Buat para pengguna KRL Commuter Line pasti udah paham banget sama suka-dukanya naik transportasi yang satu ini. Mulai dari harus berjibaku rebutan tampat, sampai drama gangguan sinyal yang bikin kereta kamu suka tertahan perjalannya.

Semenjak perbaikan fasilitas dan pelayanan dari KRL Commuter Line beberapa tahun terakhir membuat jumlah penumpang terus meningkat. Berbagai peraturan juga dibuat untuk mengatur para penumpangnya. Selain peraturan tertulis, ada juga lho peraturan tidak tertulis yang sebaiknya kamu tahu, biar perjalanan kamu dan para penumpang lain semakin nyaman.

1. Persiapkan dulu tiket sebelum kamu antre di gate untuk tap-in maupun tap-out

Pastikan tiket kamu sudah berada di tangan ketika kamu mulai mengantre di gate stasiun. Pada jam sibuk, terutama di pagi hari semua orang ingin bergerak lebih cepat. Jadi, jangan kamu menahan laju antrean dengan baru mencari tiket kamu ketika sudah berada di depan gate. Belum lagi kalau ternyata tiket kamu terselip. Kasihan kan orang yang dibelakang kamu?

2. Selalu patuhi petugas penjaga penyeberangan antar peron

Kamu terburu-buru mau nyebrang, kelihatannya kereta masih jauh, tapi kok petugas sudah melarang kita menyeberang? Jangan protes! Beliau melakukan itu demi keselamatan kamu. Beliau yang bertugas disitu lebih memahami kondisi yang aman untuk menyeberang. Urusan apapun yang bikin kamu terburu-buru, ga akan sebanding dengan keselamatan kamu.

3. Beri jalan untuk penumpang yang akan keluar terlebih dahulu

Seharusnya kamu sudah paham sama peraturan yang satu ini. Yap, peraturan ini udah sering banget dihimbau sama petugas melalui speaker di stasiun maupun di dalam gerbong. Memberi akses kepada penumpang yang akan turun terlebih dahulu bukan cuma untuk kelancaran sirkulasi penumpang, tapi juga untuk keselamatan. Berdesakan di depan pintu kereta dapat menyebabkan kecelakaan seperti tersandung atau kaki terperosok ke dalam celah peron. Jangan sampai deh kamu atau penumpang lain mengalaminya.

4. Bantu petugas On-Trip Cleaning untuk melakukan pekerjaannya

Buat kamu yang sering naik KRL, pasti paham kalau didalam kereta ada petugas yang pekerjaannya mengepel lantai kereta. Biasanya ini dilakukan sebelum kereta penuh atau baru berangkat dari stasiun pemberangkatan. Pekerjaan mereka mulia banget, memastikan kereta kita selalu bersih dan nyaman. Nah, kamu bisa tuh membantu mereka dengan cara yang sederhana. Apabila kamu diposisi duduk, cukup angkat kaki kamu ketika beliau sedang mengepel di daerah kaki kamu. Mudah kan? Kereta kita juga jadi semakin bersih deh.

5. Jangan mengobrol/bercanda dengan suara keras

KRL merupakan fasilitas umum, jadi kita juga perlu saling toleransi antar sesama penumpang. Kalau kamu lagi pergi bersama temen-teman, jangan megobrol atau bercanda dengan suara keras apalagi mengganggu penumpang lainnya. Kasihan kan penumang yang lain ? Ga sedikit lho penumpang yang mencoba beristirahat di perjalanannya.

6. Meskipun bukan bangku prioritas, memberi tempat duduk kepada yang lebih membutuhan itu mulia

Kalau kamu melihat ada ibu hamil atau lansia yang sedang berdiri, ga ada salahnya kamu memberikan tempat dudukmu meskipun itu bukan bangku prioritas. Walau kamu juga sama-sama capek, tapi ibu hamil/membawa balita rasanya pantas untuk kamu beri tempat duduk. Apalagi para lansia, coba deh mudahkan perjalanan mereka. Ingat, nanti kita juga akan seperti mereka.

7. Kamu mau turun? Persiapkan diri sebelum kereta masuk stasiun tujuan kamu

Kereta penuh sesak, dan kamu mau turun? Persiapkan diri kamu sebelum kereta masuk di stasiun tujuanmu. Terkadang dikondisi kereta yang penuh sesak, untuk bisa bergerak menuju pintu keluar juga butuh waktu dan usaha. Jadi, jangan deh kamu baru panik mau turun pada saat pinte kereta sudah terbuka di stasiun tujuan kamu. Dijamin rawan gagal turun dan terlewat ke stasiun berikutnya.

8. Jangan pacaran di kereta!

Meskipun kamu lagi sayang-sayangnya sama si dia, jangan pernah pacaran apalagi sampai bermesraan di dalam kereta. Selain bisa melanggar norma asusila di muka umum. Kegiatan yang satu ini bakal bikin kamu kelihatan alay banget dimata penumpang lain. Plus, kasihan dong para jomblo yang ada di sebelah kamu kalau ngeliat kamu asyik pacaran. Hihi!