×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Kota ini punya CCTV paling banyak di dunia, gerak gerikmu terawasi!

0

Wow

5 Kota ini punya CCTV paling banyak di dunia, gerak gerikmu terawasi!

Ada kamera di setiap sudut. Gerak gerikmu pun terekam setiap saat!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Gus Eka

04 / 05 / 2018 11:01

Kamera CCTV makin banyak digunakan baik oleh perorangan maupun instansi swasta dan pemerintah. Penggunaan CCTV yang semakin mudah dan harga yang makin terjangkau membuat kamera CCTV kian populer untuk keamanan seperti di rumah, supermarket, jalan dan sebagainya.

Selain untuk keamanan di gedung atau di rumah, rupanya pemerintah mulai menggunakan kamera CCTV untuk mengamati aktivitas warganya di tempat-tempat umum secara keseluruhan. Dengan teknologi pengenalan wajah yang makin canggih, membuat buronan seringkali tertangkap karena tanpa sadar wajahnya telah terdeteksi di kamera CCTV. Polisi pun dapat dengan cepat menangkap si buronan. Tugas aparat keamanan makan efisien ya.

Nah, berikut ini merupakan ulasan dari lima kota dengan jumlah kamera CCTV yang luar biasa banyak yang bukan hanya ratusan atau ribuan deh! Mau tahu? Mari kita lihat kota apa saja itu. Kalau kamu akan traveling ke salah satu kota ini, jadi tahu mengenai keamanan yang mereka tawarkan.

1. Chongqing.

Chongqing

Loading...

Dari namanya kamu pasti bisa menebak letak kota ini di negara mana. Ya, Tiongkok. Kota ini merupakan salah satu dari empat kota besar yang dikontrol langsung oleh pemerintah pusat Tiongkok. Tiga kota lainnya yaitu Beijing, Shanghai dan Tianjin.

Tahun 2012 kota ini mulai memasang banyak kamera CCTV untuk mengantisipasi kejahatan dan situasi gawat darurat. Rencananya kota ini akan memasang kamera CCTV sebanyak 500 ribu unit. Pemerintah pusat negara itu juga membantu jaringan kamera ini karena harus bisa dikontrol secara terpusat. Dengan luas kota utama sekitar 5.472,8 km persegi atau seukuran Pulau Bali, tentu setiap sudut akan terjangkau dengan jumlah kamera sebanyak itu. Jadi setiap gerak gerik orang di kota tersebut akan terawasi dengan baik.

Dengan sebuah proyek bernama Sharp Eyes, maka setiap wajah yang lewat di depan kamera akan terdeteksi dana dapat langsung dilacak persentase kemiripannya jika misal ada buronan. Duh, jadi grogi nih kalau tiap sudut ada kamera.

2. New York.

Salah satu kamera pengawas di New York

Pasca serangan 11 September 2001, pemerintah kota terbesar di AS ini mulai menerapkan keamanan dengan menggunakan kamera CCTV. The New York Police Departement yang sering disingkat dengan NYPD, menggunakan kamera pengawas untuk memerangi kejahatan. Tahun 2012 NYPD mengembangkan Domain Awareness System untuk mengontrol sistem pengawasan dalam satu tempat sehingga setiap komandan polisi bisa mengakses langsung dari dekstop mengenai nformasi yang dibutuhkan.

Dengan 6.000 kamera pengawas, polisi di Kota New York sekarang bisa dengan mudah mengetahui plat mobil yang masuk dan keluar dari kota. Bahkan kerjasama dengan Mircrosoft membuat polisi mampu memecahkan persoalan paket yang mencurigakan hingga mendeteksi mobil yang melintasi gedung yang sama berulang kali. Wih benar-benar sangat canggih ya sistemnya!

3. Chicago.

Chicago spy camera di jalan

Kota yang digunakan sebagai salah satu latar film series Home Alone ini rupanya juga memasang banyak kamera pengawas, bahkan lebih banyak dari New York. Jumlahnya mencapai 10 ribu unit. Dari bangunan, tiang jalan, gedung pencakar langit, kereta api, bus, terowongan kereta api juga tak luput dari pemasangan kamera.

Semua pemantauan bisa dilihat oleh polisi baik yang sedang di markas atau sedang di mobil patroli. Wih benar-benar mudah diakses ya! Hasilnya, polisi sukses menindak banyak kejahatan seperti penjualan obat-obatan terlarang, penjualan senjata dan kejahatan lain. Namun, semua ini juga memiliki dua sisi mata uang. Sisi negatifnya, banyak orang yang merasa privasinya terganggu karena banyaknya kamera di sekitar mereka. Kalau menurut kamu gimana? Merasa terganggu atau nggak?

4. Beijing.

Kamera pengawas di Beijing

Melompat lagi ke timur menuju ke Tiongkok, ibu kota negeri ini juga tak mau kalah dalam menerapkan kamera pengawas sebagai pembantu penjaga keamanan. Diluncurkan tahun 2005, pada tahun 2015 jumlah CCTV mereka sudah mencapai 46 ribuan dengan jumlah polisi pengawas untuk kamera itu sebanyak 43 ribu orang. Polisi-polisi tersebut bertugas mengawasi layar yang menampilkan jutaan orang.

Dikenal dengan Skynet, pada 2015 lalu mereka berhasil memantau pergerakan 8 juta orang dalam empat hari. Selama ini, lebih dari 5,5 juta orang telah diinvestigasi oleh polisi saat berada di jalan. Wih, kalau diterapkan di sini, sedikit saja kamu melakukan hal yang mencurigakan pasti akan segera didatangi polisi.

5. London.

Kamera pengawas dekat Bigben

Menurut sebuah badan bernama Big Brother Watch, ibu kota Britania Raya ini sekarang memimpin untuk jumlah kamera pengawas paling banyak di dunia yakni sekitar 51 ribuan. Dari jalan utama, tiang lampu, bangunan dan stasiun kereta terpasang kamera CCTV. Wah pantesan ya di Film London has Fallen polisi bisa memantau banyak wilayah dari kantor pusat saja.

Karena banyaknya kamera pengawas, setiap satu orang di London diperkirakan bisa tertangkap sampai 300 kali di kamera itu. Akibatnya, walau dianggap mampu membantu kinerja polisi dalam menjaga keamanan dan mengahdapi situasi darurat, namun keberadaan CCTV juga dianggap mengganggu privasi warganya.

Jadi, menurut kamu bagus atau tidak kalau kamera pengawas banyak dipasang di berbagai sudut kotamu? Atau kamu merasa sudah risih duluan karena nanti privasimu juga terganggu? Bagaimanapun, tiap kebijakan selalu punya dua sisi ya!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red