×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tren teknologi canggih yang bakal booming di masa mendatang

0

Gadget

5 Tren teknologi canggih yang bakal booming di masa mendatang

Perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih, kemungkinan dapat menggantikan peran manusia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Zidni Ilman Akmaluddin

15 / 03 / 2021 16:05

Di era perkembangan informasi dan layanan digital yang tumbuh dan meluas semakin cepat, maka kebutuhan akan perkembangan teknologi yang semakin canggih pun harus mengikuti agar dapat menunjang keberhasilan dalam perkembangan dan pertumbuhan tersebut. Informasi dan layanan digital telah menggeser dan menggantikan kedudukan informasi dan layanan konvensional yang satu dekade sebelumnya cukup eksis di masyarakat.

Saat ini, segala jenis hal sudah terhubung dengan internet, memudahkan setiap orang yang ingin melakukan aktivitasnya dalam hal apa pun. Mulai dari belanja makanan, pakaian, kebutuhan sehari-hari, peralatan rumah tangga, bahkan beli rumah atau mobil sekalipun dapat dilakukan hanya dengan menekan tombol "beli" di internet.

Pentingnya teknologi canggih untuk mengikuti perkembangan yang ada, menjadikannya sebagai salah satu hal yang harus diperhatikan karena akan memberikan dampak besar di masa mendatang.

Berikut adalah lima tren teknologi canggih yang akan booming di masa mendatang. 

1. Artificial Intelligence. 

Loading...

Unsplash.com

Artificial Intelligence atau kerap disingkat AI, adalah bentuk kecerdasan buatan manusia yang dibuat dan diterapkan dalam perangkat mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan manusia. Singkatnya, di masa yang akan datang, AI atau kecerdasan buatan ini akan berperan besar dalam membantu manusia melakukan pekerjaannya, dan bahkan, rumornya dapat menggantikan pekerjaan manusia itu sepenuhnya.

Tren teknologi yang satu ini sudah cukup banyak dibicarakan dari tahun-tahun sebelumnya. Rencananya, AI ini dibuat untuk menggantikan peran manusia dalam mengoperasikan jenis pekerjaan tertentu.

2. RPA (Robotic Process Automation). 

Unsplash.com

Robotic Process Automation atau yang dalam bahasa Indonesia disebut otomatisasi proses robotik adalah teknologi untuk melakukan otomatisasi suatu pekerjaan tertentu. RPA digunakan untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan secara terus-menerus dan sederhana oleh manusia, seperti misalnya membalas e-mail dan memproses transaksi-transaksi yang berjalan.

Tren teknologi RPA dikabarkan akan menjadi salah satu tren teknologi yang cukup besar di masa yang akan datang. Semakin tingginya peningkatan operasional pekerjaan tertentu, maka bantuan dari otomatisasi proses robotik akan semakin diminati karena mempermudah pekerjaan tersebut.

3. Internet of Things (IoT). 

Unsplash.com

Tren teknologi Internet of Things adalah salah satu teknologi dengan tren yang akan semakin besar dan berkembang di masa depan nanti. Untuk memperjelas pembahasan ini, dapat dikatakan jika tren teknologi ini adalah menghubungkan segala sesuatu hal yang ada dengan internet. Ini berarti hal-hal tersebut nantinya akan tersambung dengan internet, seperti kulkas, TV, mobil, rumah, kamar mandi, dan bahkan dapur sekalipun.

4. 5G.

Unsplash.com

Kecepatan jaringan yang meningkat dari 4G menjadi 5G adalah salah satu tren teknologi yang akan, atau bahkan sudah digalakkan pada tahun 2021 ini untuk mempercepat kemudahan dan kelancaran dalam melakukan streaming data dengan sangat cepat.

Dengan peningkatan kecepatan streaming data yang sangat cepat ini, akan mengubah wajah penggunaan teknologi di masa yang akan datang dengan drastis, seperti menonton dan mengunduh film atau drama, melakukan konferensi video virtual, dan layanan streaming game yang mengandalkan internet, pastinya akan semakin lancar tanpa ada lag sedikit pun.

5. Cyber Security. 

Pexels.com

Cyber security atau keamanan siber dalam bahasa Indonesia akan menjadi primadona besar dalam tren teknologi di masa yang akan datang. Internet dan dunia digital adalah tempat yang rawan sekali dengan kejahatan pencurian data pribadi dan penipuan.

Dengan memperkuat keamanan dalam dunia internet atau digital, sudah dipastikan keamanan data kita mulai dari password email hingga pin ATM dapat disimpan dengan baik sehingga terhindar dari penyalahgunaan yang kemungkinan akan terjadi sehingga merugikan kita.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red