Dunia perfilman Indonesia sebenarnya cukup ramah terhadap film-film asing, namun untuk urusan sensor Lembaga Sensor Film juga tak main-main dengan menerapkan peraturan ketat. Bahkan tercatat ada beberapa film-film barat yang dicekal dan dilarang ditayangkan di Indonesia. Penyebabnya pun beragam, mulai dari isu keagamaan hingga adanya adegan-adegan yang tidak pantas.

Berikut ini adalah 5 film kontroversial yang dicekal di Indonesia.

1. Fifty Shades Of Grey.

5 Film kontroversial ini dicekal dan dilarang tayang di Indonesia

Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ini dilarang tayang di Indonesia. Tak hanya di Indonesia saja, bahkan beberapa negara lain khususnya negara yang mayoritas berpenduduk muslim, juga dicekal. Hal yang mendasari pencekalan tersebut disinyalir karena banyaknya adegan intim dalam film, karena film ini menampilkan sekitar 20 scene panas sepanjang film berlangsung.

2. Noah.

5 Film kontroversial ini dicekal dan dilarang tayang di Indonesia

Film ini menggambarkan tentang kehidupan pada zaman Nabi Nuh, namun film ini justru dicekal di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena film dianggap sama sekali tidak menggambarkan tentang kejadian sesungguhnya yang terjadi pada zaman Nabi Nuh serta dianggap menyimpang. Alhasil film ini menjadi film paling kontroversial yang tidak pernah ditayangkan di Indonesia.

3. Balibo Five.

5 Film kontroversial ini dicekal dan dilarang tayang di Indonesia

Film ini pernah mendapatkan penghargaan Australian Film Critics Association 2009, namun film yang menceritakan tentang tewasnya 5 jurnalis ini dilarang tayang di Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari pandangan negatif dunia terhadap Indonesia serta untuk menghindari konflik antara Timor Leste, Australia dan Indonesia. Pihak militer Indonesia juga menyatakan bahwa tewasnya jurnalis tersebut disebabkan tertembak dalam baku tembak dan bukan oleh tentara Indonesia.

4. True Lies.

5 Film kontroversial ini dicekal dan dilarang tayang di Indonesia

Penyebab dilarangnya film ini tayang di Indonesia adalah karena film ini menggambarkan sosok teroris yang dimatikan dengan Islam. Tentunya hal tersebut sangat sensitif dan berisiko merusak citra Islam di mata dunia. Oleh sebab itulah Indonesia dan negara lainnya dengan tegas mencekal dan melarang film ini tayang.

5. Schindler's List.

5 Film kontroversial ini dicekal dan dilarang tayang di Indonesia

Film yang tayang pada tahun 1993 ini menceritakan tentang peristiwa pembantaian umat Yahudi oleh Nazi pada Perang Dunia II. Karena dinilai sangat sensitif bagi masyarakat Indonesia, film ini dilarang tegas untuk tayang di bioskop Indonesia. Sehingga membuat film bersejarah tersebut tak dapat dinikmati di bioskop-bioskop tanah air.

Itulah 5 film yang dicekal dan dilarang tayang di Indonesia. Meskipun dicekal di Indonesia, namun di beberapa negara lain film-film tersebut juga beredar bebas.