×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Ramuan alami untuk mengatasi sengatan serangga yang sedang mewabah

0

Kesehatan

5 Ramuan alami untuk mengatasi sengatan serangga yang sedang mewabah

Alam sudah menyediakan tumbuh-tumbuhan yang dapat menetralkan reaksi membahayakan akibat gigitan serangga.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muhamad Jalil

30 / 12 / 2019 14:00

 

Akhir-akhir ini kita dihebohkan dengan kemunculan ulat daun jati, tawon, dan lebah yang meresahkan masyarakat. Serangan serangga tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang. Biasanya gejala yang muncul yaitu kulit menjadi bengkak dan memerah karena terjadi inflamasi. Tak hanya inflamasi biasa, bahkan serangan tawon endas/tawon vespa affinis dapat menyebabkan kematian pada seseorang.

Untuk mencegah reaksi yang membahayakan akibat sengatan ulat, tawon, lebah, atau jenis serangga lain dapat menggunakan berbagai bahan alam sebagai obat tradisional. Penggunaan obat tradisional selain mudah didapatkan bahan bakunya juga memiliki kelebihan yaitu lebih aman tanpa ada efek samping jangka panjangnya.

Berikut ini beberapa tumbuhan yang dapat dimanfaatkan khasiatnya sebagai penyembuh gigitan serangga yang sedang mewabah.

1. Melati (Jasminum sambac).

Loading...

5 Ramuan alami untuk mengatasi sengatan serangga yang sedang mewabah

Foto: Melati (Dok. Pribadi, 2019)

Melati merupakan tanaman yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena dijadikan sebagai puspa bangsa. Bunga melati berwarna putih yang muncul pada terminal atau aksiler (Backer and van den Brink, 1968). Dalam buku Flora of Java setidaknya ada 11 spesies jasminum di Pulau Jawa (Backer and van den Brink, 1968). Tidak banyak orang tahu kalau melati dapat digunakan sebagai obat penawar gigitan serangga, khususnya gigitan lebah (Thomas, 2006).

Bahan: 1 genggam daun melati.

Cara membuat: Bahan tersebut diremas-remas sampai halus.

Cara menggunakan: Ditempel pada bagian yang disengat lebah.

2. Kunyit (Curcuma domestica).

5 Ramuan alami untuk mengatasi sengatan serangga yang sedang mewabah

Foto: Habitus Kunyit di Kecamatan Nguntoronadi Wonogiri 209 mdpl (Dok. Pribadi, 2019)

Kunyit merupakan terna berumur tahunan (Muhlisah, 1999). Pelepahnya berlapis-lapis membentuk batang semu (Tjitrosoepomo, 2016). Kunyit atau kunir adalah tanaman yang rimpangnya berwarna kuning. Tanaman ini awal mulanya digunakan untuk pewarna kuning pada perayaan holi di India (Ravindran et al., 2007). Tanaman ini masuk dalam infraspesifik C. viridiflora Roxb. dengan warna daun seragam hijau (Backer and van den Brink, 1968).

Kunyit memiliki khasiat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Kunyit mengandung curcumin yang memiliki khasiat untuk meredakan inflamasi, seperti bengkak dan nyeri (Army, 2018; Widodo and Fitriana, 2015).

Bahan yang digunakan adalah: 2-3 rimpang kunyit sebesar ibu jari dan ¼ sendok makan kapur sirih.

Cara membuat: Kunyit diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur sampai merata.

Cara menggunakan: Dioleskan pada bagian yang disengat serangga atau bulu ulat (Thomas, 2006).

3. Asam Jawa (Tamarindus indica).

5 Ramuan alami untuk mengatasi sengatan serangga yang sedang mewabah

Foto: Tanaman Asam Jawa (Dok. Pribadi, 2019)

Asam Jawa merupakan sebuah kultivar daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong (Raina, 2011). Asam Jawa berasal dari Suku Caesalpiniaceae (Anonim, 2009). Bagian yang digunakan untuk penyembuhan gigitan serangga adalah biji atau klungsu (Thomas, 2006).

Asam Jawa dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bengkak karena disengat lipan atau lebah.

Bahan: 3-5 biji asam Jawa (klungsu= Jawa) dan minyak kayu putih secukupnya.

Cara membuat: Biji asam Jawa ditumbuk halus.

Cara menggunakan: Bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi minyak kayu putih, kemudian ditaburi/ditempeli dengan bubukan biji Asam Jawa tersebut.

4. Ngokilo (Stachytarpheta mutabilis Vahl.).

5 Ramuan alami untuk mengatasi sengatan serangga yang sedang mewabah

Foto: Ngokilo (Dok. Pribadi, 2014)

Ngokilo adalah suatu jenis tumbuhan yang berbatang basah dan sepintas lalu menyerupai rumput berbatang tegak (Thomas, 2006). Batang pohonnya berdiameter antar 0,2-0,7 cm. Kulit luar berwarna ungu dengan bintik-bintik hijau dan apabila menjadi tua berubah menjadi cokelat. Daun Ngokilo berbentuk bulat telur, pada tepinya bergerigi dengan jarak agak jarang, berbulu halus hampir tak kelihatan. Panjang daun 5-8 cm dan lebar 2-5 cm. Apabila terkena bisa ulat dan semut hitam dapat diatasi dengan memanfaatkan daun Ngokilo.

Bahan yang dibutuhkan: 1 lembar daun Ngokilo mentah dan yang masih segar.

Cara penggunaan: Digosokkan pada bagian tubuh yang gatal hingga daun tersebut mengeluarkan air dan hancur. Dilakukan dua kali setelah berselang 2 jam.

5. Bawang putih (Allium sativum).

5 Ramuan alami untuk mengatasi sengatan serangga yang sedang mewabah

Foto: Bawang Putih (Dok. Pribadi, 2019)

Bawang putih merupakan tanaman yang berkembang biak dengan umbi lapis (Tjitrosoepomo, 2007). Umbi ini dinamakan umbi lapis karena memperlihatkan susunan yang berlapis-lapis, yaitu yang terdiri dari atas daun-daun yang telah menjadi tebal, lunak, dan berdaging. Kandungan bawang putih yaitu kalsium, zat besi, kalium, selenium, magnesium, fitonutrien allicin. Manfaat dari bawah putih adalah antibakteri, antivirus, antiseptik, mengencerkan darah, dan menguatkan kekebalan tubuh (Widodo and Fitriana, 2015). Apabila terkena sengatan serangga maka dapat memanfaatkan bawang putih yang murah meriah (Thomas, 2006).

Bahan: Umbi bawang putih, sendowo, dan garam secukupnya.

Cara membuat: Umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan bahan lainnya sampai merata.

Cara menggunakan: Dioleskan pada bagian tubuh yang disengat serangga.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red