×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Cara efektif belajar dari rumah selama masa karantina

0

Serius

6 Cara efektif belajar dari rumah selama masa karantina

Diperlukan berbagai tips yang ditujukan kepada siswa agar lebih semangat belajar dan tidak mudah bosan atau lelah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dwi Latif Hidayatulloh

02 / 06 / 2020 11:50

Selama masa sekolah ataupun kuliah online tentu banyak kegiatan yang dilaksanakan hanya di rumah saja karena larangan untuk datang ke kampus maupun sekolah. Kegiatan belajar di rumah tentunya sangat berbeda dengan saat di sekolah atau kampus. Ketika belajar di sekolah kita senantiasa mendapatkan fasilitas dari bapak/ibu guru dengan dibimbing dan diarahkan, sementara ketika di rumah dituntut untuk belajar mandiri. Hal ini tentu tidak biasa, apalagi bagi siswa yang tidak terbiasa belajar sendiri di rumah. Maka diperlukan suatu teknik atau model pembelajaran lain yang mendukung agar siswa lebih aktif belajar di rumah.

Penggunaan media online seperti berbagai aplikasi contohnya Zoom, Google Meet, WhatsApp, Google Classroom dan aplikasi lainnya sangat diperlukan. Aplikasi itu sangat membantu bapak/ibu guru untuk memberikan materi pembelajaran kepada siswanya. Akan tetapi masih banyak siswa yang masih kesulitan untuk mengakses media online tersebut sehingga diperlukan berbagai arahan, latihan, serta bimbingan dalam proses pembelajaran agar lebih efektif dan efisien.

Jadwal pelajaran yang berubah menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini membuat minat belajar siswa berkurang. Maka dari itu diperlukan berbagai tips yang ditujukan kepada siswa lebih semangat belajar dan tidak mudah bosan atau lelah. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Siswa diminta untuk belajar menggunakan berbagai aplikasi pendukung dalam belajar online.

Tujuannya agar siswa tidak ketinggalan materi dan mampu mencapai kompetensi, keterampilan, dan pengetahuan yang dicapai dengan maksimal. Pembelajaran berbasis online tentunya memerlukan akses data ataupun paketan sehingga orang tua siswa harus menyadari bahwa anaknya membutuhkan paketan atau wifi guna lancarnya proses belajar online. Peran guru di sini adalah memberikan edukasi, sosialisasi kepada orang tua ataupun murid bahwa pembelajaran online memerlukan akses internet. Agar lancar mengakses internet maka orang tua perlu memberikan kartu paket data yang sinyalnya bagus dan stabil.

Loading...

2. Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari.

Dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari maka manajemen waktu akan bagus dan efektif. Siswa akan cenderung dapat mengatur kegiatan baik belajar maupun bermain sesuai dengan porsinya. Ketika waktunya belajar maka siswa akan belajar sendiri tanpa perlu diminta oleh orang tuanya. Selain itu siswa akan lebih bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas dan menghargai waktu.

3. Mendengarkan musik sambil belajar.

Belajar sambil mendengarkan musik dapat dilakukan agar tidak mudah bosan, hal itu terjadi karena tubuh akan menjadi rileks dan tenang ketika mendengarkan musik. Musik yang dipilih tentunya musik yang bergenre ataupun berirama slow. Dengan mendengar musik maka belajar akan lebih menyenangkan dan asyik. Media musik dapat menjadi teman ketika belajar karena saat belajar sambil mendengarkan musik maka materi yang dipelajari juga akan lebih masuk, apalagi untuk anak yang cenderung memiliki gaya belajar audio.

4. Belajar dengan serius.

Kesalahan yang sering dilakukan siswa sebagaimana dilansir dari Psychology Today adalah tidak fokus ketika melakukan remote learning. Selama melakukan pembelajaran di internet terdapat banyak sekali distraksi yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, hingga membaca-baca konten berita secara impulsif sering kali dilakukan tanpa rencana sebelumnya. Oleh sebab itu, penting bagi siswa untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan. Hindari segala macam distraksi yang berpotensi mengganggu proses belajar. Jika memungkinkan, tetapkan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga lain.

5. Bertanya kepada teman.

Sering kali kita butuh diskusi dengan teman apabila ada materi tugas yang kurang dimengerti dan biasanya membutuhkan tatap muka. Tapi karena sekarang tidak boleh bertemu tatap muka karena dianjurkan untuk melakukan social distancing dan susah pergi ke mana-mana, siswa dapat melakukan diskusi bersama teman-teman dengan berbagai aplikasi yang mendukung seperti ZOOM, Google Meet, Grup Whatsapp atau video call dengan teman. Dengan berbagai aplikasi yang mendukung belajar online maka akan semakin mudah dan lebih praktis. Siswa pun dapat berdiskusi dan saling berbagi materi ataupun bahan pelajaran kepada teman satu kelompoknya.

6. Manfaatkan waktu luang untuk membaca buku.

Ketika di rumah saja dan mengurangi kegiatan di luar rumah tentunya waktu akan terasa sangat longgar. Maka dari itu perlu dimanfaatkan untuk kegiatan yang bersifat positif misalnya dapat membaca buku ataupun melakukan kegiatan lainnya. Dengan membaca buku tentunya akan menambah berbagai pengetahuan dan wawasan baru sehingga akan bertambah lagi ilmunya.

Selain itu, dengan membaca maka dapat menjadi hiburan dari kejenuhan ketika setiap hari hanya di rumah saja. Membaca buku yang disukai juga dapat menambah semangat dan motivasi diri yang positif, semangat untuk terus belajar dalam hidup, dan merupakan salah satu cara untuk 'melihat' dunia.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red