×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Cara sederhana untuk merawat dan mencegah gigi berlubang

0

Kesehatan

8 Cara sederhana untuk merawat dan mencegah gigi berlubang

Foto: Gerd Altmann dari Pixabay

Perawatan gigi menjadi salah satu hal terpenting yang patut diperhatikan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Peter Asher

31 / 12 / 2019 12:48

Ada beberapa orang yang rela mengeluarkan uang untuk perawatan gigi mahal agar memiliki gigi sempurna. Tetapi sebelum mulai menghabiskan ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah untuk perawatan gigi, ada baiknya kamu mencoba delapan cara sederhana dan murah ini untuk merawat gigi.

Dengan hanya perubahan sederhana dalam program perawatan gigimu, kamu bisa menghemat banyak uang untuk perawatan gigi lho! Yuk, simak delapan cara merawat gigi secara sederhana dan murah berikut ini.

1. Ubah kebiasaan makan kamu.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The British Medical Journal, perubahan sederhana dalam diet dapat mencegah kerusakan gigi. Diet yang kaya gula dapat menyebabkan kerusakan gigi karena asam fitat yang dapat ditemukan dalam sereal dan biji-bijian dapat menghambat penyerapan kalsium.

Namun kondisi ini dapat dibalik jika mengurangi asupan sereal dan biji-bijian, kamu mungkin tidak pernah menghadapi masalah seperti itu. Tingkatkan juga asupan kalsium dengan mengonsumsi lebih banyak produk susu seperti yogurt dan sayuran berdaun gelap.

Loading...

Sebaiknya berhenti minum soda karena minuman ini kaya gula. Sebagai gantinya, kamu bisa minum minuman tanpa pemanis seperti teh hijau dan air putih.

2. Kunyah permen karet tanpa gula.

Mengunyah permen karet tanpa gula sebenarnya dapat membantumu menghindari kerusakan gigi. Kebanyakan permen karet tanpa gula mengandung komponen yang disebut xylitol yang merupakan pemanis alami.

Pemanis alami ini tidak menyebabkan pertumbuhan bakteri di mulutmu dan juga dapat membantu mulut menghasilkan lebih banyak air liur yang penting untuk menjaga gigi agar tetap bersih dari sisa makanan.

3. Bersihkan dan ganti sikat gigimu secara teratur.

Banyak orang mungkin tidak tahu betapa pentingnya memilih sikat gigi yang tepat dan mengubahnya secara teratur. Selalu ambil sikat gigi berukuran kecil atau menengah dan pastikan bulunya dapat menjangkau celah gigimu untuk membersihkan sisa makanan.

Jangan gunakan penutup untuk sikat gigi karena dapat menampung mikroorganisme dan bakteri. Sebagai gantinya, bersihkan dan bilas sikat gigi dengan air setelah menyikat gigimu dan biarkan hingga kering.

Penting juga untuk tidak meninggalkan sikat gigi di area yang sama dengan toilet karena bakteri feses dapat mencapai sikatmu. Ganti sikat gigi kamu secara teratur karena bulunya dapat memburuk seiring waktu dan penggunaan sehari-hari. Disarankan untuk mengganti sikat gigi kamu setiap tiga bulan.

4. Ikuti perawatan gigi dasar.

Menurut Asosiasi Kesehatan Gigi Internasional, hampir 42% orang dewasa hanya menggunakan sikat gigi dalam perawatan giginya. Menyikat gigi saja mungkin tidak cukup efisien untuk menjaga gigi kamu tetap bersih dan sehat. 

Sebagai gantinya, sertakan langkah-langkah ini dalam perawatan mulut kamu:

- Sikat gigimu setidaknya dua menit dan minimal dua kali sehari.

- Cobalah untuk menjangkau semua permukaan gigi, termasuk sudut terjauh di mana sisa makanan dapat dengan mudah terjebak.

- Kadang-kadang menyikat gigi mungkin tidak cukup untuk membersihkan gigimu sehingga kamu bisa menggunakan obat kumur.

- Setiap obat kumur memiliki efek anti-bakteri dan dapat membantumu menghilangkan bakteri yang tersisa di mulut. Salah satu tips penting adalah jangan berkumur dengan air setelah menggunakan obat kumur Sehingga efeknya akan bertahan lebih lama.

5. Kunjungi dokter gigi untuk pembersihan rutin.

Jangan menunggu sampai kamu memiliki masalah gigi untuk mulai berkunjung ke dokter gigi. Kita semua tahu bahwa kunjungan ke dokter gigi mungkin bukan pengalaman yang menyenangkan, tetapi selalu lebih baik untuk mencegah masalah daripada mengobatinya.

Terkadang ada area yang tidak bisa dijangkau dengan menyikat gigi, jadi dokter gigi akan membersihkannya untukmu. Biasanya dokter gigi akan membersihkan garis gusi di bagian belakang dan depan gigimu untuk menghilangkan plak dan penumpukan karang gigi. Pastikan kamu mengunjungi dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun.

6. Tambahkan suplemen dan vitamin ke dalam dietmu.

Selain mengurangi makanan bergula, ada satu hal lagi yang bisa kamu lakukan untuk melawan plak gigi, yaitu dengan mengonsumsi vitamin. Untuk mendukung air liur, kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran.

Konsumsi juga makanan gandum utuh. Makanan ini mengandung Vitamin B dan zat besi. Ditambah lagi biji-bijian utuh mengandung magnesium, mineral yang membantu menyerap kalsium dan memperkuat gigimu.

Sertakan lebih banyak makanan laut dalam dietmu. Makanan laut kaya akan Vitamin D yang penting untuk kesehatan gigi dan membantu menyerap kalsium.

7. Cobalah gunakan minyak kelapa.

Kamu dapat mencoba minyak kelapa untuk secara alami melindungi gigi dari kerusakan. Minyak tersebut mengeluarkan bakteri dari gigimu dan secara alami menyembuhkannya.

Cukup oleskan satu sendok makan minyak kelapa ke gigi dan tunggu selama 20 menit sampai air liurmu dan minyak berubah menjadi susu. Hal ini dapat membantu mencegah gigi berlubang.

8. Pasta gigi DIY (Do It Yourself).

Pasta gigi DIY ini hadir dengan banyak manfaat dan hanya membutuhkan beberapa bahan untuk membuatnya. Kamu hanya perlu 2 sendok makan soda kue, 1/4 cangkir minyak kelapa, 4 sendok makan bubuk kalsium, 1 sendok makan garam laut, dan 1 sendok makan stevia.

Campur semua bahan bersama-sama sampai mencapai konsistensi pasta dan menggunakannya sebagai pengganti pasta gigi biasa milikmu.

Ingat: Jangan menggunakan pasta gigi ini selama lebih dari 30 hari berturut-turut karena strukturnya yang abrasif dan tidak adanya fluoride.

Pernahkah kamu mencoba salah satu tips di atas? Jika belum, kamu mungkin ingin mencobanya dan siapa tahu dapat memberikan hasil yang luar biasa pada gigi kamu!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red