×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Ide bisnis sampingan yang menjanjikan di masa pandemi

0

Ekonomi

5 Ide bisnis sampingan yang menjanjikan di masa pandemi

Bisnis sampingan tak memerlukan banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Kamu pun tetap dapat mengerjakan kegiatan atau pekerjaan utamamu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Jafa

09 / 05 / 2020 13:20

Membuka sebuah usaha di masa pandemi seperti sekarang memang gampang-gampang susah. Ada saja kendala untuk memulainya, mulai dari modal yang terlalu besar, peminat sedikit, lahan tidak ada, dan sebagainya. Banyak pengusaha yang juga harus gulung tikar karena bangkrut. Contohnya saja peternak ayam, bebek, dan puyuh. Harga jualnya sangat turun drastis hingga tidak bisa menutupi ongkos produksi. 

Yang harus kamu lakukan di masa sekarang ini adalah memulai usaha sampingan terlebih dahulu. Jika kondisi sudah baik, barulah lanjutkan untuk memperbesar usahamu. Ada beberapa kegiatan usaha yang dapat dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini. Apa saja sih? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Berkebun dengan sistem hidroponik.

5 Ide bisnis sampingan yang menjanjikan di masa pandemi

Hidroponik adalah teknik berkebun tanpa menggunakan media tanam tanah. Penanaman ini menggunakan media air yang dicampur dengan unsur hara. Hidroponik terkenal dengan kemudahannya dalam menanam sayuran. Jika kamu kurang familiar dengan dunia pertanian, tidak perlu khawatir karena hidroponik sangat mudah diaplikasikan oleh siapa pun.

Loading...

Umumnya tanaman yang ditanam menggunakan sistem hidroponik adalah sayur-sayuran. Hal ini tentu memberikan manfaat lebih untuk mengisi waktu di rumah saja. Kamu tak repot-repot beli sayuran, tinggal metik sendiri hasil kebun sendiri yang sudah pasti sehat.

2. Beternak kelinci.

5 Ide bisnis sampingan yang menjanjikan di masa pandemi

Kelinci dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan atau hewan ternak. Kelinci sangat cocok untuk diternak karena perkembangbiakannya sangat cepat. Dalam sekali melahirkan, indukan kelinci bisa melahirkan 5 sampai 10 anak. Tentu hal ini dapat dimanfaatkan sebagai usaha sampingan di masa pandemi sekarang ini. Pakannya juga tidak terlalu sulit, hanya rerumputan hijau dan ampas tahu sudah cukup.

Harga satu indukan kelinci jenis Rex sekarang sekitar Rp 130 ribu sampai Rp 200 ribu. Bahkan ada yang menjualnya sepasang Rp 200 ribu loh. Sebagai tambahan, lebih baik beli yang sudah dikawinkan atau sedang menyusui dua mingguan. Hal ini karena agar proses produksi menjadi cepat. Jika kekurangan bujet juga dapat membeli anakannya saja untuk dibesarkan. Jika sudah besar, sebagian tinggal dijual dan sebagian lagi diternak.

3. Beternak lele.

5 Ide bisnis sampingan yang menjanjikan di masa pandemi

Kalau usaha di bidang bahan makanan memang tidak ada matinya. Contohnya saja ikan lele, salah satu ikan berkumis ini memang banyak peminatnya di Indonesia. Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang dijual dengan harga terjangkau. Meskipun begitu, lele memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dalam 100 gram ikan lele mengandung 240 Kkal, 14,5 gram lemak, 8,5 gram karbohidrat, dan 17,5 gram protein.

Jika lahan di rumah terasa kurang, kamu dapat menerapkan budidaya lele dengan kolam terpal. Langkah ini sangat efektif mengingat tak harus menggali tanah untuk membuat kubangan. Jika ditekuni dengan baik, ternak lele pun bisa menghasilkan keuntungan berlipat. 

4. Menjadi konten kreator.

5 Ide bisnis sampingan yang menjanjikan di masa pandemi

Kalau anak sekarang ditanya apa cita-citanya, pasti ada yang menjawab 'menjadi YouTuber'. Tapi konten kreator bukan hanya tentang YouTuber saja. Kamu dapat menjadi konten kreatif Facebook dengan cara membuat fans page. Selain itu kamu juga dapat menjadi konten kreator blog dengan menulis artikel. Tentu saja langkah yang harus ditempuh memang tidak mudah dan tidak bisa cepat. Butuh waktu berbulan-bulan agar bisa mendapatkan keuntungan.

Di masa sekarang, sepertinya memang sangat cocok untuk menjadi konten kreator. Kegiatan membosankan di rumah akan terisi menyenangkan. Modal yang harus dikeluarkan juga tak sebesar membuka usaha baru. Tetapi yang perlu menjadi catatan adalah konsistensi. Yap, terkadang ada saja hambatan yang bikin kamu berhenti di tengah jalan dan enggan membuat konten.

5. Menjadi online shoppers.

olshop Campaign Creators on Unsplash

Foto: Campaign Creators on Unsplash

Untuk yang datu ini memang sudah banyak dilakukan oleh orang lain. Tetapi tidak ada salahnya kamu mencoba menjadi online shopper. Yang perlu dilakukan hanyalah meminta izin kepada pemilik barang untuk ikut menjajakan barang tersebut. Umumnya yang dijual berupa pakaian, makanan ringan, dan alat rumah tangga. Yang penting usaha dulu, biarkan Tuhan yang mengatur hasilnya.  

Nah, itulah beberapa ide usaha yang dapat dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini. Semua usaha akan membuahkan hasil yang manis jika ditekuni dengan baik. Semoga dapat menginspirasi dan menambah ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kritik, saran, dan masukan silakan komen, ya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red