Pantai biasanya menjadi salah satu tujuan orang berlibur. Bosan dengan pantai yang gitu-gitu aja? Ternyata banyak pantai yang berbeda dengan pantai lainnya. Bumi ini banyak sekali pantai yang indah untuk dikunjungi.

Namun, di antara pantai-pantai tersebut adapulayang unik membuat ciri khas tersendiri. Berikut ini pantai unik di dunia

1. Desert Beach

5 Pantai unik yang ada di dunia, ada yang berair panas

Pada umumnya pantai identik dengan lautan lain halnya dengan pantai ini yang berada ditengah padang pasir. Terletak di Taman Nasional Lencois Maranhenses, Brazil. Gurun ini memiliki pasir putih dan juga terdapat laguna dengan air berwarna biru jernih.

Gurun pasir putih ini sudah terbentuk sejak ribuan tahun silam. Konon pasir putih ini berasal dari dasar sungai yang mengendap di muara sungai kemudian pasir tersebut kembali ke daratan karena terbawa arus laut dan hembusan angin. sejuknya ombak yang menghampar di gurun pasir putih ini semakin cantik dengan airnya yang berwarna biru dan hijau tosca.


2. Hot Water Beach

5 Pantai unik yang ada di dunia, ada yang berair panas

Kalau biasanya pemandian air panas terdapat di lereng-lereng gunung lain halnya dengan pantai yang ada di Selandia Baru ini. Air mineral panas alami terlihat menguap dari dalam yang keluar dari pasir di pantai yang bernama Hot Water Beach.

Dekat bebatuan di ujung selatan pantai ini kita dapat menggali coral space sendiri di pasir yang terdapat di salah satu sisi saat air lagi surut. Setelah airnya keluar kita bisa berendam di kolam yang kita buat tersebut.

3. Glass Beach

5 Pantai unik yang ada di dunia, ada yang berair panas

Merupakan salah satu pantai dengan kondisi alam yang unik karena pasir yang berada di pantai ini terdiri dari butiran kaca. Pantai yang terletak di California ini pasirnya bercampur dengan pecahan-pecahan beling yang memenuhi hampir keseluruhan pesisir pantai.

Anehnya lagi pecahan-pecahan kaca tersebut tidak dapat melukai kaki dan malah terlihat tampak indah seperti kerikil-kerikil yang terbuat dari batu permata. Awal mula kaca-kaca ini adalah berasal dari beling dan pecahan botol-botol kaca dari limbah rumah tangga. Pecahan kaca ini mengalami erosi karena air laut sehingga permukaannya menjadi halus dan tampak seperti manik-manik kaca yang indah.


4. Hidden beach

5 Pantai unik yang ada di dunia, ada yang berair panas

Kalau pantai biasanya gampang ditemukan karena lokasinya yang terbuka namun beda dengan pantai yang satu ini. Pantai ini terletak di salah satu Kepulauan Meksiko. Untuk mengakses pantai ini kita harus berenang dulu melewati terowongan sempit sepanjang 24 meter.

Barulah setelah itu kita baru dapat masuk ke pantai tersebut. Pantai ini sendiri diyakini telah terbentuk berabad-abad yang lalu akibat aktivitas gunung berapi di daerah tersebut. Dulu pemerintah Meksiko menjadikan tempat ini sebagai tempat melakukan tes militer. Konon beberapa ledakan yang terjadi disana telah merusak jutaan flora dan fauna. Namun, pengeboman tersebut juga berperan dalam pembentukan pantai ini.


5. Glowing beach

5 Pantai unik yang ada di dunia, ada yang berair panas

Di Maldives terdapat pantai yang dapat mengeluarkan cahaya biru yang sangat indah dilihat dengan sangat jelas di malam harinya. Luapan ombak yang bercahaya biru membuat siapa saja melihat akan takjub dan terkagum-kagum.

Ternyata cahaya biru ini bersal dari plankton yang di mana kalau kita sentuh ataupun ada genangan di air laut itu, maka plankton-plankton ini akan mengeluarkan cahaya biru yang sangat indah.