Zat besi yaitu komponen utama hemoglobin dalam sel darah merah, yang fungsinya mengikat oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Jika kamu kekurangan zat besi, maka bukan hanya membuat tubuh menjadi lemas, melainkan akan membuat kamu terserang berbagai penyakit.

5 Tanda ini menunjukkan bahwa kamu kekurangan zat besi

Sumber : https://lingshenyao.id

Zat besi juga sangat berperan penting bagi tubuh yakni memiliki peran sebagai sistem imunitas tubuh. Jika kamu kekurangan zat besi, maka kondisi di bawah ini bisa terajadi pada kamu.

1. Wajah tampak pucat.

Seseorang yang kekurangan asupan zat besi maka wajahnya akan pucat.Sebab ketika kamu kekurangan zat besi otomatis tubuh akan memproduksi hemoglobin lebih sedikit dari biasanya, akibatnya warna merah pada kulit akan berkurang sehingga kulit pun akhirnya terlihat lebih pucat.

2. Sesak napas.

Sesak napas terjadi akibat kurangnya suplai oksigen ke seluruh tubuh. Dengan begitu akan membuat penderita mengalami sesak napas. Gejala tersbut biasanya muncul meski hanya melakukan aktivitas ringan yang telah biasa dilakukan.

3. Lidah bengkak.

Selain menyebabkan sesak napas, kurangnya suplai oksigen juga berpengaruh pada otot-otot, termasuk lidah dan otot lidah akan terasa sakit juga bengkak. Di samping itu jika kamubenar-benar kekurangan zat besi, maka bagian lidah juga akan terlihat pecah-pecah juga warnanya pun keliatan pucat.

4. Rambut rontok.

Kurangnya asupan zat besi juga menyebabkan folikel rambut tidak memperoleh oksigen yang memadai karena pada kondisi ini tubuh akan memfokuskan oksigen pada organ-organ vital yang dianggap lebih penting. Jika rambut yang rontok lebih dari 100 helai per hari, sudah seharusnya perlu kamu waspadai.

5. Sering mengalami infeksi.

Infeksi sangat rentan sekali kamu rasakan bila kekurangan zat besi. Sebab zat besi merupakan bagian terpenting dalam sistem imunitas tubuh, juga sebagai penyokong pembentukan sel darah putih yang berfungsi untuk menangkal infeksi yang menyerang tubuh.

Cara mengatasi kekurangan zat besi.

Melihat sebagian dari kondisi di atas, penting bagi kita untuk mencegah kekurangan zat besi terjadi. Sebenarnya gampang untuk memberi asupan zat besi pada tubuh, caranya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zaat besi.Beberapa contoh makanan yang kaya kandungan zat besi di antaranya kentang, oatmeal, brokoli, biji-bijian, bayam, stroberi, dan beras merah.