Pada umumnya para wanita tidak sadar akan kebiasaan buruk yang dapat memicu kanker serviks. Padahal kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan bagi wanita, bahkan berdasarkan data BPS, kanker serviks menempati peringkat pertama sebagai 'pembunuh' wanita nomer wahid di Indonesia.

Meskipun kanker ini disebabkan virus, namun ternyata kebiasaan atau pola hidup kamu juga dapat memicunya, loh! Nah, dikutip dari carawanita, berikut ini ada 6 kebiasaan buruk pemicu kanker serviks. Catet ya!

1.Menggunakan air kotor ketika membersihkan Miss V

Waspadai 6 kebiasaan buruk yang tak disadari bisa picu kanker serviks

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat memicu kanker serviks adalah menggunakan air kotor pada saat kamu membersihkan Miss V. Misalnya saja sehabis kamu buang air kecil, kamu menggunakan air yang kotor untuk membasuh area Miss V kamu. Air kotor mengandung banyak kuman dan bakteri. Apabila kamu menggunakan air tersebut maka kuman dan bakteri akan bersarang di Miss V kamu dan akan mendatangkan penyakit. Oleh sebab itu ketika kamu ingin membasuh area Miss V kamu, pastikan air yang akan kamu gunakan adalah air bersih.

2.Mengkonsumsi makanan berbahan kimia

Waspadai 6 kebiasaan buruk yang tak disadari bisa picu kanker serviks

Kebiasaan buruk lainnya yang dapat memicu kanker serviks adalah mengkonsumsi makanan berbahan kimia. Makanan yang mengandung pemanis buatan, perasa buatan atau MSG, perwarna buatan, dan pengawet tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Jika kamu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan kimia, maka hal tersebut akan memicu pertumbuhan sel kanker, seperti kanker serviks. Oleh sebab itu makanlah makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung nutrisi dan vitamin untuk tubuh kamu. Selain itu kamu juga dapat mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan organik.

3. Diet yang salah

Waspadai 6 kebiasaan buruk yang tak disadari bisa picu kanker serviks

Diet yang salah juga merupakan pemicu kanker serviks, loh! Memang diet merupakan hal yang wajar dan sah-sah saja untuk dilakukan. Namun jika kamu sedang menjalankan program diet, pastikan kamu melakukan diet dengan benar. Diet bukan berarti tidak makan. Misalnya saja kamu tidak makan seharian demi menjadi kurus. Tentunya hal tersebut merupakan diet yang sangat salah. Diet yang benar adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk tubuh. Jika kamu melakukan diet yang salah maka akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan serta menurunkan kondisi kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh kamu terganggu maka kamu akan mudah terkena virus serviks.

4. Merokok

Waspadai 6 kebiasaan buruk yang tak disadari bisa picu kanker serviks

Bagi kamu yang suka merokok, sebaiknya mulai saat ini kamu berhenti merokok. Merokok ternyata dapat memicu kanker serviks. Rokok mengandung zat-zat yang sangat berbahaya untuk tubuh seperti nikotin, tar, arsenik, benzene, ammonia, dan lain sebagainya. Ketika merokok, setiap hisapan akan menghasilkan banyak sel dan jaringan dalam tubuh rusak. Kerusakan pada sel atau jaringan tubuh tersebut juga dapat terjadi di rahim kamu. Oleh sebab itu, stop merokok agar tubuh kamu menjadi lebih sehat.

5. Berganti-ganti pasangan

Waspadai 6 kebiasaan buruk yang tak disadari bisa picu kanker serviks

Berganti-ganti pasangan dalam hubungan intim juga sangat tidak baik bagi kesehatan. Orang yang memiliki kebiasaan buruk berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan intim memiliki peluang besar untuk terkena penyakit menular seksual. Hal ini disebabkan karena penularan virus sangat mudah melalui alat kelamin. Jika kamu sudah terkena virus dan terjangkit penyakit kelamin, maka selanjutnya kamu akan lebih mudah untuk terkena virus serviks.

6.Tidak menjaga kebersihan Miss V pada saat haid

Waspadai 6 kebiasaan buruk yang tak disadari bisa picu kanker serviks

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan pada saat haid yaitu ketika kamu menggunakan pembalut dalam waktu yang lama bahkan sampai seharian pada saat haid. Hal tersebut tentunya akan memicu kuman dan virus. Jadi ketika kamu haid, usahakanlah untuk mengganti pembalut minimal 4 jam sekali. Dengan begitu kebersihan Miss V-mu pun akan terjaga.

Begitulah 6 kebiasaan buruk yang dapat memicu kanker serviks. Jagalah pola hidup dan jangan sungkan untuk check-up ke dokter secara rutin ya!

Source
http://cara-wanita.com/