Bicara film yang bertema romansa. Tentu kita semua mengenal film berjudul (500) Days of Summer. Film yang membuat dunia terbagi menjadi dua kubu. Kubu Summer vs kubu Tom. (500) Days of Summer sendiri bercerita tentang hubungan antara Tom Hansen dan Summer.

Singkat cerita keduanya saling jatuh cinta. Hingga sampai pada inti cerita yang selalu dikenang oleh banyak orang. Summer meninggalkan Tom saat Tom lagi sayang-sayangnya dengan Summer. Perbedaan pandangan menyoal cinta antara Tom dan Hansen inilah yang menjadi bumbu sangat sedap di film (500) Days of Summer.

Tentu kurang afdol jika kita tidak mengambil pelajaran soal cinta dari film ini. Simak pelajaran apa saja yang bisa kita ambil di bawah ini.

1. Jangan pernah dibutakan oleh cinta.

6 Pelajaran cinta yang bisa didapat dari film (500) Days of Summer

Lihatlah Tom Hansen saat ditinggal kabur oleh Summer. Ia seolah kehilangan segalanya. Semangatnya hingga rasa cintanya. Cinta sepihak yang telah membutakan Tom membuatnya hancur tidak hanya hatinya, tapi juga cintanya. Adegan pecah-pecah piring oleh Tom di dalam film menjadi sedikit gambaran tentang betapa cinta buta itu berbahaya.

Maka dari itu ketika sedang mencintai seseorang. Jangan tinggalkan akal rasionalmu. Karena nyatanya mencintai sewajarnya adalah solusi menghindari bahaya cinta buta, apalagi yang sepihak seperti Tom ini.

2. Jangan pernah mencintai dengan egois.

6 Pelajaran cinta yang bisa didapat dari film (500) Days of Summer

Perasaan egois terkait cinta ini menjadi sebuah tanda tanya dalam film (500) Days of Summer. Ada mereka yang berkata Tom lah yang egois terhadap Summer karena Tom tidak pernah mau mengerti perasaan Summer.

Di pihak lain Summer lah yang dianggap egois karena seolah-olah ia sedang mempermainkan perasaan seorang Tom. Terlepas dari itu tentu satu yang terpenting. Jangan pernah jadi pihak yang egois dalam suatu hubungan percintaan. Munculkan rasa saling pengertian satu sama lain. Jangan menjadi Tom Hansen yang katanya egois dan maunya menang sendiri terus.

3. Cinta yang berawal dari berbagai kesamaan nyatanya tidak menjadi jaminan langgengnya hubungan.

6 Pelajaran cinta yang bisa didapat dari film (500) Days of Summer

Lewat Tom Hansen kita harus belajar bahwa kesamaan pun tidak ada gunanya. Band The Smith yang awalnya menjadi pembuka hubungan Tom dan Summer ternyata menjadi angin lalu bagi Summer pada hari ke-300 ke atas.

Kesamaan bukan garansi langgengnya hubungan percintaan. Maka dari itu ingat, jangan berpikir bahwa banyaknya kesamaan dirimu dengannya mulai dari karakter, musik favorit atau hobi bisa menjamin langgengnya hubunganmu. Cinta kadang berubah menjadi sebuah kejutan yang manis atau bisa juga pahit. Dan Tom Hansen sepertinya mendapatkan yang pahit.

4. Cinta perlu kejelasan, jangan ragu soal kelanjutan hubunganmu.

6 Pelajaran cinta yang bisa didapat dari film (500) Days of Summer

Dalam film (500) Days of Summernampak bahwa bagaimana Summer pada akhirnya tidak memilih Tom karena Summer tidak yakin dengan Tom. Ini menyoal kejelasan dan kedewasaan terkait akan dibawa ke mana suatu hubungan.

Dan Summer tidak mendapatkan kejelasan itu dari diri Tom. Pelajaran yang bisa kita ambil adalah segera berikan kejelasan terkait hubunganmu dengan orang yang kamu cintai. Jangan membuatnya ragu terhadapmu.

5. Jangan tenggelam bersama kenangan indah. Lupakan dan relakan jika dia tidak mencintaimu.

6 Pelajaran cinta yang bisa didapat dari film (500) Days of Summer

Tom sungguh membuat hati ini turut sakit. Membayangkan betapa hancurnya hati seorang Tom ketika rasa sayangnya dan berbagai kenangan indahnya bersama Summer hanyalah sesuatu yang nyatanya masih belum bisa membuat hati Summer yakin terhadap Tom.

Penting untuk menyadari bahwa ketika dia tidak mencintaimu dan kamu sudah berusaha untuk membuatnya cinta kepadamu, lupakan dan relakan saja. Mengingat semua kenangan indah bersama orang yang tidak mencintaimu hanya akan membunuhmu perlahan. Jangan terjebak dengan kenangan indah melulu.

Ingat, orang yang kamu cintai tapi tidak mencintaimu juga manusia, punya berbagai hal buruk dalam dirinya.

6. Pada akhirnya cinta akan menemukan pelabuhannya lewat hal yang tak diduga.

6 Pelajaran cinta yang bisa didapat dari film (500) Days of Summer

(500) Days of Summer akhirnya ditutup dengan sebuah penyelesaian yang melegakan. Tom pada akhirnya sudah merelakan Summer bahagia dengan orang lain. Tom juga akhirnya belajar tentang arti cinta yang sebenarnya lewat drama cintanya bersama Summer. Hingga ia bertemu Autumn lewat momen yang tak pernah diduga.

Cinta memang seperti itu adanya, akan berlabuh di tempatnya dengan cara dan momen yang sering kali luput dari dugaan. Intinya bersabar dan ikhlas adalah kuncinya.

Cinta memang punya garis takdirnya sendiri. Jatuh cinta pada akhirnya menjadi sebuah perjalanan menuju kedewasaan.