×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Kegiatan yang bisa dilakukan saat umur sudah tak lagi produktif

0

Life

5 Kegiatan yang bisa dilakukan saat umur sudah tak lagi produktif

Menurutmu, apakah para lansia benar-benar berharap tidur di kasur sepanjang hari?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

anli ng

16 / 09 / 2019 18:27

Kebanyakan lansia di usia sudah tidak produktif yang kita temui mungkin sudah dalam keadaan tak berdaya dan terbaring di kasurnya sepanjang hari. Ataupun terduduk di kursi roda di rumah sepanjang hari. Mungkin memang anak cucunya melarang dia melakukan banyak hal selain beristirahat agar selalu dalam jangkauan mereka untuk terus diperhatikan.

Tapi, apakah benar para lansia yang di usia mudanya sudah terbiasa bekerja keras untuk menghidupi keluarganya ini akan bahagia saat tidak ada aktivitas apa pun saat usianya sudah tidak produktif lagi?

orang tua bahagia

 

Mungkin anak-anaknya dan kakek nenek di seluruh dunia ini bingung apa yang sebaiknya dilakukan namun dengan tidak membuat cemas keluarganya juga. Nah, berikut ini adalah kegiatan yang sangat cocok dilakukan saat usia sudah tidak lagi produktif.

Loading...

1. Masak.

nenek masak

Nah, yang satu ini adalah favorit para lansia dan yang pasti tidak membuat cemas keluarga. Karena memasak adalah aktivitas yang menyenangkan bagi para lansia dan juga membuat mereka terus beraktivitas sepanjang hari. Apalaggi bukan rahasia jika masakan nenek adalah yang terbaik.

Lansia bukan cuma bisa memasak untuk dimakan seluruh keluarga, tapi juga bisa mengajarkan ke anak cucunya skill memasak yang mereka punya. Tentunya ini akan membuat kenangan indah untuk anak cucunya sampai nanti. Hmm, sangat menyenangkan bukan?

2. Olahraga bersama teman komunitas.

para lansia berolahraga

Di saat usia sudah mulai menua, kita sepakat manusia ga akan terlepas dari yang namanya pikun atau cepat lupa. Nah, dengan berolahraga dan ngobrol dengan banyak teman pastinya akan memicu untuk tidak cepat pikun. Tentunya ini juga tergolong tidak mencemaskan keluarga yang lain karena olahraga yang dilakukan pun santai, ditambah lagi ini dapat membuat tubuh dan pikiran semakin sehat.

3. Berkebun.

nenek berkebun

Berkebun atau becocok tanam bisa dibilang sangat cocok dilakukan saat usia sudah tidak produktif lagi. Kalau diingat-ingat, hampir semua manusia terutama kaum perempuan ingin sekali punya kebun di rumahnya dengan tujuan mempercantik pemandangan dan juga agar bisa dirawat di saat bosan setiap hari. Akan tetapi saat di usia masih produktif mungkin jarang ada kesempatan ini karena kesibukan yang sangat padat, jadi waktu yang paling tepat adalah saat sudah banyak waktu seperti para lansia. Ditambah lagi kegiatan ini memang sangat menyenangkan.

4. Berinvestasi.

lansia trading

Di saat sudah tua sebenarnya sudah saatnya menikmati semua investasi yang dilakukan saat usia muda. Tapi justru karena kebiasaan berinvestasi ini kadang susah untuk diubah. Biarkan saja jika orang tua atau kakek nenekmu hobi berinvestasi. Toh ini baik buat kesehatan otaknya agar tidak cepat lupa dan tetap memiliki insting tajam terhadap pasar dunia.

5. Hobi.

kakek memotong kayu

Yang terakhir, biarkan mereka melakukan hobi. Apalagi jika saat masa muda mereka tak punya banyak waktu untuk melkukan hobinya. Asal tidak terlalu berbahaya biarkan saja. Mungkin jika kalian ikut membantu hobinya akan terlihat lebih baik lagi. Gak ada salahnya belajar hobi orang tua atau kakek nenek kalian kan.

Jadi gimana, ada gak nih yang sudah dilakukan para lansia di keluarga kalian? Selama itu kegiatan positif biarkan saja. Toh itu akan membuat mereka lebih sehat daripada hanya terbaring di kasur atau terduduk di kursi roda tanpa melakukan apa pun.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    100%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red