Dalam berinteraksi di dunia maya, khususnya Facebook, terkadang ada gesekan-gesekan di antara teman. Entah status kita yang tanpa sengaja menyinggung mereka, tindakan kita yang tak menyenangkan mereka, atau bahkan memang secara sadar kita bertengkar dengan mereka.

Gesekan-gesakan itulah yang membuat teman-teman kita jengkel dan tak suka dengan kita. Saking jengkelnya, mereka terkadang sampai memblokir kita. Dengan pemblokiran itu, kita tak bisa lagi berinteraksi dengan teman-teman.

Lantas bagaimana kita bisa tahu kalau teman Facebook kita telah memblokir kita? Berikut ini 6 cara untuk mengetahui apakah Facebook kita telah diblokir oleh teman.

1. Melalui hasil penelusuran

6 Cara untuk mengetahui apakah Facebook kita telah diblokir oleh teman

Jika seorang teman Facebook memblokir kamu, bukan hanya pertemananmu yang terputus, tetapi namanya juga tidak akan muncul di hasil pencarianmu. Coba ketikkan nama akun Facebook temanmu itu di kolom pencarian di bagian atas halaman Facebook. Jika kamu tidak menemukan nama itu, kemungkinan kamu telah diblokir.

2. Melalui hasil penelusuran dengan akun yang lain

Langkah ini bertujuan untuk memastikan langkah yang pertama di atas. Jika kamu punya akun Facebook yang lain selain akun yang biasa kamu gunakan, maka pakailah untuk menelusuri. Atau jika tidak punya akun lain, kamu bisa meminta tolong temanmu yang juga mempunyai akun Facebook.

Ketikkan nama temanmu yang kamu curigai telah memblokirmu di kotak pencarian (seperti langkah pertama). Jika nama yang kamu cari muncul, padahal kamu telah mencarinya dengan akunmu sendiri dan tidak muncul, berarti kamu telah diblokir. Tetapi jika nama yang kamu cari tidak muncul, kamu bisa bernafas lega, kemungkinan kamu tidak diblokir. Barangkali dia menonaktifkan akunnya, atau mungkin akunnya dihentikan oleh pihak Facebook.

3. Melalui daftar teman yang sama

Teman yang sama (mutual friends) merupakan indikator yang bagus untuk mengetahui apakah kamu telah diblokir oleh temanmu atau tidak. Bukalah profil seseorang yang menjadi teman yang sama dengan orang yang kamu curigai telah memblokirmu.

6 Cara untuk mengetahui apakah Facebook kita telah diblokir oleh teman

Klik tab Teman di halaman profil mereka, lalu pilih Semua Teman. Setelah itu, ketikkan nama teman yang kamu curigai telah memblokir kamu di tab Cari Teman Anda. Jika profil orang yang kamu cari muncul, berarti kamu tidak diblokir. Sebaliknya, jika nama itu tidak muncul, kemungkin kamu telah diblokir.

Meski demikian tak bisa langsung disimpulkan bahwa dia telah memblokirmu. Sebab bisa jadi dia menonaktifkan akunnya, atau mungkin akunnya dihentikan oleh pihak Facebook.

4. Melalui pesan inbox

Langkah ini bisa dilakukan jika teman yang kamu anggap telah memblokir kamu pernah mengirimi kamu pesan inbox. Buka saja pesan inbox itu. Jika nama akun dan gambar profilnya bisa diakses, berarti kamu tidak diblokir. Tetapi jika nama akun dan gambar profilnya tidak bisa diakses, bisa jadi kamu telah diblokir.

Meski demikian tak bisa langsung disimpulkan bahwa dia telah memblokirmu. Sebab bisa jadi dia menonaktifkan akunnya, atau mungkin akunnya dihentikan oleh pihak Facebook.

5. Melalui cara lain

Kamu bisa menanyakan kepada teman yang sama (mutual friends) dengan orang yang kamu anggap telah memblokirmu. Tanyakan apakah teman yang kamu maksud itu baru-baru ini aktif di Facebook atau tidak. Jika dia menjawab aktif padahal kamu tak bisa melihat aktivitasnya, berarti kamu memang diblokir.

6. Cara terakhir

Tibalah saatnya mengeluarkan cara terakhir sebagai jurus pamungkas. Jika dalam dunia nyata kamu bergaul dengan teman kamu itu, sebaiknya tanyakan secara baik-baik kepadanya, bisa secara langsung maupun lewat media lain, apakah kamu memang telah diblokirnya.

Nah itulah 6 cara untuk mengetahui apakah Facebook kita telah diblokir oleh teman atau tidak. Sekarang kamu jadi tahu kan? [*]

CATATAN: gambar konten dan thumbnail dikutip dari situs pencarian Google.