Ketika kamu sudah memasuki usia matang, sudah lulus kuliah, dan memiliki pekerjaan yang mapan, menurut orang lain, apalagi yang kamu tunggu selain menikah. Tapi sayangnya, menikah bukan cuma masalah hati, tapi juga komitmen hidup bersama selamanya. Jadi wajar kalau kamu harus menemukan orang yang tepat untuk kamu jadikan pendamping seumur hidup.

Awalnya memang cukup dengan senyuman dan sambil lalu aja ketika ada orang yang menanyakan pertanyaan keramat itu ke kamu. Namun sayang, kamu nggak bisa terus-terusan menghindar, apalagi yang bertanya nggak cuma satu orang, tapi hampir semua orang yang bertemu denganmu. Tenang dulu, kali ini ada beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan ketika ada yang bertanya kapan nikah di situasi apapun. Nggak perlu menghindar lagi deh!

1. Bertanya balik.

Ini 6 cara cool hadapi pertanyaan 'kapan nikah?'

Ketika ada yang tanya sama kamu kapan nikah? kamu bisa bertanya balik ke mereka. Agar obrolannya nggak berkutat di pertanyaan tentang jodoh, kamu bisa bertanya kabar mereka, atau bertanya kabar tentang saudara lain yang kamu kenal. Bisa juga membahas topik lain yang bikin suasana lebih cair.

2. Jawab dengan cuek "pas hari libur", biar semua bisa kondangan.

Ini 6 cara cool hadapi pertanyaan 'kapan nikah?'

Kadang orang yang bertanya kapan nikah? nggak tahu kalau pertanyaan itu ngelakuinnya nggak semudah yang diucapkan. Biar nggak terus-terusan makan hati, kamu bisa kasih jawaban yang nggak terlalu serius tapi bikin orang lain tersenyum dan nggak akan tanya-tanya lagi ke kamu. Jawab aja dengan cuek pas hari libur, biar semua bisa kondangan. Kenyataannya, kebanyakan orang menggelar pesta pernikahan emang pas hari libur kan, biar semua bisa datang?

3. Doakan secepatnya ya.

Ini 6 cara cool hadapi pertanyaan 'kapan nikah?'

Jawaban ini paling umum, aman dan sederhana, tapi punya manfaat lebih. Selain bikin mereka nggak akan mengulang pertanyaannya lagi, semakin banyak yang mendoakan tentu semakin baik. Jadi jawab aja dengan Doain aja ya, biar cepat menyusul kalian. Tapi kamu jangan lupa berdoa untuk diri sendiri, kalau memang belum ada calon mantu buat ayah ibu.

4. Jawablah dengan bijak, jodoh di tangan Tuhan.

Ini 6 cara cool hadapi pertanyaan 'kapan nikah?'

Sebenarnya, orang yang bertanya sudah tahu kalau kamu memang belum punya calon pendamping. Mungkin pertanyaan mereka itu ingin mendorongmu agar lebih berusahan mencari pasangan hidup. Tapi jodoh, maut dan rejeki memang rahasia Tuhan. Jadi sah-sah aja kalau kamu menjawab jodoh ditangan Tuhan, nanti akan ada waktunya.

5. Ketika ditanya kapan nikah? di depan gebetan, jawab aja kamu siapnya kapan?.

Ini 6 cara cool hadapi pertanyaan 'kapan nikah?'

Kalau kamu sudah punya gebetan atau pacar yang sudah akrab dengan keluarga, nggak menutup kemungkinan pertanyaan kapan nikah? diajukan saat kamu lagi bersamanya. Jawab aja, kamu siapnya kapan? Kalau pasanganmu sudah cukup dewasa, tinggal berharap aja dia benar-benar bisa jadi pasangan yang kamu harapkan nanti.

6. Biaya nikah juga nggak murah, kamu juga bisa jawab, masih ngumpulin modal.

Ini 6 cara cool hadapi pertanyaan 'kapan nikah?'

Udah jadi rahasia umum kalau menikah itu biayanya nggak sedikit. Bahkan mereka yang belum menikah pun tahu itu. Ke KUA aja butuh biaya, apalagi yang mau menggelar pesta pernikahan. Jadi kamu bisa menjawab dengan santai, masih ngumpulin modal nih. Mungkin ketika modalmu sudah cukup, jodoh yang digariskan Tuhan juga dipertemukan denganmu.

Intinya sih biarkan orang lain berkata apa, karena kamu yang menjalani hidup dan semua keputusan ada di tanganmu.