Setiap orang tentu memiliki pola atau kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Kebiasaan seperti makan, mandi, shopping, pergi kantor, tidur merupakan hal-hal yang menunjang kehidupan. Namun, nyatanya tidak semua kebiasaan itu baik. Tanpa kamu sadari ada beberapa kebiasaan yang justru dapat merusak kehidupanmu. Apa saja? Yuk simak di bawah ini!

1. Makan berlebihan

5 Kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak kehidupanmu

Pernah gak kamu makan cemilan setelah makan nasi? Atau pernahkah kamu makan lebih dari 3 kali sehari? Kalau kamu memiliki kebiasaan seperti ini maka kamu perlu berhati-hati. Makan berlebihan ternyata tidak baik bagi tubuh. Menurut American Heart Association, makan berlebih dapat menambah kalori jahat dalam tubuh sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Tak hanya itu penyakit seperti Diabetes tipe 2, Tekanan darah tinggi, penyakit jantung, ginjal bahkan kanker dapat menyerangmu kapan saja.

2. Tidur terlalu larut

5 Kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak kehidupanmu

Tidur terlalu larut atau begadang ternyata tidak memiliki dampak yang baik bagi tubuh. Begadang dapat mengganggu konsentrasi dan focus sehingga bisa berdampak pada setiap keputusan yang kamu buat. Kamu tentu gak mau kan kalau harus membuat keputusan yang berdampak buruk bagi diri ataupu orang sekitar hanya karena begadang. Menurut American Academy of Sleep Medicine, orang yang memiliki kebiasaan begadang cenderung mengonsumsi makanan instan dan kurang makan sayur. Nah oleh karena itu kamu harus mengurangi konsumsi makanan instan dan mulai untuk banyak makan sayur agar kamu memiliki pola tidur yang baik.

3. Duduk terlalu lama

5 Kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak kehidupanmu

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan adalah duduk terlalu lama. Kamu mesti tahu bahwa kebiasaan ini bisa mengganggu kesehatan. Duduk terlalu lama ternyata dapat meningkatkan resiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes,lho. Bukan hanya itu, duduk terlalu lama juga dapat mempengaruhi kesehatan mental kamu. Riset mengatakan bahwa orang yang duduk dalam periode waktu yang lama memeiliki resiko depresi yang lebih tinggi. Oleh karena itu dianjurkan agar kamu lebih banyak beraktivitas dan bergerak.

4. Terobsesi sosial media

5 Kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak kehidupanmu

Sosial media tak hanya memiliki dampak yang postif tapi juga negatif. Bagi kamu yang terlalu sering menjelajah social media. Maka berhati-hatilah. Menurut beberapa study, menghabiskan waktu berjam-jam di sosmed dapat mengganggu mental dan kebahagiaan kamu. Membaca status atau kiriman orang lain dapat menurunkan mood dan memunculkan rasa cemburu akan gaya hidup orang lain. Tentu itu adalah hal yang tidak baik bagi kamu. Para peneliti menyarankan agar kamu lebih banyak berinteraksi secara langsung dengan teman, kerabat ataupun orang lain disekitarmu.

5. Mengkritisi diri

5 Kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak kehidupanmu

Kebiasaan terakhir yang dapat merusak kehidupanmu adalah sikap mengkritisi diri. Sebenarnya sikap ini baik kalau dilakukan dalam hal positif. Namun akan menjadi bumerang kalau kamu melakukannya dalam hal-hal yang dapat melukai diri sendiri. Seperti menganggap diri gak capable dalam melakukan sesuatu dan mencap diri jelek. Mengkritisi diri berlebihan hanya akan melukai diri dan membuat kamu menjadi orang yang gak percaya diri. So, mulailah mencintai dan menghargai dirimu sendiri agar hidupmu lebih bermakna.

Itu dia kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kamu sadari dapat merusak kehidupanmu. Semoga kamu dapat mengevaluasi diri dan menentukan kebiasaan-kebiasaan baik untuk diterapkan ya!