Dengan bujet terbatas, bukan berarti nggak bisa punya laptop murah yang berkualitas. Beberapa produk laptop berikut ini termasuk memiliki reputasi cukup baik dengan harga yang sangat terjangkau di bawah Rp 3 jutaan. Cocok banget untuk kantong mahasiswa!

Laptop dengan harga Rp 3 jutaan bukan berarti laptop murahan lho ya. Teknologi sekarang kan makin canggih, jadi banyak laptop murah yang spesifikasinya lumayan.

Beberapa laptop murah di bawah ini sudah cukup baik performanya jika hanya dipakai untuk buat laporan tugas, presentasi di kelas, browsing, atau sekadar mengisi waktu kosong dengan nonton drama Korea. Ukurannya yang nggak terlalu besar dan ringan juga pas banget untuk kamu bawa-bawa ke kampus.


1. Dell Inspiron 3162 Celeron Rp 2.999.000
Ukuran layarnya termasuk mini dengan ukuran 11.6 inchi sehingga cukup muat jika dimasukkan dalam tas jinjing sekalipun. Meskipun ukuran layarnya kecil, produk Dell ini sudah termasuk produk laptop murah terbaik. Dengan berat kurang dari 1.25 kg, laptop ini cukup enteng untuk dibawa traveling sekalipun.

Laptop ini sudah dilengkapi denganspeakerstereo sehingga akan memanjakan kamu saat berada di kamar untuk nonton drama Korea favorit. Selain itu sudah didukung dengan prosesor yang cukup mumpuni Intel Celeron N3050 Braswell Dual-Core 1.6-2.16GHz 2MB Cache yang cukup andal jika digunakan untukeditingfoto sederhana.

Dengan garansi selama 1 tahun, laptop ini bisa diandalkan untuk mengerjakan tugas dengan kekuatan baterai yang mampu bertahan hingga 9.5 jam dengan pemakaian normal.


2. Asus X200MA KX436D Rp 2.989.000
Desain laptop Asus memang sudah lama terkenal ramping dan tipis. Begitu juga dengan laptop dengan lebar layar 11.6 inchi ini yang beratnya nggak lebih dari 1.2 kg saja. Soal performa, nggak diragukan lagi karena laptop ini sudah dilengkapi dapur pacu Intel Celeron N2840 berkecepatan 2.58 GHz, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan laptop di kelasnya.

Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 2GB DDR3 yang juga membuat kamu jadi lebih mudah mengoperasikannya, terutama saat membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Kapasitas penyimpanannya juga cukup banget buat menyimpan lagu dan drama Korea favorit karena memori penyimpanan internalnya sampai dengan 500 GB.

Harganya pun masih sangat rasional. Apalagi saat ini kamu bisa memanfaatkan jasa kredit laptop online dengan syarat mudah tanpa survey dan tanpa kartu kredit, seperti yang ditawarkan Kredivo.

Melalui Kredivo, kamu sudah bisa mengajukan kredit laptop dengan mudah asalkan kamu seorang WNI, berusia di atas 18 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, atau Medan, dan berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan. Kamu bisa memilih opsi Bayar dalam 30 hari tanpa bunga atau Cicilan dengan bunga rendah 2,95%. Pilihan tenornya beragam mulai dari 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan, kamu tinggal menyesuaikan dengan kemampuan finansialmu.


3. Acer Aspire ES1-132 Rp 2.900.000
Pilihan merek lain yang juga bisa tetap kamu andalkan adalah laptop Acer Aspire. Untuk ukuran layar tidak berbeda jauh dengan laptop lain di kelasnya yaitu 11.6 inchi dengan berat 1.25 kg saja. Sedangan urusan performa, Acer masih dibawah Dell dan Asus dengan sokongan Intel Celeron Dual Core N3350 1.6Ghz Turbo 2.08Ghz.

Dengan RAM 2GB dan penyimpanan sampai dengan 500 GB, Acer merupakan pilihan alternatif yang tepat untuk layanan purna jual yang cukup baik.


4. HP Stream 11-D030TU Rp 2.549.000
Meskipun lebar layarnya sama sekitar 11.6 inchi saja namun laptop ini jauh lebih berat dari laptop lain di kelasnya. Beratnya sekitar 1.27 kg. Namun begitu, laptop ini masih cukup ringkas untuk dibawa mobile.

Dengan dapur pacu prosesor Intel Celeron N2840 dan RAM 2GB DDR3L sudah cukup untuk digunakan sebagai laptop harian untuk mengerjakan tugas kuliah.


5. Axioo MyBook 10 Rp 2.440.000
Laptop lokal dengan kualitas yang bisa diandalkan ini punya pilihan warna lebih banyak mulai dari clam blue, cool green, happy pink, solid black atau cozy white yang tampil elegan. Salah satu keunggulananya selain soal harga yang jauh lebih murah dari laptop di kelasnya, Axioo MyBook 10 ini layarnya bisa dilipat sampai dengan 180 derajat

Namun lebar layarnya menjadi yang paling kecil di kelasnya hanya sekitar 10.1 inchi. Meskipun begitu, justru laptop ini malah lebih mudah dibawa bepergian ke manapun juga tanpa memakan ruang yang cukup banyak. Dapur pacunya sudah dilengkapi dengan Intel Celeron N3050 sampai dengan kecepatan 2.16 GHz. Sedangkan RAM-nya cukup mumpuni dengan 2GB DDR3 dan kapasitas penyimpanan cukup banyak sampai dengan 500 GB.