×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Tips mengatasi kendaraan mogok ketika banjir

0

N/A

6 Tips mengatasi kendaraan mogok ketika banjir

Ini cara mengatasi kendaraan mogok di tengah jalan akibat nekat menerobos banjir.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Bestlook21

06 / 01 / 2020 09:55

Musim hujan telah tiba, genangan air bahkan banjir akan menjadi tantangan bagi seluruh pengendara. Sebut saja banjir yang telah melanda wilayah Jabodetabek sejak tanggal 1 Januari 2020 lalu.

Banyak kendaraan mogok karena komponen mesin yang terendam air sehingga tidak bisa dinyalakan. Meskipun demikian, mungkin banyak dari kamu yang tetap bersikeras untuk menerobos daerah banjir karena dikejar waktu untuk urusan penting. Mau nggak mau, banjir yang sudah di atas 40 cm pun rela diterjang. Alhasil tidak bisa dipungkiri tiba-tiba kendaraan pun mogok di tengah jalan karena terendam air.

Lalu, bagaimana caranya untuk menghadapi situasi ini? Don’t panic, let’s scroll down!

1. Tetap tenang dan jangan panik.

6 Tips mengatasi kendaraan mogok ketika banjir

Loading...

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah kendalikan dirimu, tetap tenang dan jangan panik. Dengan bersikap tenang, kamu akan memiliki pikiran jernih sehingga bisa melihat permasalahan yang terjadi pada kendaraanmu, dan tentunya dapat mengambil keputusan yang tepat. Serta jangan lupa untuk meletakkan kendaraanmu seaman mungkin.  

2. Cek knalpot.

6 Tips mengatasi kendaraan mogok ketika banjir

Knalpot merupakan sarana pembuangan gas sehingga wajib terhindar dari air. Untuk itu, cek kendaraanmu apakah kemasukan air atau tidak. Jika knalpot motor kemasukkan air, kamu bisa standar tengah motormu, posisikan ujung knalpot lebih rendah dari pangkalnya sehingga air dapat turun, dan tunggu sampai kering lalu nyalakan. Namun jika knalpot mobilmu kemasukan air, jangan buru-buru menyalakannya, tunggu sampai kering dan atau hubungi bengkel terdekat. 

3. Cek kabel busi.

6 Tips mengatasi kendaraan mogok ketika banjir

Cek kabel businya. Dikhawatirkan kabel busi kemasukan air sehingga kendaraan tidak bisa menyala. Jika memang kabel busi dalam keadaan basah, lepaskan busi lalu tiup hingga kering. Setelah kering kamu bisa memasangkan lagi, maka kendaraanmu dapat kembali menyala.

4. Cek filter udara.

6 Tips mengatasi kendaraan mogok ketika banjir

Periksa filter udara kendaraan. Jika dalam keadaan basah ataupun banyak air di dalamnya maka nggak heran kendaraanmu akan mogok. Kalaupun bisa menyala, kinerja mesin tidak dapat bekerja secara maksimal.

5. Hindari menyalakan mesin saat kendaraan terendam air.

6 Tips mengatasi kendaraan mogok ketika banjir

Saat banjir yang kamu lewati cukup tinggi melebihi batas maksimal kemampuan kendaraanmu, maka dapat berpeluang ECU (Electronic Control Unit) kendaraan akan terendam air. Pada saat ini kemungkinan bisa menyebabkan korsleting listrik pada mesin yang dapat berimplikasi pada kerusakan komponen mesin yang lain. Jika kendaraanmu dalam kondisi demikian jangan terburu-buru menyalakan mesin. Sebaiknya bawa kendaraan ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Jangan buru-buru menyalakan mesin, tunggu suhu optimal.

6 Tips mengatasi kendaraan mogok ketika banjir

Jika tahapan di atas sudah kamu periksa dengan baik dan pada akhirnya mesin kendaraan sudah bisa menyala, jangan terburu-buru berkendara. Sebaiknya tunggu beberapa menit untuk memastikan mesin berada pada suhu optimal dan siap dikendarai. Untuk memastikan waktu yang tepat dalam mengendarainya, coba kamu cek apakah putaran mesin dalam keadaan stabil atau tidak naik turun. Jika dalam kondisi demikian bisa dipastikan mesin kendaraanmu berada dalam suhu optimal, jadi kamu bisa mengendarainya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red