×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Pekerjaan rumah tangga yang bisa kamu lakukan buat bantu orang tuamu

0

Rumah

7 Pekerjaan rumah tangga yang bisa kamu lakukan buat bantu orang tuamu

Membantu meringankan pekerjaan orang tua adalah wujud baktimu terhadap mereka.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Prasetya Buana

10 / 03 / 2021 14:37

Jangan pernah anggap sepele pekerjaan mengurus rumah. Sebab, pekerjaan rumah tangga adalah salah satu pekerjaan yang boleh dibilang tak akan ada habisnya.

Kalau gak percaya tanyakan sendiri pada orang tuamu. Saking repotnya, terkadang orang tuamu bisa sangat kewalahan dengan berbagai pekerjaan rumah yang menumpuk. Belum lagi setiap harinya ia harus selalu memastikan agar kebutuhan seluruh anggota keluarga terpenuhi.

Nah, supaya kamu bisa sedikit meringankan tugas orang tua dan juga melatih jiwa kemandirianmu, berikut ini ada beberapa macam pekerjaan rumah tangga sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri. Mau tahu apa saja? Yuk, simak.

1. Merapikan kamar tidur sendiri. 

Sumber gambar: pexels.com/Taryn Elliott

Loading...

Foto: pexels.com/Taryn Elliott

Bahkan pekerjaan yang satu ini sudah bukan lagi tugas orang tuamu, melainkan kewajibanmu sendiri. Bukankah sejak kecil kamu sudah dibiasakan agar selalu merapikan kamar tidurmu sendiri sehabis bangun tidur? Jadi, kerjaan bersih-bersih semacam ini seharusnya sudah tak asing bagimu, atau mungkin juga kamu telah menjadikannya sebagai rutinitas sejak lama.

Sebelum berangkat sekolah ataupun kerja, pastikan kamu meninggalkan kamarmu dalam keadaan bersih dan tertata rapi. Supaya saat orang tuamu mengeceknya, ia merasa lega, sebab tak ada lagi yang perlu dibereskan.

2. Cuci piring. 

Sumber gambar: pexels.com/Andrea Piacquadio

Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Minimal setelah kamu selesai makan cucilah piring kotormu sendiri. Kalau ada perlengkapan makan atau peralatan masak lainnya yang kotor, tak ada ruginya untuk sekalian dicuci. Meski yang kamu kerjakan ini termasuk hal kecil, tapi cukup membantu meringankan tugas orang tuamu, lho. Dijamin orang tuamu akan makin sayang kepadamu.

3. Menyiram tanaman dan mencabut rumput liar. 

Sumber gambar: unsplash.com/ThisisEngineering RAEng

Foto: unsplash.com/ThisisEngineering RAEng

Pekerjaan luar ruangan seperti mengurus kebun biasanya sering terlewat oleh orang tuamu karena terlalu disibukkan oleh berbagai pekerjaan yang ada di dalam rumah. Gak perlu risau, kegiatan berkebun ini cukup mudah untuk dilakukan, kok.

Pertama, mencabut rumput liar. Kamu hanya perlu melakukannya jika rumput di pekarangan rumah mulai meninggi. Dan untuk urusan menyiram tanaman cukup sehari sekali saja, atau sesuaikan dengan kebutuhan air dari tiap tanaman. Orang tuamu bakal berterima kasih seandainya kamu menyelesaikan pekerjaannya yang sering terlupakan ini.

4. Membuat sarapan untuk keluarga. 

Sumber gambar: pexels.com/One Shot

Foto: pexels.com/One Shot

Kalau kamu lumayan pandai berkutat di dapur, sesekali bangunlah lebih pagi dari orang tuamu. Siapkan menu sarapan favorit dari masing-masing anggota keluarga. Bukan cuma membantu, kamu juga bakal dapat kasih sayang sekeluarga, lho.

Sebelum benar-benar siap melakukan pekerjaan rumah tangga yang satu ini, pastikan dulu kalau kamu cukup lihai dalam memasak, dan rasa masakanmu mesti enak. Kalau enggak, bukannya membantu, kamu malah menambah repot orang tuamu saja dengan membuang-buang bahan masakannya.

5. Mencuci baju. 

Sumber gambar: pexels.com/Andrea Piacquadio

Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Berkat perkembangan teknologi pekerjaan mencuci baju jadi makin mudah dilakukan dengan menggunakan mesin cuci. Jadi, gak ada alasan untuk kamu malas mencuci bajumu sendiri.

Kamu hanya perlu mengategorikan dulu pakaian yang hendak kamu cuci, baik itu dari warna atau bahan. Setelah itu tambahkan sabun lalu atur waktu pencucian, tunggu sampai selesai, kemudian kamu bisa mengeringkan bajumu dengan mesin pengering ataupun dijemur. Mudah, bukan? Tumpukan pakaian kotor yang mesti dicuci orang tuamu jadi berkurang, deh.

6. Menyapu atau mengepel. 

Sumber gambar: pexels.com/cottonbro

Foto: pexels.com/cottonbro

Membersihkan debu atau kotoran yang menempel di lantai rumah bukanlah pekerjaan yang mudah kalau rumahmu terbilang luas. Orang tuamu juga merasakan hal demikian, ia harus menyusuri setiap sudut rumah saat menyapu dan mengulangi hal tersebut ketika mengepel.

Untuk meringankannya kamu bisa mengambil alih separuh tugasnya dengan menyapu atau mengepel beberapa bagian rumah, seperti kamar tidurmu sendiri, ruang tamu, ruang keluarga dan ruangan lainnya.

7. Belanja ke pasar. 

Sumber gambar: pexels.com/Anna Shvets

Foto: pexels.com/Anna Shvets

Saat persediaan dapur atau kebutuhan rumah tangga tinggal sedikit, jangan pernah menolak jika orang tuamu meminta kamu untuk belanja ke pasar. Bukanlah hal yang sulit, berbekal shooping list yang dituliskan oleh orang tuamu dan kantong belanja, kamu sudah bisa langsung berbelanja di pasar dengan santai.

Tak usah malu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga yang satu ini. Karena suatu saat nanti pun ketika kamu tak tinggal lagi bersama orang tua, kamu mesti membeli berbagai kebutuhanmu sendiri.

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang anak untuk senantiasa membantu meringankan tugas orang tuanya. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga di atas.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red