×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Hoax fenomenal saat radio berjaya, ada terkait kiamat dunia

0

Duh

5 Hoax fenomenal saat radio berjaya, ada terkait kiamat dunia

Hoax saat ini merajalela lewat media sosial, tapi di tahun 1940-an hoax disebarkan dengan cara berbeda.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rose Abdullah

19 / 03 / 2019 14:01

Jika kita membaca atau mendengar sesuatu yang kedengarannya agak aneh, yang harus kita lakukan adalah memeriksa faktanya. Tetapi sebelum kita  memiliki akses ke Google secara luas untuk mencari informasi, orang-orang mengandalkan kebenaran dari para reporter. Hal ini bahkan lebih berdampak ketika radio adalah satu-satunya sumber berita. Dibawah ini adalah 5 berita tipuan dari tahun 1940-an yang pernah menghebohkan dunia

Nixon Presiden

5 Hoax fenomenal saat radio berjaya, ada terkait kiamat dunia

Kembali pada tahun 1992, National Public Radio menyiarkan suara Richard Nixon, yang mengatakan kepada orang Amerika bahwa dia akan mencalonkan diri lagi sebagai presiden. Sudah kurang dari 20 tahun sejak ia mengundurkan diri setelah skandal Watergate. Tetapi di sini dia memberi tahu pendengar slogan kampanye barunya, "Saya tidak pernah melakukan kesalahan, dan saya tidak akan melakukannya lagi." Tentu saja, banyak pendengar mencoba mencari tahu apa yang sedang terjadi. Tetapi baru pada akhir pertunjukan komedian Rich Little, ia memberi tahu semua orang bahwa itu hanya lelucon April Mop.

Serangan Monster Laut di Tokyo

Loading...

5 Hoax fenomenal saat radio berjaya, ada terkait kiamat dunia

Suatu malam di tahun 1947, di Stasiun Radio Angkatan Bersenjata WVTR di Tokyo, dua penyiar menyela dengan berita bahwa binatang buas tak dikenal dari laut telah muncul dan bergerak ke daratan. Bersama dengan berita, terdapat rekaman audio yang luar biasa dari tembakan meriam, dan rekaman "langsung" dari wartawan di tempat kejadian. Laporan pertama mengatakan bahwa beberapa perahu nelayan hilang. Kemudian sebuah desa nelayan dihancurkan, dan saksi mata melihat monster laut bergerak ke atas pantai. Unit bersenjata dikatakan telah dikerahkan untuk menyerang monster itu dengan meriam, karena senapan tidak efektif. Semua ini disertai jeritan dan raungan mengerikan dari binatang buas, dan tangisan dari para penonton yang ketakutan. Meskipun tipuan itu terungkap pada hari berikutnya, identitas para penyiar tak diketahui. Beberapa berspekulasi bahwa mereka mungkin telah dikirim ke Korea sebagai hukuman.

Libertine

5 Hoax fenomenal saat radio berjaya, ada terkait kiamat dunia

Pada tahun 1968, pembawa acara radio  malam - Jean Shepherd mengatakan kepada pendengarnya di New York City untuk pergi ke toko buku untuk mencari buku berjudul Libertine, judul buku yang sebenarnya tidak pernah ada.  Alasan mengapa ada masalah karena berita ini, disebabkan sebuah insiden, di mana seorang DJ meminta petugas buku untuk mencari judul Libertine. Namun, petugas  bersikeras bahwa judul itu tidak ada dalam daftar buku yang diterbitkan. Mengikuti popularitas misterius buku itu, seorang penerbit melacaknya dan bertanya apakah sebuah buku sungguhan dapat diterbitkan. Seorang pendengar yang juga seorang penulis menciptakan kisah itu.

Monyet Filipina

5 Hoax fenomenal saat radio berjaya, ada terkait kiamat dunia

Angkatan Laut Amerika Serikat hampir menembaki kapal cepat Iran setelah siaran radio iseng yang disebut "Filipino Monkey" mengganggu siaran antar-kapal dengan penghinaan dan pelecehan. Insiden itu terjadi di Teluk Persia pada Januari 2008, dan Angkatan Laut AS siap membalas setelah siaran memberi tahu mereka bahwa kapal-kapal itu membawa bahan peledak. Disampaikan dengan aksen bahasa Inggris yang aneh, pesan siaran itu adalah, “Saya datang kepada Anda. Anda akan meledak dalam beberapa menit. "
Insiden itu berlangsung 20 menit, tetapi  Angkatan Laut AS sudah hampir  beberapa detik lagi melakukan penembakan. Rupanya, Monyet Filipina  menyiarkan kata-kata kotor dan ancaman 25 tahun lalu, dan merupakan lelucon.

Akhir Dunia

5 Hoax fenomenal saat radio berjaya, ada terkait kiamat dunia

Pada tahun 1940, stasiun radio KYW mengeluarkan peringatan bahwa, menurut Franklin Institute (sebuah museum sains di Philadelphia), dunia  akan berakhir pada hari berikutnya, yaitu  pukul 15:00 waktu bagian timur. Pengumuman itu dibuat hanya dua tahun setelah Perang Dunia dirilis sebagai drama radio, diperankan oleh Orson Welles. Hal itu membuat semua orang panik dan tidak menyadari bahwa itu hanya sandiwara. Kekacauan mereda ketika Institut Franklin mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak membuat prediksi tentang akhir dunia. Orang yang bertanggung jawab ternyata adalah William Castellini, agen pers untuk lembaga tersebut. Dia berusaha mencari tahu publisitas yang efektif untuk mempublikasikan kuliah yang akan datang. Castellini kemudian dipecat.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

hoax radio
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red