Sebentar lagi sudah masuk perkuliahan. Untuk mahasiswa baru, sudah dapat kos belum? Segera tentuin tempat kos sesuai dengan keinginan kamu. Penulis sudah rangkumin 5 rekomendasi kos sekitar Universitas Brawijaya (UB), yang sangat cocok untuk tempat tinggalmu selama kuliah.

1. Jalan Sigura-gura.

Kos daerah jalan Sigura-gura sangat cocok untuk kamu yang kuliah di Universitas Brawijaya, ITN, ataupun Universitas Muhammadiyah II. Di daerah ini dengan mudah kamu menemukan tempat kos, baik untuk laki-laki maupun perempuan sesuai budget yang kamu inginkan. Kamu nggak harus bawa kendaraan kok untuk akomodasi, karena relatif dekat dengan kampus sehingga kamu bisa jalan kaki.

Poin plus dari daerah ini untuk akses makanan, foto copy, laundry, sangat dekat dengan harga terjangkau. Namun untuk harga kos sedikit lebih mahal karena memang akses sangat mudah dan dekat kampus. Kebanyakan kos di daerah ini fasilitas yang ditawarkan menengah sampai eksklusif. Pembayaran kos bisa bayar per bulan maupun tahunan sekitar 400 ribu ke atas per bulan sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

2. Jalan Sumbersari.

Untuk kamu yang kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dan UIN sangat cocok untuk ngekos di sini karena jaraknya sangat dekat kamu bisa jalan kaki. Akses untuk makanan, foto copy, laundry sangat dekat dan murah. Apalagi harga kosnya tergolong sangat murah. Karena memang daerah ini merupakan daerah pemukiman yang tergolong lumayan padat. Namun pembayaran kost rata-rata tahunan, sangat susah untuk mencari kos bulanan.

Harga kos mulai dari 2,5 juta per tahun, murah bukan dibanding daerah lainnya? Nggak heran jika memasuki tahun ajaran baru, kos di daerah ini cepet penuhnya. Jika kamu mau kos di daerah ini sebaiknya kamu survey terlebih dahulu dan segera untuk booking.

3. Jalan Kerto, Jalan Watu Gong, Jl MT Haryono.

Di daerah ini kamu bakal nemuin banyak sekali tempat kos, makanan murah, fotocopy, laundry dll. Karena memang lokasinya strategis tepat di belakang kampus UB. Untuk kamu yang lokasi fakultas berada di belakang sangat cocok, seperti; FIA, FISIP, FAPET, FH, FEB. Di sini kamu bisa nemuin kost low budget sampai kos eksklusif sesuai budget kamu loh. Pembayaran kos di sini rata-rata tahunan, jarang sekali kamu nemuin kos bulanan. Untuk harga mulai dari 3 juta/tahun, ada juga yang ekslusif mulai dari 9 juta/tahun.

4. Jalan Cimahi.

Untuk kamu anak vokasi UB sangat cocok untuk kos di sini karena lokasinya deket banget, sebelahan sama gedung vokasi. Kebanyakan pembayaran kos di sini per semester atau per tahun. Rata-rata sekitar 2,5 juta/ per semester. Untuk akses makanan sangat mudah, tetapi untuk fotocopy nggak begitu banyak ditemukan.

5. Jalan Soekarno Hatta.

Jl Soekarno Hatta memang jaraknya lumayan jauh dari UB. Kalau kamu mau kos di daerah ini kamu perlu bawa kendaraan guys! Di sini kamu bisa nemuin kos yang murah ataupun yang eksklusif. Tapi rata-rata kos di sini lebih mahal dibandingkan dengan daerah lain.

Jangan risau, di Jalan Semanggi, masih sedaerah dengan Jalan Soekarno Hatta kamu bisa nemuin kos yang relatif murah loh, pembayaran tahunan dan bulanan ada kok sekitar 3 juta/tahun. Di daerah Suokarno Hatta memang daerah yang cukup ramai, banyak cafe, resto, tempat nongkrong, karaoke, RS UB, Hotel, Bank, bisa dibilang tempat main terdekatnya anak UB. Di sini kamu banyak nemuin kos eksklusif, karena memang banyak perumahan menengah ke atas seperti di Griya Shanta, Griya Shanta Eksekutif, daerah Dewandaru, daerah Candi Mendut, Jl Papa, dan Permata Jingga.

Untuk kamu yang ingin tempat kos yang nyaman, fasilitas bagus, bisa kos di daerah ini. Harga yang kos yang ditawarkan mulai dari 750 ribu sampai 3 juta per bulan. Percayalah dengan harga kos segitu nggak mahal kok, karena kamu mendapatkan fasilitas yang nyaman. Tempat parkir yang luas, satpam 24 jam otomatis aman banget, fasilitas kamar yang nyaman dll. Nggak percaya, coba cek aja.

Itu dia 5 rekomendasi kos sekitar UB. Segera survey lokasi dan tentukan kos yang kamu inginkan ya! Semoga bermanfaat!