Museum pada awalnya merupakan tempat pengumpulan benda-benda yang memiliki nilai sejarah atau estetika dengan tujuan sebagai tempat edukasi. Namun belakangan ini muncul beberapa museum unik dan aneh di penjuru dunia yang mengoleksi benda-benda tak lazim.

Tak ayal museum-museum ini menjadi sangat populer dan patut untuk dikunjungi. Baiklah seperti apa penampakan museum unik dan aneh tersebut, berikut ini ulasannya versi The Cockpit.


1. The Icelandic Phallological Museum

7 Museum paling nyentrik dan bikin geli sendiri, yakin pengen mampir?

The Icelandic Phallological Museum mungkin satu-satunya museum di dunia yang berisi koleksi spesimen kemaluan milik semua jenis mamalia yang ditemukan di satu negara. Museum ini didirikan oleh Sigurur Hjartarson, pensiunan guru Sejarah dan Bahasa Spanyol di Universitas Hamrahl di Reykjavk.

Memiliki ratusan koleksi kemaluan hewan mamalia dari Islandia mulai dari kuda, paus, anjing, kucing bahkan juga tikus yang sudah diawetkan dalam tabung kaca. Disini juga mengkoleksi specimen kemaluan hewan perairan yang sudah mulai langka dan hampir punah.

Meskipun museum ini tidak mempunyai spesimenHomo sapiens, demi memajukan ilmu pengetahuan falologi, seorang pelindung (Pll Arason, lahir tahun 1915) menyumbangkan kemaluannya ke museum ini,setelah dia meninggal.


2. The Kunstkamera, Russia

7 Museum paling nyentrik dan bikin geli sendiri, yakin pengen mampir?

Museum ini dibuat oleh seorang pria bernama Peter de Great.Memiliki berbagai koleksi yang sangat mengerikan tentang tubuh manusia. Seperti ratusan janin bayi cacat, tubuh manusia dengan organ ganda, dan yang lebih mengerikan ada kepala manusia yang telah dipenggal dan diawetkan kedalam toples kaca berisi air cuka.

Keseluruhan koleksi di museum ini adalah asli bukan buatan. Menurut si pencipta, museum ini didirikan untuk menghilangkan rasa takut manusia terhadap Monster.


3. Bodyworlds Museum, Berlin

7 Museum paling nyentrik dan bikin geli sendiri, yakin pengen mampir?

Pernahkah kalian membayangkan tubuh orang yang sudah mati diawetkan kemudian dijadikan tontonan didalam museum. Di tempat ini seorang ahli anatomi bernama Gunther von Hagens menciptakan tempat yang khusus untuk mempertontonkan tubuh manusia yang sudah dikuliti kemudian dipajang diatas meja.

Museum ini menjadi satu-satunya museum tubuh manusia asli yang telah keliling dunia sejak tahun 1995 dan telah menarik sekitar 40 juta pengunjung. Gunther von Hagens dijuluki sebagai Dr. Death atas mahakarya yang telah dibuatnya tersebut.


4. Avanos Hair Museum, Turki.

7 Museum paling nyentrik dan bikin geli sendiri, yakin pengen mampir?

Museum ini berada di dalam gua yang kecil dengan tembikar dan rambut yang menempel di dinding-dindingnya. Museum yang didirikan pada tahun 1979 ini telah mengoleksi lebih dari 16 ribu rambut wanita. Konon, koleksi rambut di sini adalah rambut pengunjung perempuan yang sengaja memotong rambutnya sendiri sebagai kenang-kenangan.

Rambut yang dijadikan koleksi juga disertakan dengan secarik kertas yang berisi pesan si empunya. Tidak ada salahnya kalian meninggalkan rambut kalian disini karena setiap dua kali dalam setahun mereka akan memilih sepuluh rambut yang tertempel di dinding. Nah, bagi siapa saja yang beruntung akan berkesempatan untuk diundang dan menikmati liburan ke Turki selama seminggu.


5. Condom Museum, Thailand

7 Museum paling nyentrik dan bikin geli sendiri, yakin pengen mampir?

Thailand tidak hanya terkenal dengan para ladyboynya yang menggoda mata. Namun ada salah satu tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi yaitu museum kondom.

Museum kondom ini berada di dalam Gedung Kementerian Kesehatan. Tepatnya di dalam Departemen Ilmu Kesehatan. Museum kondom dibangun dengan bertujuan untuk mengenalkan kondom kepada masyarakat Thailand sebagai alat pencegah penyakit HIV/AIDS.

Museum kondom juga punya aneka kondom dari tahun 1950-an hingga kini, yang gambar dan warnanya tentu berbeda-beda. Kondom-kondom itu berasal dari berbagai negara dan tersimpan di kotak kaca. Bahkan, varian semua kondom Durex terdapat lengkap.

Masih belum seberapa, Museum kondom ini juga menyimpan berbagai jenis kondom wanita, kondom rasa dan kondom bergetar. Walah!


6. Museum of torture instruments

7 Museum paling nyentrik dan bikin geli sendiri, yakin pengen mampir?

Museum ini berada di Benteng Petropavlovsk di kota St Petersburg, Rusia. Museum ini menampilkan berbagai macam alat penyiksaan pada zaman abad pertengahan.

Disini kalian akan melihat patung yang ditata sedemikian rupa menyerupai orang asli yang sedang menjalani hukuman. Ada pisau jagal, gergaji, cambuk, kursi berlapis paku dan masih banyak lagi alat yang tidak pernah kalian bayangkan kengeriannya.


7.Siriraj Medical Museum, Thailand

7 Museum paling nyentrik dan bikin geli sendiri, yakin pengen mampir?

Museum ini bertema tentang segala hal yang berkaitan dengan medis tapi lebih spesifik kepada hal-hal aneh dan mengerikan tentang tubuh manusia. Saat pertama kali masuk kedalam museum ini, anda akan disambut oleh ruangan yang berisi kumpulan jasad janin yang sangat aneh diawetkan dan terbungkus kotak kaca yang berisi formaldehida.

Mulai dari janin yang memiliki dua kepala, janin kembar siam, anak dengan kaki menyatu seperti putri duyung dan masih banyak lagi. Yang menarik disini ada mayat pembunuh berantai pertama dan paling terkenal di Thailand dan kanibal, Si Ouey.

Si Ouey adalah seorang imigran China yang pindah ke Thailand pada tahun 1944, di mana dia membunuh banyak anak sebelum memakan hati dan hati mereka, yang menurutnya membuatnya kuat dan bahkan abadi.

Itulah beberapa museum aneh dan mengerikan yang ada di dunia versi The Cockpit. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dimanapun kalian berada.