×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Hal ini perlu dipahami oleh mahasiswa baru

0

N/A

8 Hal ini perlu dipahami oleh mahasiswa baru

Coba deh pikirin, apa saja yang akan kalian lakukan saat masih jadi maba.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

onesyaf

16 / 10 / 2019 12:50

 

Bagi yang masih maba alias mahasiswa baru atau mahasiswa yang masih ‘anget-anget kuku’, apa yang akan kamu kerjakan selama masa kuliahmu? Masih bingung? Jika begitu coba lakukan beberapa hal yang mungkin akan sangat berguna bagi kamu di sisa waktu kuliah.

1. Kenalan dengan teman baru.

Jangan jadi kuper, ya! Beranikan diri untuk menyapa orang di sekitarmu, apalagi saat menunggu proses registrasi. Coba sapa dengan misalnya, “Hai, nomor urut berapa?” “Keterima di jurusan apa?” dan sapaan lainnya. Kamu juga bisa menanyakan kontaknya sehingga kalian nantinya bisa tetap berhubungan. Dengan begitu, meskipun tidak sejurusan kamu akan mendapat banyak informasi baru seperti seminar dan lain-lain. Apalagi kalau sejurusan, mungkin akan jadi cikal-bakal persahabatan kamu lho!

2. Akrab dengan kating (kakak tingkat).

Loading...

Coba deh akrabkan dirimu dengan kating sehingga bisa jadi batu loncatan dapat banyak pengalaman baru dan wawasan ‘gurih’ tentang jurusanmu. Kating bisa jadi orang terbaik yang mendukung dan membantumu soal materi atau buku tugasmu, lho!

3. Berdamai dengan seluruh dosen.

Kerjakan tugasmu dengan semaksimal dan se-epic mungkin, ya. Lewat tugas yang memukau, baik dari sajian atau subtansinya, bisa membuka obrolan santai dengan dosen kamu, lho! Jangan lupa sering komunikasi dengan dosenmu dan coba sesekali jadi koorrdinator kelas atau ketua kelas, apalagi pas dosen kamu killer, coba deh untuk mengasah keberanianmu.

4. Cari buku dan tempat nongkrong asyik.

Biasakan baca buku, ya! Apalagi yang relewan dengan jurusanmu sehingga kamu bisa nyaman ngobrol dengan siapapun. Mau ngobrol sama mahasiswa, kating, atau dosen sekalipun oke saja. Tempat nongkrong jadi hal yang wajib juga lho, bisa kafe, pojokan kampus, atau perpustakaan, yang penting tempat itu bikin kamu nyaman buat baca buku, ngobrolin ide-ide kamu dengan teman, atau sekadar obrolan receh sekalipun.

5. Cari hobimu.

Hobi gak harus relevan dengan jurusan yang kita jalanin, sih. Cuma kalau hobi kamu agak nyambung dengan jurusanmu, pasti asyik, sih. Hobi kamu juga bisa jadi sumber tambahan uang saku kamu, lho!

6. Jadi aktivis eksis.

Nih hal baru yang mesti kamu coba! Jadi aktivis yang cukup bisa ningkatin skill leadership kamu! Ingat ya, organisasi atau komunitas selain bisa eksplor kemampuanmu juga dapat bermanfaat terhadap orang lain.

7. Ikut seminar, diskusi, kompetisi, atau workshop demi CV masa depan.

Skill itu segalanya, lho. Pikirkan keberlangsungan CV yang akan kamu ajukan untuk dunia kariermu. Jangan lupa sisakan budget kamu untuk biaya seminar, diskusi, kompetisi, atau workshop selain untuk keperluan tugas kuliah, buku, atau nongkrong kamu!

8. Jadi pribadi baru yang irit, mandiri, dan tabah.

Belajar jadi tangguh, ya. Berhemat gak membuat kalian miskin atau kuper, kok! Ingat tujuan dan planning kalian soal budget untuk hal-hal yang kalian perlukan. Kemandirian bisa dibangun dengan kedisiplinan dan kejujuran. Tabah dalam mengerjakan tugas dosen yang banyak dan gak kelar-kelar bisa jadi pembiasaan terbaik sebelum kamu masuk dunia kerja!

Jadi coba lakukan dan jangan menyesal. Rayakan kebebasanmu dengan hal positif dan nikmati masa kamu sebagai mahasiswa!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red