Hanya membutuhkan bahan sederhana untuk membuat Setup dan kamu bisa langsung menikmati minuman manis dan segar ini untuk berbuka puasa. Kamu hanya memerlukan air, gula, kayu manis, dan cengkeh untuk membuat kuah setup. Kuah setup ini nantinya akan direbus dengan isian buah yang bisa disesuaikan dengan kegemaranmu. Berikut ini merupakan lima ide Setup segar yang bisa kamu sajikan sebagai takjil puasa.

1. Setup Pisang.

5 Ide Setup buah segar untuk minuman buka puasa, kamu pilih yang mana?

Kolak pisang boleh jadi merupakan salah satu menu berbuka puasa yang paling populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan kuah yang melimpah membuat kolak pisang menjadi pilihan wajib takjil di banyak rumah. Akan tetapi, penggunaan santan dalam kuah membuat kolak pisang terasa terlalu berat sebagai hidangan berbuka bagi sebagian orang. Setup pisang yang manis dengan kuah ringan bisa dipilih sebagai alternatif. Pisang kepok yang manis maupun pisang tanduk dengan citarasa sedikit masam dalam kuah setup akan membawa kesegaran yang hakiki saat waktu buka puasa tiba.

2. Setup Nanas.

5 Ide Setup buah segar untuk minuman buka puasa, kamu pilih yang mana?

Mengonsumsi nanas dalam bentuk buah potong maupun rujak nanas mungkin dirasa terlalu keras untuk perut kamu yang kosong selama lebih dari 12 jam. Jus nanas juga bukan pilihan awam untuk berbuka puasa. Akan tetapi, mengonsumsi nanas dalam bentuk Setup akan membuatmu kembali segar setelah menjalankan puasa seharian. Kamu bisa menggunakan jenis nanas apapun untuk membuat resep Setup nanas ini. Sebenarnya, membuat nanas menjadi Setup juga bisa dijadikan solusi jika kamu punya stok nanas masam di rumah.

3. Setup Jambu Biji Merah.

5 Ide Setup buah segar untuk minuman buka puasa, kamu pilih yang mana?

Jus jambu biji merah menjadi favorit banyak orang bukan hanya karena kesegarannya melainkan juga khasiatnya untuk kesehatan. Ternyata jambu biji juga bisa diolah dalam bentuk minuman lain yang tak kalah menyegarkan apalagi untuk berbuka puasa. Olahan Setup jambu biji menjadi salah satu menu populer di beberapa restoran di Jogjakarta. Tak mengherankan memang karena setup jambu biji merupakan minuman kegeraman Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

4. Setup Rambutan.

5 Ide Setup buah segar untuk minuman buka puasa, kamu pilih yang mana?

Kamu mungkin bosan mengonsumsi rambutan begitu saja apalagi saat musim buah ini tiba. Memang saat musim rambutan, kamu bisa membeli buah ini dengan harga yang sangat murah. Inilah saatnya berkreasi dengan buah rambutan. Bosan mengolahnya sebagai asinan rambutan yang sempat hits, kamu bisa mencoba membuat Setup rambutan sebagai hidangan berbuka. Sedikit tips, sebaiknya kamu memilih jenis rambutan dengan tekstur daging buah yang padat dan keras agar tak lembek saat dimasak bersama kuah Setup.

5. Setup Salak.

5 Ide Setup buah segar untuk minuman buka puasa, kamu pilih yang mana?

Selain rambutan, salak dijual dengan harga yang sangat murah saat musimnya tiba. Agar tak bosan mengonsumsi salak apalagi saat bulan puasa, tak ada salahnya jika kamu mencoba menyulapnya menjadi Setup salak nan lezat dan segar. Kombinasi daging salak yang crunchy dan kuah segar Setup membuat seluruh keluarga enggan berpaling. Jangan merebus daging salak terlalu lama dalam kuah agar tekstur daging salak tetap renyah.