×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tempat wisata unik di Solo ini wajib kamu kunjungi

0

Jalan-Jalan

5 Tempat wisata unik di Solo ini wajib kamu kunjungi

Solo merupakan kota di Jawa Tengah yang memiliki berbagai keunikan tempat wisata, wajib dikunjungi nih.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

alvido febrianto

04 / 06 / 2020 10:10

Solo adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Tengah dan mempunyai berbagai macam tempat wisata untuk menarik wisatawan. Kota Solo juga dapat dibilang berhasil dalam membangun dunia wisata dan menjadi daya tarik wisatawan.

Selain itu wilayah di sekitarnya pun juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Mulai dari tempat bersejarah hingga bentang alam yang indah, berikut ini merupakan tempat wisata unik Solo yang harus kamu kunjungi.

1. Grojogan Sewu Tawangmangu.

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu Tawangmangu menjadi salah satu yang dibicarakan wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter yang berlokasi di sisi barat Gunung Lawu, atau sekitar 37 kilometer dari pusat kota Solo.

Loading...

Dan uniknya air terjun ini ternyata menjadi yang tertinggi di Jawa Tengah. Terdapat rintangan unik untuk menuju lokasi ini, di mana wisatawan setidaknya harus mendaki 1.000 anak tangga, tetapi ketakutan itu akan hilang sendiri karena ada pemandangan indah dari kanan dan kiri yang akan menemanimu. Namun ada mitos yang mengatakan bahwa wisatawan tidak boleh datang dengan pasangan jika tidak ingin hubungan asmaranya hancur.

2. Kampoeng Batik Kauman.

Kampoeng Batik Kauman

Kampoeng Batik Kauman merupakan pusat dari kerajinan batik yang terletak di Kota Solo. Hal yang membuatnya spesial adalah batik ini tidak hanya dikenal oleh nusantara, melainkan sudah go international dan dikenal baik di seluruh dunia.

Banyak warga asing yang berlangganan juga membeli batik ini dengan harga yang tak tanggung-tanggung yakni mencapai jutaan rupiah. Selain dapat berbelanja, tempat wisata Batik di Solo, Jawa Tengah ini memberikan kesempatan pada pengunjung dengan mengizinkan siapa saja untuk melihat proses pembuatan batik dari awal sampai akhir. Tidak hanya sampai di situ, para pengunjung juga diizinkan untuk mencoba dan mempraktikkannya sendiri.

3. Keraton Surakarta.

Keraton Surakarta

Jika kamu ingin mengetahui sejarah dari kota Solo, maka Keraton Surakarta ini menjadi destinasi yang cocok untukmu. Bangunan ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 menggantikan Keraton Kartasura yang hancur akibat peristiwa Geger Pecinan tahun 1743 silam.

Bangunan ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sultan dan juga menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Solo. Ada pun kompleks di Keraton Surakarta terbagi menjadi: Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton, serta Kamagangan, yang masing-masing dari tempat itu memiliki fungsi berbeda-beda, salah satunya dipakai sebagai museum.

4. Kebun Binatang Taru Jurug.

Kebun Binatang Taru Jurug

Solo juga mempunyai objek wisata ramah anak yang mungkin jarang diketahui wisatawan, yaitu berupa kebun binatang. Tempat ini berlokasi di Jalan Ir. Sutami, Kentingan, Jebres, Solo, yang tepatnya di sebelah kampus Universitas Sebelas Maret. Kebun Binatang Taru Jurug ini tidak hanya memberikan harga murah, tapi juga cocok dikunjungi bersama anak kecil.

Tiket masuknya juga sangat murah yakni seharga Rp 8.000 kamu sudah bisa melihat aneka satwa di tempat wisata di Solo ini. Taman Satwa Taru Jurug ini didirikan pada tahun 1870 oleh Sultan Hamengkubuwono X sebagai tempat konservasi flora dan fauna.

Dengan berkembangnya zaman dan berjalannya waktu, koleksinya pun kian bertambah. Jika wisatawan ingin melihat satwa langka maka tempat ini juga menyediakan hewan langka misalnya merak hijau, harimau Sumatra, iguana, komodo, dan lainnya.

Uniknya ada juga gajah yang khusus disewakan untuk penumpang jika wisatawan tertarik untuk menaikinya. Saat akhir pekan, objek wisata ini terbilang cukup padat oleh pengunjung dimulai dari dalam dan luar kota. Kebun Binatang Taru Jurug ini dibuka mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore.

5. Pandawa Water World Solo Baru.

Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World Solo Baru bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang cukup modern di tengah kota Solo. Tempat wisata di Solo ini menawarkan sensasi wisata yang menarik berupa wahana atau permainan air layaknya waterboom yang cocok dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak.

Selain keunikannya seperti kolam renang yang luas, seluncuran, aneka permainan anak, hingga ombak buatan, satu hal yang membuat objek wisata ini terlihat lebih unik dan begitu disukai wisatawan adalah tema dan konsep epos Mahabarata.

Di Pandawa Water World ini terdapat patung-patung besar Pandawa lima. Namun untuk harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp 80.000 pada hari biasa dan Rp 100.000 per orang pada akhir pekan. Cukup hemat uang saku, ya.

Itulah tempat wisata unik Solo yang harus kamu kunjungi. Menurutmu, manakah tempat wisata di atas yang paling menarik?






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red