×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Persiapan yang perlu kamu lakukan saat memasuki usia 20 tahun

0

Kepribadian

8 Persiapan yang perlu kamu lakukan saat memasuki usia 20 tahun

Foto: Petya Georgieva dari Pixabay

Memasuki usia 20 tahun, kamu berada di masa-masa emas sehingga memiliki power dan energi penuh sebagai orang dewasa.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

SopSopi

13 / 07 / 2020 13:50

 

20 adalah angka penting dalam pertambahan umur seseorang. Pada masa ini terjadi peralihan manusia yang berawal dari remaja ke tahap dewasa. Perbedaan pola pikir, sikap, serta penyelesaian masalah menjadi salah satu hal utama yang membedakan remaja dan dewasa.

Pada masa ini banyak orang bilang merupakan masa paling krusial yang penting. Saat seseorang menginjak usia 20 tahun, mereka dapat dikatakan sedang menempuh masa golden age. Di masa inilah arah hidup dan kesuksesan yang akan kamu raih di masa depan mulai ditata sedikit demi sedikit. 

 

Dewasa adalah suatu tahap yang terjadi setelah remaja. Tahap ini dimulai saat kamu menyentuh angka 20 tahun. Secara psikologis, seseorang yang telah menginjak usia 20 tahun dianggap sudah cukup mampu dalam mengelola perencanaan, pengambilan keputusan, serta konsekuensi akibat tindakan.

Loading...

Oleh karena itu kamu harus paham bagaimana bertindak yang baik dan keputusan apa saja yang harus kamu ambil di usia 20-an. Hal ini amat penting karena akan membentuk dirimu yang sebenarnya di masa depan.

Mulai memupuk dan mempersiapkan diri untuk masa depan harus disadari dari awal. Saat sudah menginjak golden age ini, kamu akan mendapati bahwa realita tidak seindah cerita buku bergambar seperti serial Disney ataupun Barbie. Ada banyak hal yang harus kamu tanamkan dan persiapkan sejak awal agar tidak tersesat di tengah jalan.

1. Rancang dan kembangkan visi misi hidupmu.

Ketika sudah menginjak 20 tahun, itu artinya kamu sudah memasuki tahap dewasa. Hal yang benar-benar harus kamu kuatkan adalah pandangan hidup dan ideologimu, di mana tercakup di dalamnya visi serta misi hidupmu yang nantinya dapat mengantarkan kamu menuju kesuksesan. Jangan sampai kamu terombang-ambing di tengah jalan.

2. Sadari, kamu sudah dewasa.

Dewasa tidak harus dilihat dari apa yang dikenakan, selera fashion, ataupun cara kamu terlihat. Dewasa yang dimaksud adalah bagaimana kamu dapat berpikir dan bertindak secara logis tanpa mengedepankan emosi seperti saat kamu masih remaja.

Amarah yang meledak-ledak harus dapat kamu kontrol berbarengan dengan pola pikirmu yang tidak lagi berbatas pada hal-hal sempit. Susah memang. Namun itulah yang dinamakan tumbuh dan berkembang. Kamu bisa terus mengingatkan dirimu sendiri, kamu sudah dewasa.

3. Kembangkan kreativitas dan potensi dirimu.

Di usia ini kamu mulai menuai sejumah kesibukan. Ada yang sudah memasuki tahap bekerja ataupun masih meneruskan pendidikan. Masa golden age ini harus mampu kamu manfaatkan sebagai peluang, di mana energi dan power yang kamu miliki sedang berada di taraf puncak.

Maka jangan sampai kamu menghabiskan waktu untuk sesuatu yang sia-sia. Kembangkan terus minat dan bakatmu, terus asah kemampuan dan potensimu, dan teruslah berkreativitas di kala waktu senggangmu agar kamu mampu bersaing di dunia orang dewasa yang sesungguhnya.

4. Cari relasi sebanyak-banyaknya.

Sebagai makhluk sosial, tentunya kamu harus terus berinteraksi dan memiliki hubungan antara satu sama lain. Relasi adalah satu hal penting yang harus kamu mulai kembangkan di masa golden age ini.

Memperluas komunitasmu kini semakin dipermudah dengan adanya banyak fasilitas media sosial yang bertebaran dengan pengguna yang berasal dari seluruh dunia. Relasi amat penting karena akan mempermudahkan hidupmu dalam mencari pekerjaan, menyelesaikan tugas, dan hal-hal lain yang sangat penting nantinya.

5. Temukan teman terbaik.

Ketika remaja, kamu cenderung berada dalam hubungan pertemanan yang terlalu luas dan tidak sehat. Ketika kamu dewasa, temanmu satu per satu akan mulai meninggalkanmu dalam kesendirian, terlebih apabila kamu tidak sesuai dengan mereka.

Sebaiknya kamu mulai menghindari hubungan pertemanan yang toxic dan lebih memfokuskan diri pada pertemanan yang sesungguhnya. Berkumpulah dengan teman-teman baik yang mampu memotivasimu menjadi semakin baik tiap harinya. Jauhi teman-teman yang hanya akan membuatmu jatuh dan terluka. Tidak perlu banyak, satu atau dua teman sejati akan membantumu melewati banyak hal.

6. Biasakan menabung.

Saat berada di tahap dewasa awal, kamu mudah tergiur untuk menghambur-hamburkan uang yang kamu peroleh untuk membeli makanan maupun barang-barang yang kamu inginkan namun sebenarnya tidak kamu perlukan. Kebiasaan ini amat berbahaya bila terus kamu biarkan.

Kamu harus mulai menyisihkan sebagian uang yang kamu dapat untuk ditabung. Uang tersebut dapat pula kamu investasikan untuk masa depan. Yang pasti, jauhi sikap boros!

7. Jauhi membeli sesuatu secara kredit.

Membeli barang secara kredit adalah satu jalan pintas yang sering kali digunakan untuk memenuhi pembayaran yang nantinya akan ditebus secara berangsur. Ini adalah kebiasaan jelek yang wajib banget kamu hindari.

Hindari pembelian dengan sistem kredit kecuali untuk hal-hal yang benar-benar penting. Kamu harus meiliki komitmen besar dalam hal ini. Jangan sampai nantinya kamu terlilit utang hanya karena hawa nafsu untuk membeli tas atau sepatu brand terkenal untuk memuaskan gengsimu.

8. Fokus pada mimpi dan gapai cita-cita.

Hal yang paling penting untuk kamu kuatkan ketika menyentuh usia ini adalah fokus. Ada banyak hal di luar sana yang berusaha membuatmu goyah terhadap mimpimu. Jangan sampai kamu terlena dan melupakan apa yang hendak kamu raih.

Impian, cita-cita, dan harapan yang sudah kamu tanamkan harus terus kamu kejar selagi masih muda. Jangan biarkan iri, gengsi, perasaan takut gagal, ataupun hal negatif lain mematahkan semangatmu untuk terus berjuang dan berusaha. Teruslah mencoba, berdoa dan percaya, Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik.

Untuk kamu yang sudah menginjak usia 20 tahun, selamat memasuki tahap dewasa. Semangat dalam berkompetisi di dunia dewasa yang keras. Tumbuhlah kuat dan tangguh. Jangan menyerah!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red