Menonton televisi menjadi salah satu hiburan yang menyenangkan sebelumplatform seperti YouTube menggantikan peran media konvensional. Pada masanya, anak-anak era 90-an biasanya akan menghabiskan waktu untuk menghilangkan kebosanan dengan menonton berbagai acara menarik di televisi.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis acara yang biasa ditonton oleh anak 90-an pada masanya.

1. Kartun pada hari Minggu pagi.

5 Jenis tontonan anak era 90-an ini bikin kangen masa kecil

Foto:solo.tribunnews.com

Anak 90-an pasti tahu nih kalau dulu di beberapa stasiun TV lokal saat Minggu pagi menayangkan berbagai macam kartun. Di antaranya adalah Doraemon, Crayon Shinchan, Hamtaro, Chibi Maruko Chan, P-man, Ninja Hatori, Tamiya, dan masih banyak lagi. Hampir keseluruhan kartun ini sudah tidak ditayangkan lagi. HanyaDoraemon dan Crayon Shinchan yang masih bertahan hingga kini. Biasanya kartun-kartun tersebut diputar mulai jam lima pagi hingga menjelang waktu zuhur.

2. Acara dengan tokoh utama para robot.

5 Jenis tontonan anak era 90-an ini bikin kangen masa kecil

Foto:duniaku.idntimes.com

Selain kartun animasi, para robot juga menemani masa indah anak 90-an. Beberapa di antaranya adalah Ultraman, Kabutaku, dan Rangers. Rangers memiliki banyak versi seperti Power Rangers yang paling terkenal, Star Rangers, dan Mega Rangers. Sama seperti kartun animasi, para robot ini biasanya ditayangkan saat Minggu pagi. Beberapa tahun lalu Power Rangers sempat kembali ditayangkan di layar bioskop.

3. Karakterlucu dan mengedukasi.

5 Jenis tontonan anak era 90-an ini bikin kangen masa kecil

Foto:mommiesdaily.com

Belajar sambil bermain pasti amat sangat menyenangkan, kan? Tontonan anak 90-an yang memiliki konsep seperti ini beberapa di antaranya adalah Barney and Friends, Tweenies, Teletubbies. Biasanya tontonan ini akan mempelajari sesuatu sambil bermain. Sehingga kamu tidak akan menyadari jika telah mendapat ilmu baru.

4. Telenovela.

5 Jenis tontonan anak era 90-an ini bikin kangen masa kecil

Foto:m.kapanlagi.com

Telenovela sempat populer pada tahun 2000-an dan menjadi tontonan anak 90-an yang paling dirindukan juga. Telenovela yang paling populer adalah Amigos x Siempre. Buat anak 90-an, siapa yang dulu berebut ingin menjadi tokoh Ana?

Selain Amigos, series lain yang banyak diminati adalah Carita de Angel yang membahas kehidupan si Dulce Maria, Maria Belen, Betty La Fea, Marimar, Mariana dan Silvana, Rosalinda.

5. Benteng Takeshi.

5 Jenis tontonan anak era 90-an ini bikin kangen masa kecil

Foto:idntimes.com

Tontonan asal Jepang memang sepertinya mendominasi saat itu. Selain kartun, acara permainan satu ini juga diminati anak 90-an saat itu. Nama acara ini Benteng Takeshi. Berbagai permainan menantang yang dibumbui komedi membuat acara ini tidak membosankan saat ditonton.

Itulah beberapa tontonan anak 90-an yang pasti bikin kangen, kan? Apakah ada tontonan lain yang terlewat?