Siapa yang nggak pernah melihat lautan? Lautan membentuk 2/3 luas Bumi ini. Dalamnya lautan bisa hanya beberapa meter hingga kilometer. Hal itu membuat lautan menjadi area yang masih susah dijelajahi oleh manusia.

Rupanya hal yang membuat lautan susah dieksplor karena mempunyai banyak lapisan. Ada lima lapisan sebelum kamu menemukan dasar lautan paling dalam di muka bumi ini. Berikut lima lapisan laut yang jarang kamu ketahui!

1. Lapisan Hadapeladik

5 Lapisan lautan ini jarang diketahui, penghuninya misterius

Lapisan yang dikenal sebagai palung ini sangat dalam. Cahaya matahari bahkan tidak bisa menembusnya. Rentangnya mencapai 6.000 meter - 11.003 meter.

Palung Marina dengan kedalaman 10.910 meter adalah eksplorasi terdalam yang dilakukan manusia samai saat ini. Untuk mencapai lapisan sedalam ini perlu alat khusus karena suhu yang dingin mencapai titik beku, cahaya tidak ada serta tekanan air yang bisa membunuh manusia.

2. Lapisan Abyssopelagik

5 Lapisan lautan ini jarang diketahui, penghuninya misterius

Lapisan ini terletak di atas Lapisan Hadapeladik dengan rentang kedalaman 4.000 meter sampai 6.000 meter. Sama seperti Lapisan Hadapeladik, kedalaman laut ini nggak mampu ditembus cahaya matahari. Jadinya gelap banget dan suhunya mencapai titik beku.

Makhluk bertulang belakang tidak bisa hidup di sini. Jadi cuman avertebrata seperti cumi-cumi yan mampu hidup.

3. Lapisan Bathypelagik

5 Lapisan lautan ini jarang diketahui, penghuninya misterius

Lapisan ini memliki kedalaman dari 1.000 meter sampai 4.000 meter. Lapisan ini sering disebut lapisan tengah malam, karena walaupun gelap namun samar-samar cahaya bisa menembus sedikit di sini. Jika manusia menyelam dalam kedalaman ini, setiap inchi persegi tubuhmu bakal menanggung tekanan sebanyak 2.657 kg.

4. Lapisan Mesopelagik

5 Lapisan lautan ini jarang diketahui, penghuninya misterius

Lapisan ini berada di atas lapisan Bathypelagik. Rentang kedalaman lapisan ini dimulai dari 199 meter sampai dengan 1.000 mete. Sinar redup matahari mampu menembus kedalaman ini. Pada kedalaman ini hewan-hewan aneh dari lautan tinggal, seperti belut serigala, ikan pedang dan lain sebagainya.

5. Lapisan Epipelagik

5 Lapisan lautan ini jarang diketahui, penghuninya misterius

Lapisan ini merupakan lapisan teratas dari lautan. Rentangnya dari permukaan laut sampai kedalaman 199 meter. Di sini cahaya matahari bersinar terang sehingga lapisan ini sering disebut lapisan/zona sinar matahari di lautan.

Penangkapan ikan, memancing, berlayar, menyelam dapat dilakukan di lapisan ini. Di lapisan ini fotosinstesis terjadi bagi fitoplankton dan terumbu karang karena sinar matahari bebas mencapai posisi mereka.

Untuk tekanannya semakin bertambah kalau semakin dalam namun masih bisa ditahan oleh tubuh manusia.