×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips agar sukses berkarier bagi seorang introvert

0

Kepribadian

5 Tips agar sukses berkarier bagi seorang introvert

Introvert hanya cerminan kepribadian, bukan cerminan nasib dan masa depan kamu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ismimalfathan

18 / 11 / 2020 14:35

Introvert merupakan salah satu jenis kepribadian yang ada dalam psikologis manusia. Jika dijabarkan secara garis besar, kepribadian ini umumnya memiliki karakter yang pendiam, pemalu, lebih senang menyendiri, sedikit sulit berinteraksi dengan orang lain, hingga mudah merasa tidak nyaman. 

Namun pada dasarnya introvert bukan sebuah halangan bagi seseorang untuk menggapai impian, berkarier, dan meraih kesuksesan. Karena meskipun memiliki karakter yang sedikit kaku, introvert punya keunikan serta kelebihannya tersendiri untuk bisa digunakan sebagai sarana meraih hal kesuksesan tersebut.

Di sisi lain jika berbicara masalah jenjang karier, sepertinya orang-orang dengan kepribadian introvert memiliki tantangan yang lebih besar. Karena karakter dari kepribadiannya ini sering dianggap sebagai penghambat proses penjajakan karier tersebut. Akan tetapi hal tersebut janganlah dijadikan dasar untuk kamu menyerah. 

Banyak cara atau tips yang bisa para introvert lakukan untuk mengembangkan karier di bidang apa pun. Nah, berikut ini adalah lima tips yang bisa dilakukan oleh introvert untuk bisa meraih kesuksesan dalam penjajakan karier.

1. Persiapkan diri dengan baik.

Loading...

5 Tips agar sukses berkarier bagi seorang introvert

Foto: Swargamatc.com

Hal yang pertama dan yang paling utama adalah kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Dalam meniti karier, kamu harus totalitas dalam melakukan setiap pekerjaan. Karena hal kecil pada setiap perjalananmu dalam membangun karier bisa dijadikan sebagai representasi kesuksesanmu di kemudian hari. 

Salah satu contohnya adalah persentasi saat meeting. Di sinilah saat-saat yang tepat untuk mempersiapkan dirimu semaksimal mungkin. Banyak sekali aspek yang perlu kamu persiapkan, seperti slide persentasi yang menarik, mental yang baik, pakaian yang tepat, dan masih banyak aspek lainnya.

Perkuat juga pemahaman materi dari persentasi tersebut supaya kamu bisa menjawab serta menjelaskan secara komprehensif, jelas, juga detail jika ada hal yang ditanyakan oleh atasan ataupun klien. 

2. Perbanyak latihan dan mengembangkan diri.

mengembangkan diri

Foto: tipspengembangandiri.com

Dalam proses penjajakan karier, kamu harus terus melatih dan mengembangkan diri. Kepribadian introvert bukan sebuah halangan untuk melakukannya, bahkan kamu harus menyingkirkan sisi negatif yang menghambat hal tersebut. 

Dalam upaya mengembangkan karier, semua hal bisa dijadikan dasar bagimu untuk berlatih. Entah itu soft skill dalam bekerja, pemahaman job desc, berkomunikasi, dan masih banyak lagi. 

3. Bekerja dalam tim.

teamwork

Foto: Extron.com

Salah satu masalah yang sering dialami oleh para introvert adalah interaksi dan komunikasi kepada orang lain. Nah untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melatih kemampuanmu dimulai dari berkerja tim. Karena pada kegiatan ini, kamu dituntut untuk bisa menyesuaikan diri serta kemampuanmu terhadap kemampuan dan pemikiran orang lain demi sebuah target atau tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Bekerja dalam tim dapat melatihmu untuk berkomunikasi, menahan ego, bertanggung jawab, juga berintegritas. Kemampuanmu dalam bekerja tim juga bisa dijadikan parameter kesuksesan dalam berkarier.

4. Networking.

Networking

Foto: Jurnalislam.com

Supaya penajajakan kariermu berjalan dengan baik, salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah networking. Kamu harus selalu membangun relasi dan hubungan baru dengan orang lain. Nah, inilah hal yang sangat menantang bagi seorang introvert. Namun mau tidak mau kamu harus melawan semua hambatan tersebut.

Kamu bisa memanfaatkan tips-tips sebelumnya untuk membantu merealisasikan tips yang satu ini. Perlahan tapi pasti, kamu pasti bisa mengatasinya.

5. Melatih public speaking.

Public Speaking

Dan tips yang terakhir adalah kamu harus memperkuat skill public speaking. Pastinya untuk menjalankan tips satu ini adalah hal yang relatif berat bagi seorang introvert. Tapi mau tak mau public speaking merupakan aspek yang sangat penting untukmu dalam mengembangkan karier.

Karena mungkin tidak ada dalam sejarah orang/pegawai yang pasif dapat menduduki kursi tertinggi pada suatu perusahaan atau lembaga. Melalui public speaking inilah kamu bisa menginterpretasikan hasil pemikiran, gagasan, opini, serta kreativitas untuk dibagikan kepada orang lain. 

Kamu bisa mulai melatih kemampuan public speaking dimulai dari hal yang sederhana. Seperti berlatih di depan cermin ataupun berbicara di depan teman-temanmu. Atau jika ingin kemampuanmu semakin terasah, kamu bisa mengikuti berbagai seminar ataupun pelatihan public speaking yang kini semakin mudah untuk ditemui.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa para introvert lakukan untuk meraih kesuksesan dalam berkarier. Semua tips ini sangat sederhana, tinggal bagaimana kamu menyikapinya. Apakah mau berjuang untuk memperoleh sisi lain dari kepribadian introvert kamu, atau hanya pasrah dengan keadaan dan menjadikan kepribadian introvertmu untuk sebagai alibi untuk tidak melakukan sesuatu?

Untuk para introvert, selamat berjuang menggapai impianmu. Satu hal yang perlu kamu ingat, introvert hanya cerminan kepribadianmu, bukan cerminan nasib dan masa depanmu. 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

introvert
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red