×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Faktor ini bisa jadi penyebab puting payudara bengkak dan sakit

0

Kesehatan

7 Faktor ini bisa jadi penyebab puting payudara bengkak dan sakit

Puting terasa bengkak dan sakit belum tentu gejala kanker payudara. Masih ada hal lain yang menyebabkan kondisi seperti itu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erina Eshal

22 / 04 / 2019 15:05

Puting payudara terasa bengkak dan sakit paling sering dialami oleh wanita. Apakah itu selalu pertanda gejala kanker payudara? Belum tentu. Masih ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan puting payudara terasa sakit. Berikut beberapa hal yang membuat puting terasa bengkak dan sakit.

1. Gesekan pada bra.

https://lingshenyao.id/ https://lingshenyao.id/

Sumber: https://lingshenyao.id/

Memakai bra yang terlalu sempit atau kebesaran justru dapat menimbulkan gesekan antara bahan kain dengan kulit puting selama beraktivitas. Hal inilah yang menyebabkan iritasi dan membuat puting payudara terasa sakit. Bahkan, membuat kulit puting bisa menjadi kering dan pecah-pecah.

Loading...

Maka, pastikan jika kamu menggunakan bra dengan ukuran yang tepat dan memiliki bahan halus dan dapat menyerap keringat. Termasuk juga pada bra olahraga. Untuk mengurangi risiko gesekan saat berolahraga, kamu juga bisa menempelkan surgical tape atau selotip bedah.

 

2. Alergi atau dermatitis atopik.

7 Faktor ini bisa jadi penyebab puting payudara bengkak dan sakit

Sumber: https://lingshenyao.id/

Reaksi alergi kulit maupun gejala eksim atopik biasanya selalu ditandai dengan ruam kulit kemerahan, gatal-gatal, dan juga lecet iritasi. Jika hal berikut memengaruhi area payudara kamu, maka puting payudara juga bisa terasa ngilu/ sakit.

Ada juga beberapa produk perawatan tubuh yang dapat memicu reaksi iritasi pada puting payudara, contohnya seperti body lotion, deterjen, sabun mandi, pelembut pakaian, parfum, dan kain (misalnya wol).

Untuk pengobatan pada reaksi kulit seperti ini, biasanya menggunakan krim anti radang yang dijual bebas di apotek. Namun jika iritasinya semakin meluas dan juga ruamnya bermunculan semakin banyak setelah diberikan obat, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

 

3. Perubahan hormon.

7 Faktor ini bisa jadi penyebab puting payudara bengkak dan sakit

Sumber: https://lingshenyao.id/

Perubahan hormon pada saat PMS juga dapat menyebabkan puting payudara sakit dan terasa bengkak dalam beberapa hari sebelum menstruasi kamu mulai. Ini disebabkan oleh peningkatan kadar pada estrogen dan progesteron yang lebih dialirkan terpusat ke payudara.

Setelah haid pertama dimulai, biasanya keluhan ini akan mereda. Namun, jika beberapa hari hingga menstruasi selesai dan puting masih terasa sakit, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kamu.

 

4. Rangsangan seksual yang berlebihan.

Terkadang, rangsangan seksual yang dilakukan berlebihan pada area payudara juga bisa menyebabkan puting payudara sakit karena jadi terlalu sensitif. Ini biasanya hanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya. Sebaiknya kamu kurangi dahulu memfokuskan “permainan” pada area puting dan pindahkan  ke area lainnya.

Selain itu, untuk mencegah puting terasa nyeri dan bengkak kembali, gunakanlah pelembap yang cocok dan juga tidak menimbulkan iritasi pada kulit kamu.

 

5. Infeksi.

7 Faktor ini bisa jadi penyebab puting payudara bengkak dan sakit

Sumber: https://lingshenyao.id/

Luka yang terjadi pada puting akibat gesekan, menggaruk gatal alergi, bahkan iritasi puting akibat menyusui dapat berkembang menjadi infeksi bila terus dibiarkan. Selain menyebabkan puting payudara terasa sakit, infeksi juga dapat meningkatkan risiko terhadap infeksi jamur kulit candidiasis yang disebabkan Candida albicans.

Infeksi candidiasis dapat menimbulkan rasa sakit menyengat seperti terbakar, dan tidak akan hilang meskipun kamu sudah mengurangi gesekan. Gejala lainnya adalah warna puting akan berubah menjadi merah muda cerah dan areola berwarna kemerahan. Untuk mencegah kondisi infeksi ini semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kamu.

 

6. Hamil dan menyusui.

7 Faktor ini bisa jadi penyebab puting payudara bengkak dan sakit

Sumber: https://lingshenyao.id/

Puting payudara sakit juga bisa terjadi pada saat hamil dan menyusui karena dipengaruhi oleh perubahan hormon. Apalagi jika posisi bayi saat menyusu kurang tepat sehingga bayi terus-terusan mengigit puting bukannya mengisap. Menyusui bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi juga bisa menyebabkan hal yang sama.

 

7. Kanker payudara.

7 Faktor ini bisa jadi penyebab puting payudara bengkak dan sakit

Sumber: https://lingshenyao.id/

Beberapa kasus puting payudara sakit juga bisa disebabkan karena penyakit mamary paget. Mammary paget merupakan salah satu bentuk dari kanker payudara yang langka di mana sel-sel kanker semuanya berkumpul di sekitar puting payudara.

Biasanya kanker ini dapat memengaruhi saluran dalam puting, lalu menyebar ke permukaan puting, dan selanjutnya menyebar ke areola hingga menimbulkan lingkaran gelap di sekitar puting payudara. Seringnya, kanker ini akan menimbulkan rasa nyeri di salah satu puting tergantung  pada bagian payudara yang terkena.

Nah, itulah yang menjadi penyebab puting kamu terasa bengkak dan sakit. Jadi jika kamu mengalaminya, jangan langsung beranggapan bahwa itu kanker.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red