×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips untuk meningkatkan kemampuan menulis kamu

0

N/A

5 Tips untuk meningkatkan kemampuan menulis kamu

Menulis bisa jadi kegiatan yang gampang-gampang susah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Zidni Ilman Akmaluddin

14 / 03 / 2021 10:09

Tulis-menulis merupakan salah satu kegiatan yang mungkin gampang-gampang susah untuk setiap orang. Tergantung dari bagaimana kebiasaan setiap orang tersebut, apakah ia terbiasa menulis atau tidak serta dapat menentukan bagaimana hasil tulisan yang dibuatnya.

Terkadang hasil tulisan yang kurang baik adalah akibat kurangnya pengalaman atau kebiasaan seseorang dalam melakukan kegiatan ini. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah lima tips untuk meningkatkan kemampuan menulis kamu agar dapat menulis secara efektif, walaupun dengan pengalaman dan kebiasaan yang kurang sekalipun.

1. Buatlah jurnal. 

Unsplash.com

Mulai dari hal kecil, seperti menulis kegiatan atau aktivitas sehari-hari, menulis curhatan, menuangkan ide atau gagasan, atau bahkan menulis rencana kegiatan atau aktivitas pada esok harinya.

Loading...

Mulai dari hal kecil, maka lama-lama akan menjadi besar dan kamu akan menjadi terbiasa dengan kegiatan tulis-menulis ini. Tentunya kemampuan menulismu akan meningkat dengan baik seiring berjalannya waktu ya.

2. Perbanyak membaca buku. 

Unsplash.com

Dengan membaca buku, maka akan menambah kosakata baru dalam otakmu. Hal ini tentunya dapat membuat kamu lebih mampu untuk menentukan dengan sendirinya, kata-kata mana yang cocok atau pas dengan kalimat yang akan dibuat agar dapat menghasilkan sebuah tulisan yang berkualitas.

3. Menulis setiap hari. 

Unsplash.com

Menulislah mulai dari 1 kalimat, 2 kalimat, atau bahkan 3 paragraf setiap hari dan lakukan secara terus-menerus. Niscaya kemampuan menulismu akan meningkat dengan pesat seiring berjalannya waktu. Cobalah menulis artikel untuk suatu blog atau kamu juga bisa mulai menulis novelmu sendiri.

4. Memperdalam topik penulisan yang kamu minati. 

Unsplash.com

Mengetahui topik atau pembahasan apa yang akan kamu tulis dapat membantu menghasilkan tulisan yang baik dan terukur ke depannya. Selain terlebih dahulu mencari isi dari tulisan yang akan kamu buat, kamu juga akan lebih memahami seluk-beluk dari topik tulisan yang kamu buat. Hal ini tentunya sangat membantu dalam menentukan hasil akhir tulisan yang ingin kamu capai dengan kualitas tinggi.

5. Contoh gaya penulisan penulis terkenal. 

Unsplash.com

Pada awalnya mungkin kamu akan sering meniru gaya penulisan para penulis terkenal dalam membuat tulisan pertamamu. Tidak ada salahnya meniru saat pertama kali memulai perjalanan menulismu hingga ke depannya.

Apabila pengalaman menulismu sudah cukup lama dan merasa sudah mampu menerapkan gaya penulisanmu sendiri, maka terapkanlah dan tunjukkan pada dunia bahwa kamu mampu menjadi bagian dari para penulis yang hebat. 

Semoga dengan lima tips di atas, kamu dapat meningkatkan kemampuan menulismu agar lebih baik ke depannya. Banyak para penulis sukses yang awalnya tidak hebat dalam membuat karya. Namun karena keinginan dan tekad yang kuat untuk berhasil, mereka akhirnya dapat menghasilkan suatu karya tulisan yang berkualitas dan hebat tentunya.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red