×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Manfaat mengonsumsi teh serai bagi kesehatan tubuh

0

Kesehatan

7 Manfaat mengonsumsi teh serai bagi kesehatan tubuh

Banyak manfaat dari tumbuhan herbal satu ini yang bisa membantu menjaga kesehatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Vie Pay

11 / 03 / 2020 11:55

Mungkin kamu hanya mengetahui serai biasanya digunakan sebagai rempah-rempah dalam memasak, padahal serai juga bisa dijadikan olahan lainnya. Serai bisa dikonsumsi dengan mengolahnya menjadi berbagai minuman, salah satunya teh serai.

Teh serai tidak hanya membuat badan merasa enak dari dalam. Selain membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, serai juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Bahan dapur yang satu ini ajaibnya memiliki aroma lemon tetapi rasanya lebih lembut dan lebih manis. Kamu dapat memotong serai, memasukkannya ke dalam air mendidih, dan biarkan  selama 10-15 menit. Atau kamu bisa juga mencelupkan kantong teh dengan serai kering agar lebih mudah.

Seorang ahli gizi asal Bangalore, Dr. Anju Sood, mengungkapkan beberapa manfaat jika mengonsumsi teh serai secara teratur.

1. Baik untuk pencernaan.

Loading...

Serai sudah digunakan sejak lama sebagai obat kuno untuk semua masalah pencernaan dalam pengobatan tradisional Cina. Seperti masalah kembung, sembelit atau gangguan pencernaan.

Serai biasanya disajikan setelah makan malam untuk menjaga fungsi pencernaan tetap stabil. Serai juga mengandung komponen bernama citral yang membantu mencerna makanan.

2. Menyembuhkan pilek dan flu.

Anti bakteri dan anti jamur yang ada dalam teh serai dapat membantu mengatasi pilek, batuk, dan flu. Kandungan vitamin C-nya juga dapat memperkuat kekebalan tubuh.

Rebus beberapa serai segar bersama dengan beberapa cengkeh, sedikit kunyit dan daun teh. Ramuan sederhana tersebut efektif untuk memecah lendir dan pembentukan dahak. Campuran serai, daun tulsi, dan kapulaga yang panas juga merupakan obat Ayurvedic yang umum untuk flu.

3. Mengatur tekanan darah tinggi.

Ternyata serai adalah formula alami untuk menjinakkan tekanan darah tinggi. Serai yang kaya akan kalium manjur meningkatkan produksi urin dalam tubuh, yang selanjutnya merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, minuman ini juga membantu dalam menenangkan hati. Serai juga dikenal membatasi penyerapan kolesterol dari usus sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

4. Penuh antioksidan.

Teh serai termasuk kategori teh yang memiliki antioksidan dan detoksifikasi yang dapat membantu dalam detoksifikasi dan pembersihan tubuh dari dalam. Selain itu juga membantu menghilangkan racun dari tubuh dengan menghilangkan retensi cairan.

5. Bermanfaat untuk kulit dan rambut.

Serai merupakan sumber Vitamin A dan C yang baik bagi kesehatan tubuh. Serai juga merupakan nutrisi penting untuk kulit dan rambut. Selain meningkatkan sirkulasi darah, serai juga dapat membersihkan kulit, merawat tekstur berminyak dan juga bekerja untuk mengobati erupsi seperti jerawat dan eksim.

6. Meningkatkan metabolisme dan membakar lemak.

Teh serai merupakan salah satu pilihan yang bagus untuk rencana dietmu sebab dapat membantu meningkatkan metabolisme yang membuat pencernaan lebih cepat dan membakar lebih banyak kalori.

7. Meredakan nyeri haid.

Karena efeknya yang menenangkan, teh serai dianggap sangat baik untuk kesehatan perempuan karena dapat membantu mengurangi nyeri haid. Teh serai dikenal dapat menurunkan kadar gula darah. Maka dari itu penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsinya.

Untuk ibu hamil atau menyusui tidak disarankan mengonsumsi minuman ini untuk menghindari senyawa kimia tertentu yang terkandung di dalamnya. Kesehatan itu mahal obatnya, yang perlu kamu lakukan sekarang hanya menjaganya dan berusaha menghindari hal-hal yang bisa merusak kesehatan.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red