Film horror merupakan salah satu genre yang disukai oleh hampir semua orang. Sebab, biasanya film-film bergenre horror mampu menguji adrenalin kita dan memberikan sensasi kejut jantung di sepanjang film. Apalagi jika film horror ini kamu tonton di bioskop, efek suara yang menegangkan dan tone warna yang menyeramkan sepanjang film membuat bulu kuduk kalian merinding dari awal hingga akhir. Tak heran film horror selalu memiliki tempat khusus bagi para penikmat film, khususnya dengan genre horror.

Di Indonesia sendiri, film bergenre horror memang sedang naik daun di tahun ini. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya film-film horror berkualitas yang rilis dari awal hingga akhir tahun 2018. Beberapa dari film horror tersebut juga ada yang berhasil masuk ke dalam box office di luar Indonesia. Sebut saja Pengabdi Setan, Kafir, Asih, Danur 2: Maddah, dan Sebelum Iblis Menjemput.

Sedangkan di luar negeri, kiprah film bergenre horror sudah tak perlu diragukan lagi. Di tahun 2018, sederet film horror dengan berbagai tema cerita dan segudang perolehan penghargaan yang berhasil didapatkannya telah dirilis. Antaranya ada IT, Hereditary, A Quiet Place, Suspiria, Get Out, Franchise The Conjuring, hingga The Halloween yang sangat melegenda itu.

Namun, apakah kamu tahu kalau ada sederet film-film horror terbaik yang mungkin kamu lewatkan sepanjang tahun ini. Film-film ini pun tak kalah bagus dengan yang sudah disebutkan di atas. Hanya saja, mungkin sebagian dari film ini tidak tayang secara resmi di Indonesia, jadi tidak semua orang tahu tentang keberadaanya.

Dilansir dari Collider.com, berikut 5 film horror terbaik yang mungkin saja kamu lewatkan di 2018 ini. Yuk, tonton.

1. The Endless.

5 Film horror terbaik 2018 ini mungkin terlewatkan, coba tonton deh

foto: Collider.com

The Endless perlu memakan waktu satu tahun untuk mendapatkan sambutan hangat dari para kritikus dan pemirsa di sirkuit festival sebelum mendarat di bioskop awal tahun ini untuk mendapat lebih banyak rave review dari para kritikus dan penonton. Tapi tetap saja, dalam satu tahun, banyak orang yang masih melewatkan film ini. Untungnya, The Endless sekarang tersedia di Netflix dan kamu harus menempatkannya di barisan teratas film yang harus kamu tonton sebelum 2018 berakhir.

Justin Smith (diperankan oleh Justin Benson) dan Aaron Smith (diperankan oleh Aaron Moorhead) adalah dua orang bersaudara yang telah kehilangan ibunya karena kecelakaan mobil. Mereka berdua bekerja sebagai pekerja kebersihan dengan upah yang kecil. Dahulu setelah kecelakaan yang merenggut nyawa ibunya, mereka masuk ke sebuah sekte/aliran. Tetapi karena di dalam sekte tersebut terlalu mengekang, mereka berdua akhirnya keluar.

Setelah sekian lama Aaron merasa perlu kembali ke sana, ia pun mengajak saudaranya, Justin. Namun Justin marah dengan keputusan Aaron, tetapi akhirnya terpaksa ikut. Ketika mereka kembali ke sekte/aliran tersebut, kejadian menyeramkan terjadi. Apakah yang akan mereka lakukan selanjutnya?

The Endless adalah salah satu film horor paling cerdas dan inventif tahun ini dengan pukulan memikat yang akan mengetuk otak kamu lama setelah film ini selesai.

2. The cleanse.

5 Film horror terbaik 2018 ini mungkin terlewatkan, coba tonton deh

Foto: Collider.com

The Cleanse merupakan film Amerika bergenre drama, komedi, dan fantasi. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Bobby Miller. The Cleanse rilis premier pada 13 Maret 2016, dan rilis di Amerika pada 4 Mei 2018. The Cleanse berkisah tentang seorang pria bernama Paul yang patah hati karena baru saja putus hubungan dengan tunangannya. Pasca mengalami hal tersebut, Paul nampak sedikit berkelakuan aneh, namun masih dalam tahap normal. Akhirnya dia mendaftar ke sebuah acara yang menawarkan retreatke tempat yang indah dan terpencil untuk membuang racun-racun negatif yang ada dalam tubuh dan pikiran. Siapapun bisa bergabung dan gratis. Paul mendatangi tempat itu.

Setelah menenggak beberapa cairan misterius dengan teman-temannya yang hadir (dimainkan oleh Anna Friel dan Kyle Gallner yang andal), Paul muntah ke wastafel, tetapi ini bukan detoksifikasi biasa. Pada hari berikutnya, dia menemukan makhluk kecil yang merayap keluar dari pipa pembuangan. The Cleanse tidak begitu menyeramkan seperti fantasi gelap tentang berdamai dengan kesedihan dan kekecewaan, yang menjelma menjadi fitur makhluk kecil mengejutkan dan kaya secara emosional.

Untuk sebuah film yang dibangun dari makhluk kecil yang menjijikkan dan menggemaskan, The Cleanse penuh perasaan dan menyenangkan, dengan tendangan babak ketiga yang mendorongnya pulang.

3. The Witch In The Window.

5 Film horror terbaik 2018 ini mungkin terlewatkan, coba tonton deh

Foto: Collider.com

The Witch in the Window adalah film Amerika 2018 bergenre drama horror. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Andy Mitton. Pemain utama di film The Witch in the Window antara lain Arija Bareikis, Alex Draper, Charlie Tacker. Sinopsis film The Witch in the Window menceritakan seorang ayah yang mengajak pergi putranya yang berumur 12 tahun ke pedesaan untuk membantu memperbaiki rumah tua, namun mereka menemukan roh jahat dari pemilik sebelumnya.

Terlepas dari judulnya, The Witch in the Window tak ada hubungannya dengan sihir. Tetapi Mitton melakukan pekerjaan dengan baik menjaga ketegangan sepanjang film. Suasana horror di film ini dibangun secara perlahan dan cerdas. Penonton berkali-kali dibuat tertipu lewat jalan cerita yang dihadirkan. Selain itu, Draper dan Tacker melakukan pekerjaan besar menjaga dinamika antara ayah-anak yang terlibat dalam ketakutan di sebuah rumah berhantu. Mitton pun membuat cerita yang kuat tentang tantangan menjaga anak-anak agar tetap aman di dunia di mana kengeriannya tidak lagi bersembunyi.

4. Pyewacket.

5 Film horror terbaik 2018 ini mungkin terlewatkan, coba tonton deh

Foto : Collider.com

Pyewacket disutradarai oleh Adam MacDonald yang sebelumnya membesut film horor BackCountry tahun 2014, jadi ia tidak terlalu asing dengan genre horor. Adapun bintang filmnya ialah Nicole Muniz, Laurie Holden, Chloe Rose dan Eric Osbourne.

Leah (Nicole Munoz), seorang gadis remaja yang bermasalah. Sebagai cara untuk mengatasi kegelisahannya, dia pergi ke teman-temannya. Mereka pada dasarnya poser, berpura-pura menjadi okultisme karena mereka tahu itu membuat mereka terpisah dan mengesampingkan figur otoritas.

Ketika Leah bertengkar hebat dengan ibunya, Mrs. Reyes (Laurie Holdren), ia pergi ke hutan dan dengan kemarahan memberlakukan kutukan setan yang ia temukan dalam sebuah buku. Segera menjadi jelas bahwa dia benar-benar telah memanggil seorang penyihir, yang kemungkinan besar datang untuk membunuh ibunya. Ketika pertengkaran sulit di antara mereka mendingin, Leah menyadari ruang lingkup dari apa yang dia lakukan dan dengan panik mencari cara untuk mencegah kutukan itu terjadi. Apakah ia akan berhasil menyelamatkan ibunya dari penyihir tersebut?

MacDonald mengambil pendekatan minimalis pada kroniknya yang menakutkan tentang kutukan yang tak terungkap, membiarkan reaksi karakter dan citra yang mengerikan membangun rasa malapetaka yang meresahkan. Ia menyimpan rapat kartunya sampai ia menepuknya dalam sebuah akhir yang begitu pahit sehingga akan melekat di dalam tenggorokanmu.

5. Mom and Dad.

5 Film horror terbaik 2018 ini mungkin terlewatkan, coba tonton deh

Foto: Collider.com

Film Mom and Dad adalah sebuah film hasil mahakarya seseorang yang bernama Bian Taylor. Selain menjadi sutradara, Brian Taylor juga sebagai penulis naskah dalam film ini.Film Mom and Dad ini bercerita tentang sebuah nasib tragis yang dialami oleh dua orang anak kecil. Sebuah nasib yang sangat tragis bahwa kedua orang tua mereka ingin membunuh anak-anaknya. Dua orang anak kecil tersebut adalah Jasmine Ryan dan juga Josh Ryan.

Pada awalnya, keluarga Ryan adalah keluarga yang sangat harmonis. Sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, kakak perempuan dan juga adik laki-laki. Namun suatu ketika, semua keadaan itu berubah secara drastis. Sebuah keluarga yang tadinya sangat hangat berubah menjadi sebuah keluarga yang penuh dengan hal menegangkan dan berbahaya. Ternyata keanehan yang terjadi pada kedua orang tua mereka juga dialami oleh seluruh orang tua yang ada di kota tempat mereka tinggal.

Semua orang tua yang ada di kota tersebut secara mendadak berubah menjadi orang tua yang bernapsu besar untuk membunuh anak-anak mereka. Ternyata hal ini terjadi bukan tanpa suatu alasan. Dengan kerjasama Jasmine dan Josh, akhirnya mereka menyadari satu penyebab yang menjadikan para orang tua berubah brutal seperti itu.