seledri, kol, bayam rebus.

Loading...

8 Topping ala rumahan untuk mi instan, bikin lebih enak dan sehat

Foto: thestudentfoodproject.com

Makan mi instan dengan sayuran sangat disarankan karena menambah kandungan gizi, jadi kamu tidak hanya mengonsumsi karbohidratn saja. Banyak jenis sayuran yang bisa kamu pakai, misalnya yang biasa tersedia di kulkas seperti wortel, seledri, sawi, dan sebagainya. Atau sayuran yang bisa tumbuh liar seperti bayam juga bisa kamu jadikan topping.

Namun perlu diingat, sayur tadi cukup direbus setengah matang saja agar vitaminnya tidak rusak. Kamu pun bisa menambahkan gula dan garam sedikit agar bumbu minya tidak kalah. Jangan pakai micin atau MSG karena bumbu mi sendiri sudah banyak mengandung MSG.

2. Tahu mini yang digoreng atau direbus.

8 Topping ala rumahan untuk mi instan, bikin lebih enak dan sehat

Foto: dumplingsisters.com

Sebenarnya tahu yang direbus lebih sehat karena tidak mengandung minyak, namun tahu rebus hanya cocok jika minya berkuah. Jika mi instan yang kamu gunakan adalah mi goreng, maka akan lebih cocok jika tahunya kamu goreng. Sebab jika tahunya kamu rebus besar kemungkinan hancur saat diaduk bersama mi.

Caranya cukup potong tahu menjadi dadu-dadu kecil, lalu kamu tinggal memilih ingin direbus atau goreng. Kemudian campurkan pada mi yang kamu masak.

3. Telur rebus atau telur puyuh.

8 Topping ala rumahan untuk mi instan, bikin lebih enak dan sehat

Foto: cookpad.com

Telur menjadi topping yang sangat biasa di mi instan, biasanya agar rasa mi lebih gurih dan kenyang. Cara masak telur yang paling sehat adalah dengan direbus. Telur rebus lebih sehat dari pada telur dadar atau ceplok. Selain telur ayam, kamu juga bisa memakai telur puyuh. Entah telur utuh rebus maupun sate telur puyuh, rasa mi instan kamu pasti tambah lezat.

4. Sosis.

8 Topping ala rumahan untuk mi instan, bikin lebih enak dan sehat

Foto: tukangreview.com

Agar tidak makan karbohidrat saja, kamu juga bisa menambahkan sosis. Entah itu mau direbus bersama mi atau digoreng, rasa mi instan kamu akan jadi lebih nikmat dan juga punya tambahan gizi lain.

5. Potongan cabai merah dan bawang merah.

Cabai merah mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Jika kamu penggemar pedas tentu ini merupakan topping yang sangat biasa. Jika tidak suka pedas kamu bisa membuang biji cabainya dan cincang kasar cabai merah mentah tadi. Penambahan bawang merah mentah juga cukup menggiurkan. Tapi jika tidak suka rasa dan aroma bawang yang cukup kuat, kamu bisa melewatkannya.

6. Seafood.

Jik kemungkinan di kulkas masih ada udang, cumi, atau hasil laut lain, kamu bisa menambahkannya sebagai topping. Tapi seafood tersebut baiknya kamu rebus dahulu sebelum kamu masukkan ke dalam mi instan.

7. Acar mentimun.

8 Topping ala rumahan untuk mi instan, bikin lebih enak dan sehat

Foto: thefeedfeed.com

Jika suka makanan yang gurih dengan rasa asam, acar mentimun cocok kamu jadikan topping. Namun bumbu minya akan kalah, sehingga kamu mungkin perlu menambahkan garam dan gula secukupnya agar rasa minya pas.

8. Tomat mentah.

8 Topping ala rumahan untuk mi instan, bikin lebih enak dan sehat

Foto: gourmandeinthekitchen.com

Tomat buah biasanya banyak dipakai dalam memasak. Tomat juga biasanya tersedia di kulkas. Cukup potong-potong kecil tomat dan jadikan sebagai topping mi instan yang sudah kamu buat. Maka rasanya pun akan lebih segar dan enak.

Tidak ada salahnya mengonsumsi mi instan. Namun yang perlu kamu ingat adalah untuk tidak mengonsumsinya sebagai makanan harian.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red