Zaman sekarang, begitu banyak profesi yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang hanya dengan internet. Salah satunya menjadi YouTuber. Tidak disangsikan pundi-pundi uang akan mengalir datang apabila bisa mendapatkan banyak pelanggan (subscriber). Sebab, jumlah subcriber secara otomatis membuat video-video yang dibuat ditonton banyak orang, sehingga banyak perusahaan yang tertarik untuk memasang iklan atau mengendorse agar produknya dapat diiklankan.

Para YouTuber ini harus memiliki ide yang unik untuk membuat channel mereka memikat banyak subscriber. Salah satuya membuat video-video di bidang tertentu yang menarik. Berikut beberapa tipe channel yang mungkin bisa dijadikan ide buat orang-orang yang baru mau memulai menjadi YouTuber.

1. Channel Gaming

Channel jenis ini mungkin menjadi yang paling banyak digemari oleh pengguna YouTube. Ini terbukti dari 10 channel paling banyak digemari di YouTube, beberapa di antaranya diisi oleh YouTuber yang berada di golongan ini. Beberapa YouTuber terkenal di golongan ini adalah pewdiepie, dantdm, vanossgaming, dll.


2. Channel Toys Review

Bagi yang mempunyai anak kecil yang masih lucu, boleh mencoba membuat channel semacam ini. Di mana video dapat diisi dengan kegiatan anak yang sedang bermain mainan, di taman bermain, atau sekadar bermain challenge-challenge yang sedang tren.


3. Channel Unboxing dan Review Gadget

Channel semacam ini juga digemari banyak orang. YouTuber membuat ulasan mengenai gadget-gadget yang sedang digemari. Modal yang dikeluarkan mungkin cukup besar dikarenakan pada awalnya kita harus membeli gadget-gadget tersebut. Tetapi bukan tidak mungkin bila subscriber kita sudah ramai, banyak produk yang justru memberi gadget mereka secara gratis untuk kita ulas.


4. Channel Tutorial

Channel jenis ini mengajarkan penonton untuk mengerjakan sesuatu mulai dari awal sampai dengan selesai. Contohnya seperti tutorial dandan (makeup), memasak, menggunakan software, membetulkan benda, cara bermain sulap, dan sebagainya.


5. Channel Vlogs

Channel ini diisi dengan video-video keseharian, mulai dari kegiatan di rumah, sekolah, parodi, atau sedang asyik nongkrong bareng teman-teman. Yang paling penting adalah buat video semenarik dan selucu mungkin sehingga orang-orang yang nonton tidak bosan.


6. Channel Pranks

Untuk kategori ini, YouTuber membuat video-video keisengan mereka terhadap keluarga, teman, atau orang lain. Biasanya mereka memasang jebakan betmen yang direkam melalui kamera tersembunyi.


7. Channel Berita dan Informasi

Channel ini berisi berita-berita terbaru yang sedang dibicarakan banyak orang. Bisa juga berisi gosip-gosip tentang artis atau public figure lainnya. Atau sekadar informasi tentang fenomena-fenomena yang terjadi di dunia.