Melamun meruapakan kondisi dimana pikiran berada dalam bawah sadar dan terlepas dari lingkungan. Dalam lamunan sesorang biasanya akan ada harapan, impian , atau hanya sekedar bayangan yang hanya diketahui oleh orang tersebut.

Bisa dibilang melamun merupakan kegiatan yang sia-sia, buang-buang waktu dan tidak bermanfaat. Namun nampaknya semua itu hanyalah sebuah pemikiran tak berdasar saja, pasalnya sebuah penelitian menyebutkan bahwa melamun merupakan cara untuk meningkatkan kreativitas dan juga imajinasi. Selain itu dibawah ini masih ada 5 manfaat dari melamun yang belum banyak orang ketahui.

1. Meningkatkan Kerja Otak

Dr.Murieann Irish, seorang ahli neuroscience menyebutkan bahwa melamun adalah sebuah kegiatan yang patut ditingkatkan. Hal ini dikarenakan dalam lamunan dapat terlintas kejadian masa lalu, bayangan masa depan bahkan spekulasi tentang orang lain yang butuh kerja keras otak. Menurutnya hal ini baik bagi otak karena akan memberikan berbagai informasi baru dan beragam inspirasi.

2. Meningkatkan Daya Kreativitas

Saat kinerja otak meningkat akan banyak ide-ide, informasi dan imajinasi yang ada di otak. Maka hal ini akan sangat mudah menjadi sebuah gagasan kreatif dan inivatif. Selebriti seperti Woody Allen dan JK Rowling pun mengungkapkan banyak melamun untuk menghasilkan beragam ide kreatif.

Selain itu orang yang suka melamun dipercaya lebih cerdas ketimbang orang yang tidak suka melamun, hal ini diungkapkan oleh Eric Scumacher seorang peneliti dari Georgia Institute of Technology. Eric menjelaskan hal ini terjadi karena mereka yang suka melamun cenderung memiliki otak yang efisien dan kapasitas penyimpanan informasi lebih besar.

3. Meningkatkan Memori Jangka Pendek

Melamun dapat membuat kinerja otak dalam menyimpan dan memanggil suatu informasi lebih baik. Riset yang dilakukan oleh University of Winscosin dan Max Plank Institute for Human Cognitive and Brain Science menunjukkan adanya kkorelasi antara melamun dan aktivitas memori otak.

4. Meningkatkan Produktifitas

Sebuah penelitian yang pernah dipublikasikan di Journal of Neuroscience menyebutkan bahwa melamun mampu menyebabkan peningkatan kinerja otak. Sementara penelitian dari Universitas Bar-Ilan menemukan fakta bahwa melamun memiliki efek positif bagi kinerja seseorang dan hal ini akan memicu produktifitas mereka dalam bekerja.

5. Memicu Empati

Dengan melamun terkadang terlintas berbagai pikiran yang datang begitu saja, entah itu kenangan masa lalau atau bayangan masa depan. Bahkan tidak jarang kita melamunkan tentang orang lain, bagaimana perasaanya, pikirannya dan segalanya tentang orang lain. Tanpa sadar hal itu sangat baik bagi kita untuk meningkatkan interaksi dengan orang lain, tentu dengan kita berkomunikasi dengan orang lain secara nyata.