Banyak orang yang menyukai mandi air hangat karena biasanya setelah mandi menggunakan air hangat kamu merasa lebih rileks. Padahal, mandi air hangat dapat membuat kulit iritasi serta menjadi lebih kering karena suhu panas pada air akan mengikis kelembapan alami kulit.

Banyak juga orang yang tidak menyukai mandi air dingin apalagi pada pagi hari karena takut akan menggigil kedinginan. Itulah dilema tiap orang yang tak mau mandi dengan air dingin saat pagi hari. Padahal mandi air dingin bisa menambah energi dan menjadi cara sehat bagi kamu untuk memulai hari.

Namunsebenarnya, mandi air hangat dan mandi air dingin sama-sama mempunyai manfaat serta keuntungan dan kekurangan yang berbeda-beda. Nah, berikut ini adalah manfaat dari mandi air dingin.

1. Air dingin dapat mengatasi perasaan gelisah.

Saat terkena air dingin, tubuh akan masuk ke dalam "battery safe mode"dan denyut jantung serta tekanan darah pun turun. Ketika denyut jantung dan tekanan darah turun, kamu pun akan merasa lebih tenang.

2. Menghaluskan rambut dan kulit.

Mandi air dingin adalah salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Mandi air dingin dapat mengencangkan pori-pori rambut dan kulit. Pori-pori kulit yang mengencang akan mencegah kotoran dan elemen berbahaya lainnya menyumbat pori-pori kulit dan kulit kepala serta memperkuat akar rambut sehingga terhindar dari kerontokan. Mandi dingin juga dapat membuat rambut tampak lebih bersinar, kuat, dan sehat dengan meratakan folikel rambut.

3. Mandi air dingin membantu kamu bangun di pagi hari.

Ketika seluruh tubuh terguyur oleh air dingin, ada sedikit kejutan. Guncangan kejutan ini dapatmembuka pernapasan dan meningkatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi ini pada akhirnya membantu meningkatkan detak jantung dan memperlancar aliran darah sehingga menjaga kita tetap hangat. Ini kemudian memberikan kita energi untuk mulai beraktivitas.

4. Meningkatkan sirkulasi darah.

Ketika air dingin mengenai tubuh dan anggota tubuh eksternal, menyebabkan jantung memicu lebih efisien dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Darah bersirkulasi dengan kecepatan lebihtinggi untuk mempertahankan suhu tubuh yang ideal. Sirkulasi darah yang lebih lancar setelah mandi air dingin dapat menurunkan tekanan darah dan membilas plak yang menumpuk dalam pembuluh darah.

5. Mengurangi nyeri otot.

Mandi air dingin membantu mengurangi nyeri otot setelah latihan yang berat. Sebab air dingin memiliki sifat regeneratif, sehingga otot akan rileks dan membaik setelah latihan yang berat.

Namun, tidak semua orang boleh mandi dengan air dingin.

Bagi para lansia serta orang yang mempunyai kondisi jantung tertentu, tidak disarankan untuk mandi dengan air dingin. Sebab sensasi kaget atau terkejut akibat guyuran mandi air dingin ini bisa menyebabkan terkejut pingsan atau mengalami serangan jantung yang bisa berakibat fatal, apalagi jika jatuh.