×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Jenis makanan olahan ini berbahan dasar beras, ada favoritmu?

0

N/A

6 Jenis makanan olahan ini berbahan dasar beras, ada favoritmu?

Gambar oleh Fadhil Asqar dari Pixabay

Bahan makanan pokok yang dikonsumsi sebagian besar rakyat Indonesia ini punya cara pengolahan & nama yang beragam.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

mkhoirula6

30 / 04 / 2019 11:37

Indonesia memang sebuah negara besar yang terdiri dari banyak pulau. Suku yang ada di Indonesia juga banyak, hal ini ikut menjadikan negeri kita kaya akan masakan tradisional yang khas dan merupakan warisan dari para leluhur.

Beras sebagai bahan makanan pokok yang dikonsumsi sebagian besar rakyat Indonesia juga memiliki cara pengolahan yang bermacam-macam dan membuat nama yang berbeda ketika telah matang dan siap untuk dimakan.

Di bawah ini terdapat beberapa nama makanan olahan berasal dari beras yang ada di Indonesia.

1. Nasi.

Nasi adalah hasil dari olahan beras yang biasa kita konsumsi. Nasi biasa memiliki bentuk yang masih terlihat seperti beras, hanya saja lebih besar karena mengembang setelah dimasak.

Loading...

2. Nasi Liwet.

Nasi liwet merupakan nasi yang dalam proses memasaknya menggunakan banyak air sehingga membuat nasi menjadi lebih lembek dari nasi biasa. Cara mengolahnya tidak seperti memasak nasi secara tradisional yang biasanya dikukus. Untuk nasi liwet cara memasaknya adalah dengan langsung memasak nasi dengan bencampur air atau digodok. Ini seperti cara memasak nasi modern yang menggunakan magic com.

3. Nasi Intip.

Nasi intip adalah nasi yang sengaja dibuat sedikit gosong ketika memasaknya. Aroma nasi yang sedikit gosong yang khas membuatnya unik dan kadang kala membuat orang menyukai hal ini.

4. Bubur.

Bubur juga menjadi salah satu jenis olahan makanan yang bisa dibuat dari beras. Bubur beras dimasak seperti nasi liwet, akan tetapi lebih banyak air sehingga nanti akan jadi makanan dengan tekstur yang lembut dan lengket.

5. Lontong.

Lontong merupakan salah satu kreasi olahan beras. Beras dimasukkan ke dalam tabung yang terbuat dari daun pisang dengan kedua sisi yang tertutup dengan diberi pengunci lidi. Lontong memiliki tekstur layaknya bubur, akan tetapi sedikit lebih keras apabila dibandingkan dengan bubur beras.

6. Ketupat.

Ketupat seperti lontong, namun daun yang digunakan untuk membungkus adalah daun kelapa muda, yang dalam bahasa Jawa disebut janur. Janur ini dianyam membentuk sebuah wadah kemudian dimasukkan beras ke dalamnya.

Demikian beberapa makanan olahan yang bisa dibuat dari bahan beras. Selain enam jenis di atas, mungkin ada juga yang tidak diketahui penulis. Kurang-lebihnya mohon maaf dan terima kasih.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red