Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari kita saat ini. Tingginya intensitas penggunaannya pun membuatnya seolah bukan lagi menjadi bahasa asing. Penguasaan bahasa Inggris yang lebih baik berpengaruh terhadap kualitas hidup yang lebih baik, seperti pekerjaan dan pendapatan yang lebih baik, serta konektivitas yang lebih luas.

Berdasarkan EF English Proficiency Index (EF EPI), yaitu suatu tolak ukur dunia untuk mengukur dan memantau kecakapan bahasa Inggris orang dewasa dari waktu ke waktu, pada hasil terbaru dengan lebih dari 950.000 orang dewasa peserta tes, Indonesia menempati peringkat 32 dari 72 negara di dunia dan peringkat 8 dari 19 negara di Asia. Skor EF EPI Indonesia adalah 52.94 dan dengan keterangan kemampuan yaitu menengah.

Lalu bagaimana dengan peringkat kota di Indonesia? berikut 5 kota di Indonesia dengan tingkat kecakapan Inggris terbaik:

1. Surabaya

Kota terbesar kedua di Indonesia ini menempati peringkat pertama dalam kota dengan tingkat kecakapan bahasa Inggris terbaik di Indonesia dengan skor EF EPI sebesar 54.61.

2. Jakarta

Menyusul Surabaya, berikutnya ialah ibukota Jakarta berada di urutan kedua dengan skor sebesar 54.12.

3. Bandung

Di urutan ketiga ada kota Bandung dengan perolehan skor sebesar 54.05. Dilihat dari data-data tersebut tiga kota teratas memiliki kisaran skor yang sama.

4. Yogyakarta

Lalu di urutan keempat ada kota yang dikenal dengan pelajar dan wisatanya, yaitu Yogyakarta dengan nilai skor sebesar 52.79.

5. Tangerang

Dan kota pada posisi kelima ditempati oleh kota tetangga barat Jakarta, yaitu Tangerang dengan skor sebesar 52.56.

Itulah daftar 5 kota di Indonesia dengan tingkat kecakapan bahasa Inggris terbaik. Kamu berasal dari kota-kota tersebut? Atau kapan kota kamu akan menyusul?