Karakter-karakter horor ternyata tak selamanya berasal dari legenda-legenda, atau mitos-mitos yang umurnya sudah ratusan tahun. Ada juga beberapa karakter horor yang baru muncul di masa sekarang. Dan karakter mereka bahkan disesuaikan dengan kemajuan teknologi.

Kalaupun ada karakter horor yang ide awalnya adalah karakter yang sudah lama ada, biasanya mereka juga sudah mengalami beberapa perubahan yang sifatnya mengikuti zaman. Nah, berikut 5 karakter horor yang muncul di zaman modern.

1. Sadako

5 Karakter horor di film ini muncul dari zaman kekinian

Jika kamu memutar rekaman di kaset video yang terkutuk, seminggu kemudian kamu akan menerima telepon, dan Sadako akan membunuhmu dengan keluar dari pesawat televisi. Hantu yang sangat modern, tapi siapa yang tidak merinding melihat penampakannya. Sadako pertama kali muncul di Ring (1991). Karakter Sadako berganti menjadi Samara ketika film ini dibuat versi Hollywood-nya.

2. Pennywise

5 Karakter horor di film ini muncul dari zaman kekinian

Karakter ciptaan Stephen King ini pertama kali muncul di layar televisi dalam serial It (1990). Versi bioskopnya baru saja rilis di tahun 2017 ini. Ada dua pendapat soal badut gila ini, ada yang mengatakan dia menyeramkan, tapi ada yang mengatakan kalau karakter ini mengesalkan. Alih-alih merasa takut, orang malah gregetan ingin menangkapnya dan kemudian menggebukinya sampai babak belur.


3. Babadook

5 Karakter horor di film ini muncul dari zaman kekinian

Anak kecil punya ketakutannya sendiri, dan inilah yang tergambar dari karakter Babadook. Seperti juga Pennywise, karakter ini memang sangat menakutkan dan membawa trauma sendiri pada anak-anak. Muncul pertama kali dalam sebuah film produksi Australia, The Babadook (2014), dan belum pernah dibuat remake-nya oleh Hollywood.


4. Suster Ngesot

5 Karakter horor di film ini muncul dari zaman kekinian

Literasi Indonesia juga punya karakter horor yang muncul di era modern. Suster ngesot yang pertama kali muncul di film besutan Rizal Mantovani dan Jose Poernomo, Jelangkung (2001). Karakter ini diceritakan menghantui rumah sakit, dan dia berbeda dengan karakter-karakter yang diambil dari mitos dan legenda seperti kuntilanak.


5. "The Thing" dari The Stranger Things

5 Karakter horor di film ini muncul dari zaman kekinian

Inilah karakter menyeramkan yang paling baru yang muncul. Karakter ini berasal dari serial The Stranger Things yang season pertamanya rilis 2016 lalu. The Stranger Things sendiri bersetting Amerika Serikat tahun 1980-an di masa-masa perang dingin berlangsung. Itu sebabnya kemunculan karakter ini dibuat sangat ilmiah. Dia berasal dari satu dimensi yang tanpa sengaja terbuka karena adanya uji coba senjata baru yang juga tak lazim. "The Thing" sepertinya tak suka tempat tinggalnya dimasuki manusia, sehingga ia pun terus-terusan menjebak manusia untuk masuk ke dalam dunianya dan memangsanya, bahkan berencana untuk keluar dan balik menguasai dunia manusia.