×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips efektif agar fokus belajar untuk persiapan ujian

0

N/A

5 Tips efektif agar fokus belajar untuk persiapan ujian

Beberapa tips ini dapat kamu coba praktikkan agar lebih fokus belajar untuk persiapan ujian.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Tadarrosatul Hikmiyah

21 / 12 / 2020 12:25

Dikutip dari artikata.com, ujian merupakan sesuatu yang dijadikan sebagai alat untuk mengukur kemampuan seseorang. Ujian utamanya sering dipakai ketika seorang siswa telah menyelesaikan beberapa bagian dari materi pelajarannya.

Terkadang ujian merupakan momok atau sesuatu yang menakutkan bagi siswa. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kurangnya penguasaan siswa terhadap materi, waktu ujian yang terlalu mendadak, atau bahkan siswa kurang fokus mempersiapkan diri sebelum ujian.

Nah, berikut ini merupakan beberapa tips efektif dari penulis agar siswa dapat fokus belajar untuk persiapan ujian.

1. Olahraga.

5 Tips efektif agar fokus belajar untuk persiapan ujian

Loading...

Dilansir dari halodoc.com, olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga hal ini akan sangat memengaruhi tingkat fokus belajar guna persiapan ujian. Olahraga yang dapat kamu lakukan pun bervariasi. Tak perlu memilih olahraga yang berat atau bahkan memerlukan waktu lama.

Untuk meningkatkan kemampuan otak, kamu perlu melakukan jenis-jenis olahraga yang dapat melancarkan aliran oksigen dan pernapasan. Misalnya lari, sepak bola, basket, maraton, bersepeda, dan jenis olahraga aerobik lainnya. Olahraga jenis ini akan membantu mendorong peredaran darah ke sel puncak di otak menjadi lebih lancar.

2. Rangkum materi.

5 Tips efektif agar fokus belajar untuk persiapan ujian

Ketika akan ujian merangkum sebuah materi yang akan diujikan menjadi hal yang mempermudah kamu ketika belajar. Dengan rangkuman tersebut kamu tidak perlu membaca atau bahkan memahami halaman buku yang berlembar-lembar, cukup dengan mempelajari rangkuman materi yang kamu buat.

3. Istirahat yang cukup.

5 Tips efektif agar fokus belajar untuk persiapan ujian

Istirahat yang cukup waktu malam hari sebelum Hari H ujian dimulai atau bahkan beberapa hari sebelum ujian menjadi poin penting. Dilansir dari alodokter.com, kurang istirahat dan tidur diduga bisa membuatmu cepat pikun. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak memroses, memperkuat, dan menggabungkan ingatanmu dari sepanjang hari. Jika kurang tidur, ingatan-ingatan tersebut tidak bisa disimpan dengan benar dalam otak dan bisa hilang.

4. Kerjakan soal latihan.

5 Tips efektif agar fokus belajar untuk persiapan ujian

Mengerjakan soal latihan sesuai dengan bab atau materi yang akan diujikan bisa dijadikan sebagai ajang untuk mengetahui seberapa efektif rangkuman yang telah kamu buat dan pelajari. Tidak perlu langsung mengerjakan dengan kuantitas yang banyak, beberapa soal saja yang penting mengena, on point, dan soal-soal yang kamu kerjakan sesuai dengan tipe soal yang mungkin akan diberikan oleh guru.

5. Konsultasi belajar dengan teman.

5 Tips efektif agar fokus belajar untuk persiapan ujian

Manusia adalah makhluk sosial yang mana dalam aktivitasnya pasti membutuhkan orang lain. Hal ini juga berlaku ketika akan melakukan ujian. Usahakan beberapa hari sebelumnya kamu sudah dapat menentukan materi mana yang sekiranya sulit untuk dipahami sehingga dapat meminta bantuan teman untuk membantu mempermudah kamu dalam belajar.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red