×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Film kontroversial ini dicekal dan dilarang tayang di Indonesia

0

Film

5 Film kontroversial ini dicekal dan dilarang tayang di Indonesia

Alasannya pun beragam, mulai dari isu agama, seks hingga politik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Budiyarto

12 / 06 / 2018 14:45

Dunia perfilman Indonesia sebenarnya cukup ramah terhadap film-film asing, namun untuk urusan sensor Lembaga Sensor Film juga tak main-main dengan menerapkan peraturan ketat. Bahkan tercatat ada beberapa film-film barat yang dicekal dan dilarang ditayangkan di Indonesia. Penyebabnya pun beragam, mulai dari isu keagamaan hingga adanya adegan-adegan yang tidak pantas.

Berikut ini adalah 5 film kontroversial yang dicekal di Indonesia.

1. Fifty Shades Of Grey.

Image: freshwallpapers.net

Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ini dilarang tayang di Indonesia. Tak hanya di Indonesia saja, bahkan beberapa negara lain khususnya negara yang mayoritas berpenduduk muslim, juga dicekal. Hal yang mendasari pencekalan tersebut disinyalir karena banyaknya adegan intim dalam film, karena film ini menampilkan sekitar 20 scene panas sepanjang film berlangsung.

Loading...

2. Noah.

Image: philcooke.com

Film ini menggambarkan tentang kehidupan pada zaman Nabi Nuh, namun film ini justru dicekal di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena film dianggap sama sekali tidak menggambarkan tentang kejadian sesungguhnya yang terjadi pada zaman Nabi Nuh serta dianggap menyimpang. Alhasil film ini menjadi film paling kontroversial yang tidak pernah ditayangkan di Indonesia.

3. Balibo Five.

Image: coversresource.com

Film ini pernah mendapatkan penghargaan Australian Film Critics Association 2009, namun film yang menceritakan tentang tewasnya 5 jurnalis ini dilarang tayang di Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari pandangan negatif dunia terhadap Indonesia serta untuk menghindari konflik antara Timor Leste, Australia dan Indonesia. Pihak militer Indonesia juga menyatakan bahwa tewasnya jurnalis tersebut disebabkan tertembak dalam baku tembak dan bukan oleh tentara Indonesia.

4. True Lies.

Image: brothers-ink.com

Penyebab dilarangnya film ini tayang di Indonesia adalah karena film ini menggambarkan sosok teroris yang dimatikan dengan Islam. Tentunya hal tersebut sangat sensitif dan berisiko merusak citra Islam di mata dunia. Oleh sebab itulah Indonesia dan negara lainnya dengan tegas mencekal dan melarang film ini tayang.

5. Schindler's List.

Image: coversresource.com

Film yang tayang pada tahun 1993 ini menceritakan tentang peristiwa pembantaian umat Yahudi oleh Nazi pada Perang Dunia II. Karena dinilai sangat sensitif bagi masyarakat Indonesia, film ini dilarang tegas untuk tayang di bioskop Indonesia. Sehingga membuat film bersejarah tersebut tak dapat dinikmati di bioskop-bioskop tanah air.

Itulah 5 film yang dicekal dan dilarang tayang di Indonesia. Meskipun dicekal di Indonesia, namun di beberapa negara lain film-film tersebut juga beredar bebas.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    17%

  • Marah

    17%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red